Pemkot Tangerang Sosialisasikan Triple Eliminasi pada Ibu Hamil

Kesehatan

Studi Ungkap COVID-19 Dapat Mengganggu Fungsi Kerja Plasenta

Sebuah studi yang diunggah di American Journal of Clinical Pathology pada 22 Mei 2020 lalu mengungkap COVID-19 dapat mengganggu fungsi kerja plasenta pada ibu hamil. Plasenta adalah organ yang menyediakan oksigen dan nutrisi bagi janin untuk tumbuh dan berkembang dalam kandungan.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat itu melibatkan 16 ibu hamil yang positif terinfeksi COVID-19 Setelah dilakukan pemeriksaan patologis pasca kelahiran, peneliti menemukan bukti aliran darah yang tidak cukup dari para ibu ke janin mereka, serta adanya gumpalan darah di plasenta.

Melansir CNN (27/5/2020), peneliti mengungkapkan kemungkinan penyebabnya adalah terganggunya fungsi plasenta dalam memberikan oksigen dan nutrisi dari aliran darah ibu ke bayi, serta mengeluarkan zat buangan dari aliran darah bayi.

Meski demikian, kondisi ini disebut peneliti bukanlah suatu hal yang menakutkan “Bukanlah gambaran yang menakutkan, tetapi penemuan ini membuat saya khawatir,” kata Emily Miller, asisten profesor kebidanan dan kandungan di Northwestern University Feinberg School of Medicine, yang juga merupakan peneliti dalam studi ini.

Miller mengatakan ia tidak ingin menarik kesimpulan dari penelitian yang melibatkan sedikit partisipan ini. Namun, ia menaruh perhatian adanya dampak COVID-19 terhadap plasenta yang pada akhirnya berakibat pada kesehatan kehamilan.

Miller pun mengungkapkan kemungkinan perlunya para dokter mengubah cara memonitor ibu hamil, yaitu dengan ultrasound scan.

Menanggapi hal itu, Kepala Departemen Kebidanan dan Kandungan di Emory University School of Medicine di Atlanta Denise Jamieson mengatakan cara memonitor ibu hamil tersebut terlalu berisiko.

“Saya terkejut peneliti mulai membicarakan perubahan merawat ibu hamil karena penelitian ini. Ada banyak risiko dalam melakukan screening dan pengujian tambahan,” kata Jamieson.

“Penelitian ini menimbukan lebih banyak pertanyaan dibandingkan jawaban. Melihat plasenta memang akan membantu kita memahami apa yang teradi selama kehamilan, tetapi saya pikir kita perlu berhati-hati dalam hal perawatan wanita hamil yang menderita COVID-19,” lanjutnya.

Jamieson mengatakan, sementara penelitian tentang bayi yang lahir dari ibu terinfeksi positif COVID-19 baru saja dimulai, sejauh ini virus SARS-CoV-2 tidak memberikan dampak yang sangat mengkhawatirkan pada bayi.

Begitu pula dengan bayi dari partisipan penelitian ini. Menurut Miller, keadaan semua bayi tergolong sehat. “Para bayi sehat, normal, dan cukup bulan atau tidak prematur,” kata Miller.

Peneliti senior yang juga terlibat dalam studi ini, Jeffrey Goldstein pun mengatakan kondisi plasenta yang menjadi temuan bersama timnya ini tidak memberikan dampak negatif pada bayi. “Tampaknya tidak memberi dampak negatif pada bayi yang lahir hidup, berdasarkan data kami yang terbatas,” kata Goldstein, yang juga merupakan asisten profesor patologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine ini.

Menurut Jamieson, studi mengenai ibu hamil yang menderita COVID-19 harus dilakukan dengan cermat. “COVID-19 merupakan penyakit parah dalam kehamilan yang perlu ditanggapi serius dan dipelajari dengan cermat,” katanya.

[Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Tak Boleh Minum Alkohol (Bagian 1)]

[Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Ibu Hamil Tak Boleh Minum Alkohol (Bagian 2)]


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.