Stres Selama Pandemi Kontak Konselor Pribadi Anda Lewat ChatAja

Bisnis

Stres Selama Pandemi? Kontak Konselor Pribadi Anda Lewat ChatAja

Badai pandemi COVID-19 belum berlalu. Mengutip data di situs covid19.go.id, 12.438 masyarakat di telah terkonfirmasi positif terinfeksi virus SARS-CoV-2, pada Rabu (6/5/2020). Sementara tercatat jumlah penyintas COVID-19 sebanyak 2.317 pasien dan 895 lainnya meninggal dunia.

Lewat keterangan tertulis resmi yang diterima PingPoint.co.id, Tia Rahmania, Ketua APSI Banten sekaligus Ketua Unit LPPM Paramadina Psychology for People (PPFP), mengatakan pada situasi krisis selama pandemi bisa berdampak pada kondisi psikis seseorang.

Menurutnya, rasa takut cemas terhadap penyakit, perubahan pola tidur dan makan selama karantina di rumah, kesulitan tidur dan berkonsentrasi, hingga memburuknya kondisi kesehatan fisik dan mental dapat terjadi pada orang tua hingga anak-anak selama pandemi ini berlangsung. Salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan mengomunikasikan permasalahan tersebut kepada orang lain alias curhat.

Bila Depresi, Konsultasi ke Psikolog atau Psikiater

Curhat kepada professional atau konselor psikologi adalah pilihan yang tepat, tapi pembatasan ruang gerak dan aktivitas yang tengah digaungkan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran pandemi, cukup menyulitkan untuk menyelenggarakan sesi konseling konvensional.

Karena itu, sambung dia, telah dijalin kerja sama dengan dengan platform ChatAja. Kerja sama ini diwujudkan dengan menghadirkan layanan gratis konsultasi online via chat ini melalui aplikasi berbagi pesan buatan dalam negeri tersebut.

[Baca Juga: Bila Depresi, Konsultasi ke Psikolog atau Psikiater?]

Lebih lanjut dijelaskan, apa bila dibutuhkan admin aplikasi dapat mereferensikan pengguna untuk membuat janji temu untuk konsultasi langsung, via telepon, maupun via email dengan psikolog atau psikiater bersertifikat.

“Penting dipahami bahwa walaupun layanan ini dapat membantu mengurangi dan menyelesaikan beberapa permasalahan psikis yang timbul, sebagaimana poin kedua dari Imbauan 3 Hal Sederhana dari HIMPSI dan PDSKJI tentang pentingnya dukungan sesama, termasuk dukungan profesional ketika merasa tertekan, cemas, dan emosi-emosi negatif lainnya,” jelasnya.

Stres Selama Pandemi Kontak Konselor Pribadi Anda Lewat ChatAja

Menambahkan, Reza Akhmad Gandara, Co-Founder & CEO ChatAja, ungkapkan bahwa telah dilakukan sejumlah pembaruan pada aplikasi ChatAja. Beberapa fitur anyar dihadirkan pada pembaruan kali ini, diantaranya, berbagai akun kanal berita, gim gratis, layanan konseling, konsultasi karir, dan lain sebagainya.

Lebih spesifik dia menjelaskan, pada tab Kesehatan, pengguna ChatAja dapat dengan mudah mengakses empat akun resmi dan akun kanal kesehatan resmi yang berisi berbagai informasi dan berita kesehatan termasuk tentang pandemi COVID-19.

Akun pertama dari tab Kesehatan di aplikasai ChatAja, sambung Reza, adalah akun resmi DokterSehat yang menghadirkan fitur konsultasi kesehatan dengan dokter secara online. Selanjutnya adalah akun kanal Awasi COVID-19 yang membagikan informasi terbaru perkembangan pandemi di Indonesia.

[Baca Juga: Mengintip Tiga Fasilitas Terbaru di Fakultas Psikologi UI Depok]

Sementara, akun ketiga adalah akun resmi Chatbot RS BUMN yang menghadirkan sebuah chatbot, layanan chat dengan kecerdasan buatan (AI). Fitur utamanya adalah melakukan deteksi awal dari gejala-gejala COVID-19 yang mungkin dialami pengguna. Dan akun terakhir adalah Simply, sebuah layanan curhat dan konseling gratis daring via chat yang tersedia eksklusif di aplikasi ChatAja.

“Belakangan di masyarakat tersebar berbagai hoaks tentang COVID-19, yang dapat membahayakan keselamatan. Maka dari itu kami menghadirkan tab Kesehatan dalam fitur Jelajah ini untuk membantu para pengguna mengakses informasi kesehatan yang terpercaya selama pandemi ini berlangsung,” ungkapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.