Stres Berkurang 50% dengan Menonton Video Binatan Ini

Kesehatan

Stres Berkurang 50% dengan Menonton Video Binatang Ini

Jika Anda mendapati diri Anda tidak mampu menelusuri video anak kucing lucu atau salah satu koala yang memakan daun kayu putih tanpa berhenti untuk menontonnya, jangan khawatir, itu sebenarnya hal yang baik! Menurut sebuah penelitian di Inggris, menonton video binatang lucu membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik kita. Dan video dari satu jenis hewan tertentu, quokka atau kuoka (Setonix brachyurus), hewan paling bahagia di dunia, sangat efektif.

[Baca Juga: Pasca-Penutupan Selama 4 Bulan, Kebun Binatang Surabaya Kembali Dibuka]

Anda tahu bahwa hewan dapat membantu kita menenangkan diri dalam situasi stres. Dan ini sekali lagi telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris bekerja sama dengan lokasi wisata Australia Barat. Lebih spesifiknya, hasil studi yang dilakukan pada 19 partisipan ini menunjukkan penurunan stres yang signifikan setelah hanya 30 menit dihabiskan untuk menonton video hewan lucu seperti kuoka, hewan Australia yang disebut-sebut paling bahagia di dunia.

Stres Berkurang 50% dengan Menonton Video Binatang Ini

Berdasarkan artikel yang dimuat thejakartapost.com (12/10/2020), tes dilakukan pada total 19 orang, termasuk 15 mahasiswa dari Universitas Leeds yang harus mengikuti tes 90 menit setelah eksperimen dan empat anggota staf yang melaporkan stres kerja, rincian penelitian.

Dalam setengah jam, orang melihat rata-rata detak jantung mereka turun 6,65 persen dari 72,2 bpm (denyut per menit) menjadi 67,4 bpm. Pengamatan yang sama dilakukan saat menganalisis tekanan darah, yang mengalami penurunan rata-rata 14,9 persen pada tekanan sistolik dan hingga 18,28 persen pada tekanan diastolik. Pada peserta dengan detak jantung tertinggi, penurunan tekanan darah diastolik 23,3 persen diamati. Hasil ini dideskripsikan dalam penelitian sebagai "mengesankan" hanya untuk pengujian selama 30 menit.

Video Lebih Evektif Daripada Foto

Penurunan ini membawa tekanan darah rata-rata pada kelompok tekanan darah tinggi ke tekanan darah normal: "Sepanjang sesi, detak jantung dan tekanan darah turun di semua individu ke tingkat yang dianggap sehat dan menunjukkan stres terbatas atau kecemasan," kata Dr. Andrea Utley, salah satu peneliti dari University of Leeds.

Stres Berkurang 50% dengan Menonton Video Binatan Ini

Di antara mereka yang diuji, tingkat kecemasan menurun rata-rata sebesar 35,1 persen. Dalam beberapa kasus individu, tingkat kecemasan berkurang hampir 50 persen, kata studi tersebut.

Di antara video yang ditampilkan, peserta lebih menyukai video yang menunjukkan hewan berinteraksi dengan manusia daripada foto sederhana. Video kuoka, hewan dari keluarga makropoda yang juga mencakup kanguru dan walabi, sangat efektif dalam mengurangi tingkat stres. University of Leeds telah menyatakan keinginannya untuk memperluas metode relaksasi ini ke departemen lain untuk membantu siswa menghilangkan stres sebelum waktu ujian.

Read More

Artikel Lainnya

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Gerakan Pemuda Bandung Bersihkan Masjid Pesantren

Berita Kawasan

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Bandung Ajak Bersihkan Masjid & Pesantren

28 October 2020, 14:04

Di tahun ini peringatan Sumpah Pemuda lebih diarahkan untuk menguatkan solidaritas di tengah masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.