begini penjelasan risma ke menko.jpg

Berita Kawasan

Strategi Tangani COVID-19, Begini Paparan Risma Ke Menko Muhajir

Kurva penyebaran virus SARS-CoV-2 masih menanjak di masa transisi menuju kenormalan baru di Kota Surabaya. Hingga Selasa (16/6/2020) tercatat 4.181 kasus positif COVID-19 di Kota Surabaya, dengan rincian 1.331 penyintas dan 333 pasien meninggal dunia. Demikian informasi yang berhasil dihimpun dan dipublikasikan situs lawancovid-19.surabaya.go.id.

Saat menerima kunjungan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendy, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memaparkan langkah-langkah yang sudah, tengah dan akan terus dilakukan dalam rangka memutus rantai penyebaran.

Dilansir surabaya.go.id, dalam pemaparan yang berlangsung di rumah dinas, Risma menjelaskan setelah PSBB tidak diperpanjang, langsung menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) Surabaya nomor 28 tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada kondisi pandemi COVID-19. Dalam Perwali tersebut, dijelaskan secara detail tentang berbagai protokol kesehatan yang harus dijalankan oleh warga Kota Surabaya.

“Dalam Perwali itu sangat detail Pak, tentang protokol kesehatan yang harus dijalankan oleh warga di berbagai bidang. Saya yakin kalau itu semua bisa diterapkan dengan baik, kami yakin akan bisa memutus mata rantai penyebaran ini,” kata Risma.

Soal masih tingginya angka kasus yang terkonfimasi, Risma menuturkan, disebabkan masifnya pihak Pemkot menggelar rapid test dan tes swab massal gratis di berbagai titik di Kota Pahlawan. Menurutnya, tes massal ini sangat penting untuk mencari dan melacak siapa saja yang terkena atau yang sudah aman.

Risma melanjutkan, warga pun sangat antusias mengikuti tes ini karena gratis dan apabila diketahui reaktif langsung ditangani lebih lanjut. “Bagi warga yang rapid test-nya reaktif, lalu kami tes swab. Nah, sembari menunggu hasil tes swab itu kami isolasi di hotel atau di Hotel Asrama Haji bagi yang tidak menunjukkan gejala. Sedangkan bagi warga yang tes swab-nya positif dan sudah menunjukkan gejala, langsung kami rawat di rumah sakit,” ujar dia.

Risma juga mengungkapkan bagaimana perkembangan program tangguh yang terus dimasifkan oleh Pemkot. “Jadi, kami terus menciptakan Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo ini untuk menjaga supaya penyebarannya bisa terhambat di tingkat bawah. Kalau ini maksimal di tingkat bawah, saya yakin bisa menghambat penyebarannya,” tegasnya.

Selain itu, perihal protokol kesehatan diungkapkannya, telah diterapkan di berbagai bidang sesuai landasan Perwali nomor 28 tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru pada kondisi pandemi COVID-19. Ada pun yang menjadi sasarannya adalah pasar mal, hotel, tempat ibadah, transportasi dan berbagai bidang lainnya. “Jadi, kita ada kampung tangguh, mal tangguh, tempat ibadah tangguh, pasar tangguh dan berbagai bidang lainnya. Ini penting supaya warga ikut sadar dan bersama-sama melawan pandemi,” ungkapnya.

Mendengar penjelasan Wali Kota Risma, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendy menyuruh salah satu stafnya untuk meminta kepala daerah lain di Indonesia, untuk berguru ke Risma. “Suruh belajar ke sini mereka (Bupati atau Wali Kota yang daerahnya banyak kasus COVID-19) biar tahu,” kata Menko PMK.

Bahkan, pada saat itu Menko PMK meminta salah satu staf Wali Kota Risma untuk menyusun lebih detail dan lebih akurat paparan Wali Kota Risma itu. Supaya semua upaya yang telah dilakukan oleh Wali Kota Risma bersama jajarannya itu bisa dipelajari oleh semua orang.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.