Stop Hoaks 51 Nakes RSUD Kota Bogor Negatif COVID-19

Kesehatan

Stop Hoaks! 51 Nakes RSUD Kota Bogor Negatif COVID-19

RSUD Kota Bogor menjadi salah satu tempat rujukan perawatan dan isolasi pasien penderita COVID-19. Sejak awal mewabahnya virus SARS-CoV-2 di Kota Bogor, rumah sakit milik pemerintah daerah itu sudah menangani sekitar 130 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan positif COVID-19.

Belakangan tersiar kabar yang menyebut, 51 tenaga kesehatan atau nakes terindikasi positif COVID-19. Kabar lebih detailnya, para nakes yang terindikasi ini bukan tenaga medis melainkan tenaga penunjang atau yang bertugas di luar penanganan pasien COVID-19 di RSUD Kota Bogor. Benarkah demikian?

“Pemberitaan 51 petugas RSUD positif corona adalah tidak benar. Yang benar adalah, hasil pemeriksaan rapid test terhadap tenaga medis tersebut adalah reaktif. Reaktif rapid belum tentu positif COVID, dan masih harus diperiksa swab PCR,” sanggah Direktur Utama RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir dikutip kotabogor.go.id (22/4/2020).

Stop Hoaks 51 Nakes RSUD Kota Bogor Negatif COVID-19

Beberapa tindakan dan langkah cepat pun dilakukan guna meluruskan rumor yang kadung tersebar di masyarakat.Mulai dari tes polymerase chain reaction (PCR), menyewa hotel untuk tempat isolasi hingga uji swab pun dilakukan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para nakes ini. Lantas bagaimana perkembangannya?

Hasil uji diagnostik di laboratorium Collaborative Research Center milik Institut Pertanian Bogor (IPB), menyatakan specimen swab milik 51 nakes tersebut dinyatakan negative COVID-19. Kepastian ini disampaikan langsung oleh Direktur RSUD Kota Bogor dr. Ilham Chaidir pada Jumat malam (24/4/2020).

“Sebelumnya 26 hasil sudah keluar, tadi habis tarawih saya mendapatkan hasil tambahan yang 25 lagi. Jadi, total swab 51 tenaga kesehatan hasilnya sudah keluar semua. Alhamdulillah semuanya negatif,” ungkap Ilham.

[Baca Juga: Pemkot Tangsel Berikan Penginapan Bagi Tenaga Medis COVID-19]

Dengan hasil tersebut, lanjut Ilham, 51 tenaga kesehatan tersebut bisa langsung bekerja kembali melayani pasien di RSUD Kota Bogor. Belajar dari pengalaman ini, Ilham pun meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menerima informasi.

Diimbaunya agar masyarakat lebih cermat dalam membaca informasi yang beredar secara utuh, selain itu Ilham juga meminta peran aktif media dalam memberikan edukasi kepada masyarakat lewat pemberitaan sehingga tidak menimbulkan persepsi liar.

Dia menyatakan, kabar bohong yang menyesatkan secara tidak langsung dapat mengganggu proses penanganan pandemi COVID-19. Sebab, sambung dia, judgment dari masyarakat yang termakan hoaks memberikan efek psikis yang cukup membekas di sanubari, tak sedikit juga nakes yang mendapatkan perlakuan buruk atau diskriminasi.

[Baca Juga: Kartini Hari Ini: Perjuangan Tenaga Medis Perempuan di Kala Pandemi]

“Jadi pemberitaan yang menyebut 51 tenaga kesehatan positif corona, bisa dikatakan terlalu prematur ya. Bahkan memberikan efek psikologis kepada pegawai kami. Pegawai-pegawai RSUD itu ada yang mendapat stigma negatif. Ada yang tidak boleh pulang, makanya mereka akhirnya kami inapkan di hotel khusus yang disiapkan untuk tenaga medis, ada yang diinapkan di RSUD juga,” tegasnya.

Sekadar informasi, Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor telah menyampaikan data terbaru mengenai pandemi COVID-19. Minggu (26/4/2020), dikutip detik.com, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Sri Nowo Retno menyebut, total kasus positif COVID-19 sebanyak 76 kasus.

Lebih rinci Retno menjelaskan jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Bogor meningkat 1 kasus dibanding kemarin. Dari 76 kasus positif ini, sebanyak 56 pasien menjalani perawatan di rumah sakit dan ada 7 orang yang telah sembuh. Sebanyak 13 pasien, lanjutnya, telah meninggal dunia karena positif terinfeksi COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.