Subtitusi Asupan Nasi Dengan Singkong Rebus Sebagai Menu Diet

Kesehatan

Subtitusi Asupan Nasi Dengan Singkong Rebus Sebagai Menu Diet

Singkong merupakan salah satu tanaman pangan alami yang masuk ke dalam golongan umbi-umbian yang bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis. Di Indonesia, singkong menempati urutan ketiga makanan pokok tertinggi setelah nasi dan jagung. Menurunkan berat badan atau diet yang baik adalah dengan memadukan program diet dengan olahraga, karena kedua hal ini saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan.

Hingga kini, singkong rebus yang dikonsumsi sebagai menu diet juga tidak menimbulkan efek samping, sehingga aman bagi Anda yang sedang mencari pengganti nasi. Singkong seringkali dianggap sebagai menu makanan kelas bawah, tapi ternyata memiliki banyak banyak nilai nutrisi yang sangat bermanfaat dalam mendukung program diet Anda.

Subtitusi Asupan Nasi Dengan Singkong Rebus Sebagai Menu Diet

Umbi singkong mengandung banyak nutrisi yang tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi berbagai penyakit, akan tetapi juga sangat baik untuk membantu program diet. Agar dapat mendapatkan nutrisi lengkap yang ada di dalam singkong, maka cara pengolahannya juga perlu diperhatikan dengan benar.

[Baca Juga: Ganti Asupan Nasi dengan Ubi Ungu]

Apabila diolah dengan cara digoreng, maka kandungan minyak dari proses menggoreng akan mengganggu nilai gizi singkong. Dengan kata lain, cara terbaik adalah dengan mengolah singkong secara direbus, berikut ini adalah beberapa kegunaan singkong untuk menu diet Anda, yang telah PingPoint.co.id rangkum dari sejumlah sumber.

  • Sebagai Pengganti Nasi

Singkong memiliki kandungan gula yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan nasi, sedangkan kandungan seratnya sangat tinggi. Strukturnya yang juga lebih padat dari nasi membuat singkong rebus sangat cocok dijadikan menu utama pengganti nasi.

  • Rabus Agar Bebas Kolesterol

Mengkonsumsi singkong yang diolah dengan cara di rebus sangat direkomendasikan untuk yang sedang menjalani program diet. Bila digoreng, minyak akan meningkatkan kadar kolesterol Anda dan kalori songkong goreng pun jauh lebih tinggi dari yang direbus atau dikukus.

  • Lebih Mengenyangkan

Singkong yang merupakan salah satu makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, selain itu singkong juga tidak mempunyai kandungan lemak serta zat berbahaya bagi tubuh yang lain. Dengan rasa kenyang yang lebih lama, secara otomatis ini akan mengurangi porsi makan yang akan mendukung program diet yang sedang Anda jalankan.

  • Menyerap Racun dan Lemak

Karena kandungan serat tinggi di dalam singkong rebus dan juga tidak mudah larut dalam air, maka singkong juga berguna untuk menyerap sekaligus membuang toksin serta lemak berlebih yang ada di usus sehingga membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan pembuangan toksin serta lemak jahat yang lancar, maka akan sangat membantu untuk menjaga berat badan Anda selalu stabil.

  • Sebagai Sumber Tenaga

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, setiap orang membutuhkan asupan yang baik sebagai sumber tenaga. Kandungan karbohidrat yang ada pada singkong berbeda dengan karbohidrat yang ada pada nasi. Dalam singkong mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna.

  • Diet Penderita Diabetes

Para penderita diabetes sangat menghindari nasi dalam melakukan program diet, sebab dalam nasi memiliki kandungan indeks glikemik yang tinggi yaitu 71-80. Sementara, singkong rebus memiliki indeks glikemik lebih rendah dari nasi yaitu 46, sehingga sangat baik untuk menjadi menu diet penderita diabetes.

  • Tinggi Saponin

Saponin merupakan salah satu jenis dari fitokimia yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Saponin akan bekerja dengan cara mengikat kolesterol dan mencegah kolesterol meresap lewat usus kecil. Saponin juga memiliki sifat antioksidan yang akan sangat membantu untuk mengurangi kerusakan oksidatif sekaligus menurunkan berat badan secara signifikan.

[Baca Juga: Bukti Baru Penyebab Kenaikan Berat Badan dari Makanan Olahan]

Mulai mengolah singkong dengan mencuci bersih dan rebus sampai matang, agar zat berbahaya pada singkong mentah menjadi hilang. Manfaat singkong rebus untuk program diet akan sangat baik sebab singkong menjadi sumber karbohidrat tinggi yang baik sebagai pengganti nasi.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.