Sudah Dibangun Pasar Buku Murah di Perumnas Klender

Pendidikan

Sudah Dibangun Pasar Buku Murah di Perumnas Klender

Perumda Pasar Jaya saat ini tengah membangun pasar buku murah atau Jakbook di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur. "Sementara ini lokasi Jakbook di Pasar Perumnas Klender. Setelah itu baru di lokasi berikutnya," ujar Asisten Manager Perumda Pasar Jaya Amron Situmorang seperti dikutip dari beritajakarta.id (19/6/2019).

Amron menjelaskan, saat ini pengerjaan Jakbook di Pasar Perumnas Klender sudah sekitar 20 persen. Di lokasi juga disediakan playground, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), penitipan anak, mesin ATM, food court hingga kedai kopi. "Di Perumnas Klender luasnya lebih dari 1.000 meter persegi. Nantinya ada 4.000 judul buku. Targetnya sebelum akhir 2019," tandasnya.

[Baca Juga: Kunjungan Perpustakaan Umum DKI Sudah Hampir Mencapai Target]

Jakbook merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang kemudian melalui Perumda Pasar Jaya diwujudkan dan dikelola untuk membuat harga buku lebih terjangkau.

Buku adalah suatu kebutuhan dasar, dan buku juga masih menjadi sesuatu yang mahal di Indonesia. Hal itu disebabkan karena biaya distribusi yang cukup tinggi seperti yang dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Bawesdan ketika membuka toko Jakbook pertama di Pasar Kenari, Jl. Salemba Raya No.2, Senen, Jakarta Pusat pada akhir April 2019.

Seperti dalam berita PingPoint.co.id sebelumnya, dengan adanya pasar buku Jakbook, Anies ingin agar buku-buku bisa dijual dengan harga terjangkau sebagai salah satu langkah memperbaiki ekosistem perbukuan di Jakarta. Perumda Pasar Jaya selaku pengelola tidak hanya memiliki misi secara komersial, melainkan juga memiliki misi mulia untuk menghadirkan buku dengan harga terjangkau.

[Baca Juga: Post Santa, Komunitas Pecinta Buku di Pasar Santa]

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, pihaknya ingin menghadirkan kembali sentra penjualan buku dengan harga murah di Jakarta. "Dulu kita mengenal Kwitang, tetapi penjualan buku di sana sudah tidak ada lagi," ujarnya.

Buku-buku yang dijual di Jakbook lebih murah 30 persen dari harga buku di pasaran. Selain itu, Jakbook juga memiliki banyak buku-buku bekas baca yang bagus. Perumda Pasar Jaya akan membuat lima lokasi toko buku murah. Setelah Pasar Kenari dan Perumnas Klender, akan menyusul kemudian di Bukit Duri, Cilincing, dan Pasar Kedoya.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.