Startup Lokal Ini Resmi Permanenkan Sistem Kerja Jarak Jauh1.jpg

Bisnis

Startup Lokal Ini Resmi Permanenkan Sistem Kerja Jarak Jauh

Adanya pandemi ini telah memaksa sebagian besar sektor bisnis dan perusahaan untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home. Situasi dan kondisi ini nyatanya punya berkah tersembunyi, yakni menyadarkan banyak pihak bahwa banyak pekerjaan yang dapat dilakukan secara jarak jauh atau remote tanpa harus hadir di kantor.

Sejumlah perusahaan besar, seperti Facebook dan Twitter, menjadikan momen ini sebagai langkah adaptasi dari work from home (WFH) menjadi full remote work (FRW). Sistem FRW diperkirakan menjadi tren kerja usai pandemi. Hasil riset Gartner Research sendiri menunjukkan 74% perusahaan di dunia berencana untuk beralih ke sistem FRW secara permanen. Mengadaptasi, platform karya anak bangsa penghubung individu, komunitas, dan sponsor tentang isu sosial, Campaign.com, menjadi perusahaan startup pertama di tanah air yang menerapkan sistem FRW secara permanen.

Startup Lokal Ini Resmi Permanenkan Sistem Kerja Jarak Jauh2.jpg

Dalam webinar (web seminar) yang digelar pada Kamis (11/6/2020), CEO Campaign.com William Gondokusumo menjelaskan, penerapan FRW ini dinilai baik bagi kesehatan mental karyawan. Tak cuma itu, penilaian kinerja pun bisa lebih objektif tidak lagi dinilai berdasarkan berapa lama kerjanya, melainkan pada impact nyata yang dihasilkan.

Keuntung lainnya, menurut William, para pekerja pun diberikan kewenangan untuk menyesuaikan waktu kerja pada preferensinya masing-masing, baik sebagai early birds (efektif bekerja saat pagi hari) atau night owls (efektif bekerja saat malam hari). “Asalkan melakukan komunikasi yang cukup pada tim-tim terkait,” jelas dia.

Lebih jauh dia menuturkan, berdasarkan survey internal yang telah dilakukan, menunjukan data yang menyebut bahwa dengan kebijakan FRW ini, karyawan Campaign.com mampu menghemat rata-rata hingga 2,6 jam perjalanan setiap harinya.

Startup Lokal Ini Resmi Permanenkan Sistem Kerja Jarak Jauh3.jpg

Para karyawan, tutur William, pun tidak perlu menghadapi kemacetan ruas jalan Ibukota, yang tentunya menambah tingkat stress. Di sisi lain, tutur dia, kebijakan ini juga berkontribusi mengurangi polusi kendaraan sebanyak 22.810 kg emisi CO2 . “Keputusan untuk memberlakukan full remote work secara permanen ini tidak hanya sekedar upaya menghemat biaya, meningkatkan produktivitas, atau dampak baik terhadap lingkungan,” tandas William

Pembicara lainnya, Monica Anggar, HR Expert and Podcaster askHRlah, memandang sistem FRW ini sebagai cara kerja yang lebih efektif dan efisien. Menurutnya dengan cara seperti ini, tidak perlu lagi ada update meeting yang lama setiap minggunya, tapi bisa digantikan dengan diskusi tertulis yang juga dilakukan secara online. Proses kerja jadi dinamis dan justru jadi bagian yang menyenangkan.

[Baca Juga: Karier Tetap Cemerlang Meski WFH, Begini Caranya]

Lebih lanjut dia menjelaskan, Efektivitas bekerja pun tidak lantas turun lantaran tidak berada pada satu ruangan yang sama. Dengan memaksimalkan penggunaan sejumlah aplikasi pendukung, seperti Slack, Basecamp, Google Suite, dan lainnya, aktivitas kerja justru terasa lebih efektif. “Sekarang kita sudah belajar kalau bekerja tidak harus dari kantor. Nyatanya, kita bisa kan tetap bekerja dari rumah dengan baik. Ini sudah saatnya semua bisa dilakukan atau dikerjakan dengan beralih remote,” tutur Monica.

Sekadar informasi, sebagai langkah nyata penerapan FRW, Campaign.com menyelenggarakan program penerimaan Intern Fair pada tahun ini secara jarak jauh. Hingga berita ini dibuat, jumlah pelamar yang diterima Campaign.com kali ini, lima kali lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

[Baca Juga: Keren! Perusahaan-perusahaan Ini Izinkan Karyawan WFH Permanen]


Read More

Artikel Lainnya

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.

Doku Talk Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia.jpg

Bisnis

Doku Talk: Tantangan Ekonomi 2023 Bisa Jadi Peluang di Indonesia

25 November 2022, 14:34

Tak bisa dipungkiri terdapat potensi tantangan ekonomi di tahun 2023 bagi Tanah Air tapi di sisi lain menurut praktisi keuangan di Doku Talk disebut momen ini juga dapat menjadi peluang tersendiri.

Unik, Tarantula Diangkat Jadi Tema Pernikahan Ratu Tarantula Asal Bandun g.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik, Tarantula Diangkat Jadi Tema Pernikahan Ratu Tarantula Asal Bandung

25 November 2022, 11:32

The Ming Cu yang dikenal sebagai ratu tarantula dari Kota Bandung baru-baru ini menggelar pernikahannya dan menariknya, hobi hewan berbisanya itu dijadikan tema dari resepsinya!

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gemp a.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gempa

24 November 2022, 17:14

Pakar Unpad mengungkapkan analisanya mengenai sebenarnya apa yang menjadi pemicu guncangan gempa Cianjur.


Comments


Please Login to leave a comment.