Slide1.JPG

Bisnis

Strategi Flack Bertahan dan Berkembang di Tengah Pandemi COVID-19

Di masa pandemi COVID-19, banyak usaha atau pun bisnis yang terpaksa gulung tikar karena tidak mampu bertahan pada dampak yang ditimbulkan, tapi tidak sedikit juga yang usahanya justru melejit di saat pandemi. Salah satu yang berhasil mengembangkan usaha yang dijalankan adalah jasa cuci sepatu asal Kota Malang, yang Bernama Flack.

Usaha yang dijalankan oleh Bima Ilham Mahendra ini, mulai menanjak saat pandemi. Saat PingPoint bertemu Bima (2/6/2021) di kediamannya, Jalan Kedawung VIII, Kota Malang, Bima bercerita tentang perjalanannya menjalankan bisnis cuci sepatu ini.

Slide3.JPG

“Bisnis Sepatu ini sudah berjalan kurang lebih tiga tahun. Dulu buka awal 2018. Awalnya ini usaha dua orang temenku, karena salah satunya akhirnya ingin fokus kuliah, akhirnya saya diajak. Awal 2020, teman saya itu berhenti juga, dia ada bisnis lain, akhirnya usaha cuci sepatu ini diserahkan sepenuhnya ke saya untuk saya kelola. Saya sempat jalankan usaha ini sendiri, sebelum akhirnya nyari satu temen buat bantuin, dan bertahan sampai sekarang”, ujar Bima pada PingPoint.

Menjalankan bisnis sepatu seperti ini, tentu tidak selalu berjalan mulus, bahkan Bima sendiri sempat ingin berhenti, karena merasa dirinya juga harus fokus kuliah. Namun, keinginan untuk dapat menghasilkan uang sendiri membuat Bima bertahan dan berhasil menjalankan bisnisnya hingga sekarang.

[Baca Juga: Tips Membersihkan Sepatu ala Flack]

Selain itu, pada awal bisnis ini dijalankan, mereka menyewa tempat di Jalan Sigura-gura Kota Malang, tapi selama menjalankan usaha di sana, keuntungan yang didapat tidak banyak. Pada tahun 2019, usaha cuci sepatu ini akhirnya dipindahkan di rumah Bima, Jalan Kedawung, dan mulai menunjukkan peningkatan hasil. Bahkan, Flack berhasil bertahan di saat pandemi COVID-19 dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Menurut Bima, selain perpindahan tempat usaha, ada beberapa strategi lain yang menjadi kunci Flack bisa bertahan sejauh ini, diantaranya

1) Menggunakan Sistem Free Ongkos Kirim

Melakukan antar jemput pada sepatu yang hendak dicuci memang sudah diterapkan Flack sejak awal berdiri, namun saat itu pelanggan masih dikenai biaya pengiriman. Salah satu alasan adanya biaya pengiriman adalah untuk biaya sewa bangunan. Sejak memindahkan tempat usaha di kediamannya sendiri, tarif pengiriman ke seluruh wilayah Kota Malang dihilangkan oleh Bima, karena saat itu Bima tidak perlu lagi membayar sewa bangunan.

2) Menggunakan Promo

Sama seperti banyak usaha lain yang memanfaatkan promo untuk menarik pelanggan, Bima juga menerapkan hal yang sama. Menurut Bima, Flack menerapkan pelbagai macam promo, salah satunya adalah tarif promo Rp 50.000 untuk pencucian tiga pasang sepatu. Untuk pemasangan promo itu sendiri, Bima mengatakan bahwa dirinya biasanya memberikan promo di awal atau pun akhir bulan.

3) Menurunkan Tarif Normal

Di awal berdiri, tarif pencucian sepasang sepatu di Flack adalah Rp 30.000. Namun, tarif itu sedikit diubah, untuk pencucian sepasang sepatu tetap dikenai biaya Rp 30.000, sedangkan untuk dua pasang sepatu tarifnya lebih murah, menjadi Rp 50.000. Menurut Bima, dengan tarif seperti sekarang, tentu akan lebih ramah di kantong pelanggannya. Tarif Rp 30.000 tersebut, berlaku untuk pencucian deep clean, sedangkan fast clean dikenai biaya Rp 20.000. Tarif tersebut berlaku untuk hampir semua jenis sepatu, kecuali sepatu hiking, yang dikenai biaya Rp Rp 35.000.

4) Menjalin Kerja Sama dengan Pihak Lain

Menjalankan usaha agar sukses, tentunya bekerja sama dengan pihak lain bisa menjadi solusi. Dalam hal ini, Bima menjalin kerja sama dengan beberapa pihak. Kepada PingPoint, Bima mengatakan dia pernah bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Bisnis (Himabis) dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya hingga mendapatkan banyak pelanggan baru.

5) Memaksimalkan Penggunaan Instagram

Saat ini, mempromosikan usaha melalui media sosial menjadi suatu hal yang biasa, bahkan bisa dikatakan sebuah keharusan. Atas dasar tersebut, Bima memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan usaha cuci sepatu miliknya. Terkait penggunaan Instagram, Bima mengatakan dirinya memanfaatkan paid promote untuk mendapatkan pelanggan baru. Selain itu, dia juga meminta beberapa orang untuk mempromosikan akun Instagram Flack. Untuk imbalannya, Bima memberikan jasa cuci gratis kepada mereka.

Slide2.JPG

Penerapan beberapa strategi yang dijalankan oleh Flack, tidak hanya membuat mereka bertahan di tengah pandemi, mereka juga mendapatkan keuntungan lebih besar, hingga semakin luasnya target pasar. Bima mengatakan kepada PingPoint, ”Kalau dulu awalnya target pasar kita cuma mahasiswa, khususnya mahasiswa Brawijaya. Sekarang semakin meluas, masyarakat umum juga sudah menjadi target pasar kita, karena sudah semakin banyak orang yang tahu sama usaha ini. Ke depannya, Kami masih akan berusaha berkembang lagi, mungkin akhir bulan nanti kita akan kasih promo lagi. Tapi promonya masih dipertimbangkan, supaya gak itu-itu saja”.


Read More

Flack

Jasa cuci sepatu Kota Malang

082257184624 / +62881026333180
None

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.