Stasiun Gambir Akan Pensiun Layani Kereta Jarak Jauh Mulai 2021

Berita Kawasan

Stasiun Gambir Akan Pensiun Layani Kereta Jarak Jauh Mulai 2021

Stasiun Gambir dikenal sebagai tempat pemberhentian kereta api jarak jauh yang mengantarkan penumpang dari Jakarta ke kota lainnya, dan sebaliknya. Stasiun Gambir juga terbilang sebagai stasiun terbesar di DKI Jakarta.

Namun, rencananya mulai 2021 stasiun yang berada dekat Monumen Nasional ini akan pensiun melayani kereta antar kota. Melansir cnbcindonesia.com (8/10/2019), peran Stasiun Gambir akan digantikan Stasiun Manggarai untuk melayani kereta api jarak jauh. Kereta kelas ekonomi, bisnis dan kelas eksekutif jarak jauh nantinya tidak akan singgah lagi di Gambir. Namun, Stasiun Gambir dialihkan sebagai tempat singgah KRL Commuterline.

Stasiun Gambir Akan Pensiun Layani Kereta Jarak Jauh Mulai 2021

Mengutip alinea.id (14/10/2019), alasan pergantian peran Stasiun Gambir yang sudah lama menjadi tempat pemberhentian kereta antar kota adalah untuk mengurangi kepadatan yang sering terjadi di Stasiun Gambir. “Nanti kereta jarak jauh akan berhenti di Manggarai, dan yang bertujuan ke Stasiun Senen tetap ke Stasiun Senen,” ujar Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Supandi.

[Baca Juga: Kereta For Kids, Kegiatan Kampanye Membaca Pada Hari Buku Sedunia]

Dia juga menuturkan, Stasiun Manggarai direncanakan menjadi central station yang melayani pemberhentian berbagai moda transportasi berbasis rel. Mulai dari kereta jarak jauh, kereta bandara, hingga KRL Commuterline. Selain itu, Stasiun Manggarai juga akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, seperti bus Transjakarta. “Integrasinya nanti dengan bus Transjakarta di depan Pasaraya Manggarai, akan dibangun skybridge langsung ke Stasiun Manggarai sebelah barat,” ungkapnya melansir finance.detik.com (8/10/2019).

Saat ini, peralihan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai sedang dikembangkan untuk meningkatkan kapasitas angkutan kereta api di Jakarta yang semakin padat. Sehingga, nantinya tidak lagi ada antrean kereta yang masuk di Stasiun Manggarai. Karena, konsep di Stasiun Manggarai akan memiliki line-line yang terpisah antara kereta Commuterline, kereta bandara, dan kereta jarak jauh.

[Baca Juga: Stasiun Manggarai Siap Operasikan KA Bandara]

Sementara, Mantan Menteri Perhubungan sekaligus mantan Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan menilai Stasiun Gambir harus tetap melayani kereta api jarak jauh. Dia juga berpendapat, pengalihan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai tidak tepat karena lalu lintas di kawasan Manggarai masih menantang.

Bagi yang senang bepergian dengan kereta dari Stasiun Gambir, bagaimana pendapat Anda dengan rencana pensiun Stasiun Gambir ini?


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.