Suasana HUT ke-74 RI Mulai Terasa di Jakarta Selatan

Berita Kawasan

Suasana HUT ke-74 RI Mulai Terasa di Jakarta Selatan

Wilayah Jakarta Selatan tampaknya sudah siap untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia atau HUT ke-74 RI. Pemandangan ini bisa dilihat dari sejumlah titik yang mulai sudah memperlihatkan pemasangan umbul-umbul serta pernah-pernik yang memiliki nuansa kemerdekaan, seperti yang ada di kawasan Kelurahan Cokoko serta Kemang.

Di kelurahan Cikoko, tepatnya di Jalan Cikoko Timur, RT 001/RW 02 Kecamatan Pancoran, saat ini sudah terlihat lukisan mural yang disinyalir dilukis guna merayakan HUT ke-74 RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Lukisan mural yang memiliki desain serupa dengan logo resmi HUT ke-74 RI yang dirilis oleh pemerintah pusat itu disebut dibuat oleh pasukan oranye atau Pekerja Penanganan Sarana dan Prasanara Umum (PPSU).

Suasana HUT ke-74 RI Mulai Terasa di Jakarta Selatan

“Selain untuk memperindah lingkungan, lukisan mural ini juga sengaja dibuat untuk menyemarakkan HUT ke-74 RI. Mural ini mulai kita buat di jalan Cikoko Timur I. Lukisan mural tersebut dibuat oleh petugas PPSU,” ungkap Lurah Cikoko Fitriani, sebagaimana dilansir dari selatan.jakarta.go.id (15/8/2019).

Selain menggunakan desain logo HUT ke-74 RI yang resmi, mural ini juga mengombinasikan sejumlah elemen yang dekat dengan warga ibu Kota. Seperti elemen go green serta ikon wajah baru Jakarta. Fitriani senang dengan keberadaan mural tersebut tapi ia berharap warga sekitar juga turut menjaga lukisan tersebut sehingga tidak muncul coretan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Pusat Ikut Lomba Dayung di Perayaan HUT Ke-74 RI]

Selain mural yang dibuat di RT 001, mural lainnya yang memiliki tema juga ada di RT 003 Kelurahan Cikoko. Namun perbedaan utamanya menurut Fitriani, mural di RT 003 merupakan hasil swadaya masyarakat yang ingin membuat lukisan menarik di dekat area tempat tinggal mereka.

Selain mural di Kelurahan Cikoko, suasana kemerdekaan juga terlihat di kawasan Kemang. Bahkan karena hal ini, tidak sedikit ekspatriat serta wisatawan yang kebetulan sedang mengunjungi kawasan ini tertarik untuk mengikuti tradisi 17 Agustusan, seperti lomba serta pesta rakyat.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Bersiap Rayakan HUT ke-74 RI]

Seperti yang diungkapkan oleh Sara yang berasal dari Inggris. Sebagaimana dilansir dari antaranews.com (15/8/2019 Perempuan yang bekerja sebagai guru bahasa asing tersebut menyebut, tertarik untuk mencoba lomba makan kerupuk karena pernah melihatnya di perayaan 17 Agustus tahun lalu dan menilainya sebagai hal yang mudah tapi menghibur. Oleh karena itulah di HUT ke-74 RI, ia memiliki dorongan untuk ikut mencobanya.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.