Subtitusi Asupan Nasi Dengan Singkong Rebus Sebagai Menu Diet

Kesehatan

Subtitusi Asupan Nasi Dengan Singkong Rebus Sebagai Menu Diet

Singkong merupakan salah satu tanaman pangan alami yang masuk ke dalam golongan umbi-umbian yang bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis. Di Indonesia, singkong menempati urutan ketiga makanan pokok tertinggi setelah nasi dan jagung. Menurunkan berat badan atau diet yang baik adalah dengan memadukan program diet dengan olahraga, karena kedua hal ini saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan.

Hingga kini, singkong rebus yang dikonsumsi sebagai menu diet juga tidak menimbulkan efek samping, sehingga aman bagi Anda yang sedang mencari pengganti nasi. Singkong seringkali dianggap sebagai menu makanan kelas bawah, tapi ternyata memiliki banyak banyak nilai nutrisi yang sangat bermanfaat dalam mendukung program diet Anda.

Subtitusi Asupan Nasi Dengan Singkong Rebus Sebagai Menu Diet

Umbi singkong mengandung banyak nutrisi yang tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi berbagai penyakit, akan tetapi juga sangat baik untuk membantu program diet. Agar dapat mendapatkan nutrisi lengkap yang ada di dalam singkong, maka cara pengolahannya juga perlu diperhatikan dengan benar.

[Baca Juga: Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu]

Apabila diolah dengan cara digoreng, maka kandungan minyak dari proses menggoreng akan mengganggu nilai gizi singkong. Dengan kata lain, cara terbaik adalah dengan mengolah singkong secara direbus, berikut ini adalah beberapa kegunaan singkong untuk menu diet Anda, yang telah PingPoint.co.id rangkum dari sejumlah sumber.

  • Sebagai Pengganti Nasi

Singkong memiliki kandungan gula yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan nasi, sedangkan kandungan seratnya sangat tinggi. Strukturnya yang juga lebih padat dari nasi membuat singkong rebus sangat cocok dijadikan menu utama pengganti nasi.

  • Rabus Agar Bebas Kolesterol

Mengkonsumsi singkong yang diolah dengan cara di rebus sangat direkomendasikan untuk yang sedang menjalani program diet. Bila digoreng, minyak akan meningkatkan kadar kolesterol Anda dan kalori songkong goreng pun jauh lebih tinggi dari yang direbus atau dikukus.

  • Lebih Mengenyangkan

Singkong yang merupakan salah satu makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, selain itu singkong juga tidak mempunyai kandungan lemak serta zat berbahaya bagi tubuh yang lain. Dengan rasa kenyang yang lebih lama, secara otomatis ini akan mengurangi porsi makan yang akan mendukung program diet yang sedang Anda jalankan.

  • Menyerap Racun dan Lemak

Karena kandungan serat tinggi di dalam singkong rebus dan juga tidak mudah larut dalam air, maka singkong juga berguna untuk menyerap sekaligus membuang toksin serta lemak berlebih yang ada di usus sehingga membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan pembuangan toksin serta lemak jahat yang lancar, maka akan sangat membantu untuk menjaga berat badan Anda selalu stabil.

  • Sebagai Sumber Tenaga

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, setiap orang membutuhkan asupan yang baik sebagai sumber tenaga. Kandungan karbohidrat yang ada pada singkong berbeda dengan karbohidrat yang ada pada nasi. Dalam singkong mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna.

  • Diet Penderita Diabetes

Para penderita diabetes sangat menghindari nasi dalam melakukan program diet, sebab dalam nasi memiliki kandungan indeks glikemik yang tinggi yaitu 71-80. Sementara, singkong rebus memiliki indeks glikemik lebih rendah dari nasi yaitu 46, sehingga sangat baik untuk menjadi menu diet penderita diabetes.

  • Tinggi Saponin

Saponin merupakan salah satu jenis dari fitokimia yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Saponin akan bekerja dengan cara mengikat kolesterol dan mencegah kolesterol meresap lewat usus kecil. Saponin juga memiliki sifat antioksidan yang akan sangat membantu untuk mengurangi kerusakan oksidatif sekaligus menurunkan berat badan secara signifikan.

[Baca Juga: Bukti Baru Penyebab Kenaikan Berat Badan dari Makanan Olahan]

Mulai mengolah singkong dengan mencuci bersih dan rebus sampai matang, agar zat berbahaya pada singkong mentah menjadi hilang. Manfaat singkong rebus untuk program diet akan sangat baik sebab singkong menjadi sumber karbohidrat tinggi yang baik sebagai pengganti nasi.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.