Startup Layanan Kesehatan Mental Ini Raih Pendanaan Awal dari East Ventures.jpg

Bisnis

Startup Layanan Kesehatan Mental Raih Pendanaan Awal dari East Ventures

Saat ini kesadaran mengenai kesehatan mental sangat berbeda dengan dulu dengan semakin banyak publik di Tanah Air yang mulai menyadari masalah psikologi tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Bahkan ini diperparah dengan kondisi pandemi COVID-19 yang berdasarkan riset di tahun 2020 terungkap bahwa individu yang mengalami gangguan kesehatan meningkat hampir dua kali lipat bila dibandingkan tahun 2018. Dari sinilah perusahaan startup Riliv hadir untuk mempermudah masyarakat di Indonesia mengakses layanan kesehatan mental dan langkah ini dipercaya oleh perusahaan modal ventura East Ventures.

Kepercayaan ini terlihat dari keputusan East Ventures memimpin penyuntikan seed round atau pendanaan tahap awal bersama dengan sejumlah investor seperti Telkom Indonesia melalui program Indigo, Benson Capital, Teja Ventures, dan lainnya. Di mana East Ventures memandang putaran pendanaan tersebut dapat mendorong pengembangan industri kesehatan mental di Tanah Air.

Startup Layanan Kesehatan Mental Ini Raih Pendanaan Awal dari East Ven tures.jpg

Perusahaan startup Riliv dibangun oleh Audrey Maximilian Herli dan Audy Christopher Herli di tahun 2015 dengan tujuan untuk membangun resiliensi masyarakat saat menangani permasalahan psikologis mereka sekaligus menggandeng lingkungan profesional serta pendidikan dalam rangka menciptakan lingkungan ramah kesehatan mental. Di mana langkah ini dilakukan menghadirkan apps yang menyediakan layanan kesehatan mental sekaligus guna mengubah stigma yang membayanginya.

Dari sisi layanan yang dihadirkan, melalui apps-nya Riliv memberikan fitur yang bersifat self-help dengan contoh meditasi, journalling, sampai sleepcast. Kemudian untuk dunia profesional, perusahaan startup ini juga membuka layanan Employee Assistance Program dalam rangka memberikan layanan konseling serta wellness bagi karyawan.

[Baca Juga: Aplikasi Deteksi Gangguan Kesehatan Mental Pada Anak Disabilitas Pendengaran]

Di masa pandemi COVID-19 ini, Riliv mengungkapkan memang terdap lonjakan pengguna baru dan ini disinyali berhubungan dengan gangguan kesehatan mental mereka yang ikut terdampak pandemi. “Terdapat peningkatan pengguna Riliv hingga hampir 400% selama pandemi baik dari pekerja maupun pengguna umum seperti pelajar dan ibu rumah tangga. Kebanyakan dari mereka memiliki masalah yang dengan perasaan cemas dan tidak aman terkait kondisi mereka saat ini,” ungkap Audrey, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (20/1/2022).

Pendanaan dengan angka yang tidak diungkapkan itu disebut akan diguakan Riliv demi memastikan layanan kesehatan mentalnya dapat semakin luas untuk masyarakat di Indonesia. “COVID-19 semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan mental. Layanan Riliv menjadi semakin relevan dengan kebutuhan pasar saat ini dan kami yakin Riliv dapat membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan akses layanan kesehatan mental dengan mudah. Kami senang bisa mendukung Maxi dan Audy untuk memajukan industri mental health di Indonesia,” tambah Co-Founder sekaligus Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca.


Read More

Riliv

Startup Layanan Kesehatan Mental

None
None

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.