Ternak Puyuh.jpg

Bisnis

Sudah Berjalan, Begini Program Magang Ternak Puyuh Petani Milenial

Setelah sukses meluncurkan program Pembudaya Ikan Milenial, kini Petani Milenial kembali menjalankan anak program barunya yakni Ternak Puyuh. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat telah mengirim delapan Petani Milenial yang berstatus magang untuk ternak puyuh ke Slamet Quail Farm (SQF) di Kabupaten Sukabumi selama tujuh hari.

Program magang ini memang menjadi syarat utama yang harus dijalankan petani milenial ternak puyuh. Jafar Ismail yang merupakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa dengan program magang, petani milenial diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan sebelum terjun beternak.

Ternak Puyuh1.jpg

"Magang ini merupakan syarat utama yang harus dilakukan oleh para petani milenial yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tahap pertama diikuti 8 peserta dari 33 yang lolos seleksi untuk komoditi burung puyuh. Selanjutnya tahap berikutnya dilaksanakan sesuai dengan kesiapan para calon petani milenial," ungkap Jafar dalam laman jabarprov.go.id (21/05/21).

[Baca Juga: Kembangkan Program Petani Milenial, Ridwan Kamil Resmikan Pembudidaya Ikan Milenial]

Terdapat 66 petani milenial yang berhasil lolos seleksi di sektor peternakan. 66 peserta tersebut terbagi menjadi 2 komoditi, yakni 33 peserta di komoditi burung puyuh dan 33 lainnya di komoditi ayam pedaging. Jafar pun mengatakan, selain untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, program magang ini juga diharapkan dapat mendorong petani milenial untuk menjadi profesional dan mandiri. "Setelah magang para calon petani milenial mulai melakukan usaha peternakan mandiri yang didukung permodalan melalui kredit perbankan," sambung Jafar.

Ternak Puyuh2.jpg

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menggagas program Petani Milenial Juara untuk menarik minat generasi milenial dalam membawa perubahan pada sektor pertanian di masa mendatang. Program ini juga merupakan salah satu cara untuk menumbuh kembangkan kewirausahaan petani muda di Jawa Barat. Program Petani Milenial Juara tak hanya mencakup sektor pertanian, namun juga mencakup sektor peternakan, perkebunan, dan perikanan. Jafar berharap sektor peternakan dapat berkontribusi dalam peningkatan konsumsi protein hewani.

Ternak Puyuh3.jpg

"Program petani milenial di bidang peternakan bukan hanya dibudidayanya atau mengembangkan ternak, tetapi juga pakan, pembuatan pupuk dan biogas dari kotoran ternak juga pengolahan hasil peternakan. Termasuk ternak puyuh yang bergizi tinggi dengan harga yang terjangkau. Selain itu, ternak puyuh juga tidak membutuhkan lahan besar, pemeliharaan mudah dan permintaan masih sangat tinggi sehingga memiliki nilai tambah yang tinggi.” pungkas Jafar.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.