Luncurkan Desktop Komersial Terkecil di Dunia, Ini Landasan Strategi Lenovo

Bisnis

Strategi Lenovo Luncurkan Desktop Komersial Terkecil di Dunia

Pada 14 November 2019, perusahaan Lenovo Indonesia secara resmi meluncurkan produk terbarunya dalam lini ThinkCentre, yakni ThinkCentre M90n-1 Nano dan ThinkCentre M90n-1 Nano IoT. Kedua produk ini disebut sebagai desktop komersial terkecil di dunia dengan ukuran yang hanya sedikit lebih panjang dibandingkan mayoritas ponsel pintar yang saat ini beredar di pasaran. Ukuran super kecil ini disebut sebagai jawaban atas pain point yang kerap dirasakan perusahaan di era modern ini dengan mayoritas pekerjanya berasal dari generasi milenial.

Walau ThinkCentre M90n-1 Nano hanya memiliki bobot 505 gram, komponen hardware di dalam desktrop komersial terkecil di dunia ini tidak bisa diremehkan. Dengan processor yang bisa ditentukan sesuai permintaan hingga Intel Core vPro i7, desktop ini tetap mampu memiliki kinerja performa tinggi untuk menunjang pekerjaan. Selain itu RAM-nya pun dapat di­­-upgrade sampai 16 GB dengan memori internal yang menggunakan SSD, pihak Lenovo menginginkan produk ini dapat memiliki kecepatan yang maksimal dalam penulisan serta penyimpanan datanya.

Dengan ukuran yang super kecil dibandingkan desktop lainnya yang saat ini beredar di pasar Indonesia, tentu saja dalam proses desain serta pembuatan ThinkCentre M90n-1 Nano, pihak Lenovo sudah memiliki sejumlah pertimbangan. Di mana pertimbangan ini memasukkan pain point dari perusahaan-perusahaan yang memang menjadi target dari produk sebagai landasan strategi untuk produk ini. Berikut ini empat pain point tersebut.

1) Biaya Listrik

Salah satu cost terbesar yang harus dikeluarkan perusahaan adalah dalam pembiayaan operasional hariannya, khususnya terkait listrik. Ini pun tidak terlepas dengan berbagai penggunaan perangkat listrik, termasuk komputer dekstop dan laptop, yang setiap harinya digunakan untuk menunjang pekerjaan para pegawainya.

Cost untuk biaya listrik sekarang ini itu sangat enggak pernah turun, tapi yang ada harga listrik semakin mahal,” ujar Presale Manager Lenovo Indonesia Azis Wonosari di Media Launch ThinkCenter M90n-1 Seri Nano di Setiabudi 2 Building, Jalan HR Rasuna Said No Kav 62, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan (14/11/2019).

2) Pekerja Kaum Milenial

Berdasarkan dari survei pihak Lenovo Indonesia, beberapa tahun ke depan, diperkirakan lebih dari 50 persen pekerja di berbagai perusahaan akan didominasi kaum milenial. Di mana generasi ini mayoritas memiliki pandangan yang berbeda terkait penggunaan perangkat di dunia kerja. Mereka menginginkan sesuatu yang berukuran kecil tapi memiliki performa yang menunjang beban kerja di perusahaan.

“Milenial biasanya itu pengennya yang stylish, kemudian enggak mau yang tidak terlalu gede tapi performance-nya inginnya the best. Jadi sudah berbeda, orang yang menggunakan produk ini sudah berbeda dengan (pekerja dari) generasi sebelumnya,” ucap Azis.

3) Mahalnya Penyewaan Gedung Perkantoran

Saat ini biaya penyewaan gedung perkantoran pun semakin mahal sehingga banyak perusahaan yang memanfaatkan ruangan dengan sebaik-baiknya. Di mana yang dulu kantor kebanyakan menggunakan konsep cubicle, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan konsep open office demi memaksimalkan ruangan di gedung perkantoran.

“Mereka (direksi perusahaan) akan memaksimalkan space yang ada dengan jumlah karyawan yang lebih banyak,” tutur Azis. Ia melanjutkan, dengan space yang terbatas maka pihak perusahaan pun membutuhkan perangkat komputer yang tidak banyak memakan tempat sekaligus tetap terlihat rapi di meja-meja para pekerja di kantor open office.

4) Ikut Gerakan Efisiensi Energi

Dengan semakin banyaknya kampanye hemat energi serta membantu mengurangi pemborosannya, Lenovo Indonesia memandang produk ThinkCentre M90n-1 Nano dapat membantu hal itu. Pasalnya, mereka mengklaim, produk desktop komersial terkecil di dunia ini dapat membantu menghemat energi hingga 30 persen per tahunnya. “Great initiative, kita ingin pastikan customer ikut mendukung inisiatif energi yang terbarukan dengan (penggunaan) energi yang lebih efisien,” imbuhnya.

[Baca Juga: Lenovo Hadirkan 2 Desktop Mini untuk Tunjang Industri 4.0]

Empat hal inilah yang akhirnya menjadi landasan strategi dari Lenovo untuk menghadirkan ThinkCentre M90n-1 Nano yang memang ditargetkan untuk berbagai perusahaan modern saat ini. Presale Manager Lenovo Indonesia itu juga menambahkan, satu hal yang membuat produk ini disebut lebih unggul dibandingkan laptop pada umumnya adalah kemampuannya untuk di-display di dua monitor sekaligus layaknya desktop pada umumnya.

[Baca Juga: Allianz Bidik Generasi Milenial Jadi Pasar Terbesar Asuransi Syariah]


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.