stie-mahkota.jpg

Pendidikan

STIE Mahkota Tricom Unggul Resmi Jadi Universitas

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahkota Tricom Unggul (STIE MTU) resmi menjadi Universitas Mahkota Tricom Unggul. Itu setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) menerbitkan Keputusan Nomor 349/E/O/2021 tentang Izin Perubahan Bentuk STIE MTU menjadi Universitas Mahkota Tricom Unggul (UMTU) Kota Medan.

Keputusan Mendikbud Nomor 349/E/O/2021 itu ditandatangani Sekretaris Ditjen Dikti Paristiyanti Nurwardani tertanggal 26 Juli 2021. Kemudian diserahkan secara langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara (Sumut) Prof Dr Ibnu Hajar MSi kepada Ketua Yayasan Pendidikan Tricom Usli Sarsi dan Rektor UMTU Prof Ir Zulkarnain Lubis MS PhD, di aula Growth Center, Jalan Peratun No1 Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, (27/8/2021).

Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof Ibnu Hajar dalam arahannya mengingatkan, setelah jadi universitas UMTU harus giat meningkatkan mutu, dan lebih menunjukkan kinerja menuju perguruan tinggi swasta (PTS) yang membanggakan dan hebat. Cirinya, kuliah tepat waktu, dosen didorong aktif melakukan kegiatan akademik, dan akreditasi baik. “Tolong dijaga akreditasi, jangan sampai kedaluwarsa,” ujarnya dari rilis kepada wartawan, (28/8/2021).

[Baca Juga: Universitas Medan Area Kampus Swasta Terbaik di Pulau Sumatera]

Ibnu Hajar mengatakan, pengelola dan pimpinan UMTU sudah bisa berbangga karena status universitas sudah didapat. “Tinggal bagaimana bapak-ibu meningkatkan kinerja. Jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan, monggo. LLDikti selalu terbuka, baik di kantor maupun di tempat lain,” tandas Ibnu Hajar.

Sementara itu, Rektor UMTU Prof Zulkarnain Lubis kepada wartawan seusai menerima SK Izin Perubahan STIE MTU menjadi univeritas mengatakan, setelah jadi universitas tanggung jawab secara umum harus meningkat pula.

“Kita harus menjalankan pendidikan yang lebih bagus, menyiapkan sarana dan prasarana yang refresentatif, dan meningkatkan akreditasi. Saat ini semua program studi memang sudah terakreditasi. Tapi kita belum puas. Harus kita tingkatkan lagi menjadi lebih bagus,” kata mantan Rektor UMA ini.

Sebagai perguruan tinggi baru berstatus universitas, kata Prof Zulkarnain, dia menginginkan UMTU segera terkenal. Untuk itu, pihaknya akan.meningkatkan reputasi dengan menyiapkan semua yang dibutuhkan. Mulai dari goverment, tata kelola, tata pamong, tata struktur dan organisasi.

“Kita juga akan memacu kegiatan dosen luarannya, kegiatan akademik dan inovasi. Ini harus kita tonjolkan agar UMTU punya reputasi dan citra yang bagus, berkualitas, unggul dan terpercaya. Dengan demikian masyarakat akan percaya pada UMTU, dan kemudian menjadi universitas besar,” kata peraih doktor ekonomi dari Universiti Kebangsaan Malaysia.(UKM) ini.

[Baca Juga: Webinar STIE MTU: 96 Persen Pelaku Usaha Terkena Dampak COVID-19]

Untuk tahap awal, lanjut Prof Zulkarnain Lubis, UMTU akan mengembangkan lima program studi (prodi). Terdiri dari dua prodi lama, yakni Manajemen dan Akuntansi, dan tiga prodi baru masing-masing Bisnis Digital, Agribisnis, Sistem Informatika, dan Teknik Informatika.

“Prodi Bisnis Digital diharapkan akan jadi primadona, karena baru UMTU yang pertama di Sumut memiliki prodi ini. Dan semua prodi yang dikelola UMTU harus ada yang berbeda dari prodi di perguruan tinggi lain,” ungkap Prof Zul Lubis.

Prof Zul Lubis berharap pandemi COVID-19 segera berlalu agar program internationalization and technopreneurship sebagai salah satu ciri khas MTU yang telah dicanangkan sebelumnya, dapat dilanjutkan.

Untuk mendukung sarana kampus, kata Prof Zul, pihak yayasan akan membangun kampus II, berjarak 100 meter dari kampus I di Jalan Pematang Pasir, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan. “Kampus II ini akan dibangun di atas tanah 2 hektare,” kata Prof Zulkarnain Lubis.


Read More

STIE Mahkota Tricom Unggul

Universitas

None
None

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.