Stok Darah Menipis, PMI Jakarta Utara Gelar Dondarela .jpg

Kesehatan

Stok Darah Menipis, PMI Jakarta Utara Gelar Dondarela

Pandemi COVID-19 ternyata juga memiliki dampak terhadap ketersediaan cadangan darah. Hal ini diungkapkan PMI Jakarta Utara yang menjelaskan kondisi cadangan darah mereka memang tersedia tapi tak bisa memenuhi kebutuhan semua komponen. Oleh karena itulah demi memenuhi kuotanya, PMI Jakarta Utara menggelar kegiatan bertajuk Donor Darah Sukarela atau Dondarela. Pada pekan ini, kegiatan Dondarela sudah digelar di Kantor Lurah Papango dan Kelurahan Gading Timur.

Dalam kegiatan Dondarela di area aula Kantor Lurah Papango pada 16 Juni 2020, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim turut hadir untuk melihat langsung proses pengambilan darah. Selain itu dirinya juga memastikan bahwa protokol kesehatan memang diterapkan demi mengantisipasi COVID-19.

“Dondarela sebagai rangkaian kegiatan program PMI Jakarta Utara bersama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dengan harapan masyarakat bisa mendonorkan darahnya secara sukarela dan terjadwal. Dalam setahun, tiga atau empat kali kegiatan donor darah dilakukan, bisa dengan sistem jemput bola di kelurahan atau langsung ke kantor PMI Jakarta Utara,” sebut Ali, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (16/6/2020).

Stok Darah Menipis, PMI Jakarta Utara Gelar Dondarela.jpg

Berdasarkan keterangan Sekretaris PMI Jakarta Utara Endang KS, Dondarela telah digelar secara bertahap di 31 kelurahan dan berhasil mengumpulkan 2.000 kantong darah. Di mana kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi warga untuk menyumbangkan darahnya demi menambah stok darah di PMI Jakarta Utara.

Kegiatan Dondarela juga digelar pada 18 Juni 2020 di Kelurahan Kelapa Gading Timur dengan puluhan warga yang turut mengikutinya. “Kami sebagai masyarakat, memberikan dukungan kepada PMI berupa donor darah sukarela,” sebut Sekretaris Kelurahan Kelapa Gading Timur Yeny Fisdiyanti.

Pada kegiatan yang digelar tujuh petugas PMI Kota Jakarta Utara itu, ada sekitar 21 warga Kelurahan Kelapa Gading Timur yang mendonorkan darahnya dari total 24 orang yang mendaftar. Yeny menuturkan, warganya yang belum sempat mendonorkan darahnya masih bisa membantu PMI Jakarta Utara dengan langsung datang ke kantor mereka di Jalan Plumpang Raya.

“Kami berharap kegiatan donor darah di masa pandemi ini dapat memenuhi target pendonor. Mengharapkan partisipasi masyarakat, khususnya masyarakat sekitar Kelurahan Kelapa Gading Timur,” tambah Yeny.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.