Sudah Dibuka Kembali, Mal di Kota Bogor Masih Sepi Pengunjung 3.jpg

Bisnis

Sudah Dibuka Kembali, Mal di Kota Bogor Masih Sepi Pengunjung

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengizinkan pusat perbelanjaan atau mal untuk kembali beroperasi. Hal tersebut dikarenakan Kota Bogor menjadi salah satu daerah yang turun level, dari level 4 menjadi level 3. Keputusan pemerintah pusat inilah yang membuat pusat perbelanjaan atau mal di Kota Bogor diizinkan untuk kembali beroperasi mulai Selasa, 24 Agustus 2021.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan dengan beroperasinya kembali pusat perbelanjaan, diharapkan roda ekonomi kembali bergerak. Sehingga banyak warga yang bisa kembali bernapas dan menyambung hidupnya dengan adanya pemasukan. “Tapi Satgas COVID-19 akan tetap memantau. Pastikan tidak lengah untuk protokol kesehatannya,” kata Bima dikutip republika.co.id (25/8/2021).

Sudah Dibuka Kembali, Mal di Kota Bogor Masih Sepi Pengunjung.jpg

Bima juga memastikan sejumlah fasilitas publik seperti mal, kafe, restoran, dan tempat ibadah akan dibuka dengan beberapa syarat. Diantaranya, mal diperbolehkan kembali beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen, restoran kembali diizinkan membuka layanan makan ditempat dengan kapasitas maksimal 25 persen atau maksimal dua orang per meja, tempat ibadah diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25 persen atau 30 orang. Bima menambahkan, untuk kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) masih harus menunggu vaksin pelajar 100 persen.

Beberapa mal yang kembali beroperasi diantaranya Botani Square dan Mall BTM. Meski sudah diizinkan beroperasi, nyatanya pada hari dibukanya mal (Selasa, 24 Agustus 2021), kondisi mal nampak masih sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan karena sejumlah tenant di mal seperti bioskop, arena bermain anak, salon, dan pusat kebugaran masih belum beroperasi. Selain itu terdapat beberapa peraturan bagi pengunjung mal, yaitu pengunjung mal wajib menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama, dan pengunjung dibawah usia 12 tahun dan lansia tidak diizinkan untuk masuk.

Sudah Dibuka Kembali, Mal di Kota Bogor Masih Sepi Pengunjung 1.jpg

General Manager Botani Square, Fery Gunadi mengatakan dihari pertama pembukaan mal hari ini tergolong masih sepi. Diperkirakan, hal tersebut disebabkan karena masih banyaknya masyarakat yang masih belum familiar dengan aplikasi PeduliLindungi.

“Untuk hari pertama ini ya seperti yang kita lihat ya, masih sepi ya, mungkin karena dengan adanya penggunaan aplikasi PeduliLindungi ya. Itu kan suatu hal yang masih baru, biasa hari pertama masih belum familiar,” ungkap Fery.

Fery juga menjelaskan alasan sejumlah tenant belum beroperasi seluruhnya, dikarenakan pemberitahuan mal diizinkan kembali beroperasi baru diperoleh malam sebelumnya. Pihaknya juga memastikan demi kenyamanan bagi pengunjung, seluruh staf dan karyawan mal sudah divaksinasi COVID-19.

Kondisi yang sama juga nampak di Mall BTM, dimana pada hari pertama beroperasinya kembali terpantau masih sepi pengunjung. Tenant Relation Mall BTM, Oswald F.A. Rumayar mengatakan, kondisi pembukaan mal hari ini (Selasa, 24 Agustus 2021) masih dalam uji coba atau trial, baik terkait penggunaan aplikasi PeduliLindungi, maupun persiapan tenant.

Setelah Tutup Selama PPKM, Bima Arya Tinjau Persiapan Pembukaan Mal di Bogor.jpg

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Kapolresta Bogor Kota Susatyo Purnomo Condro meninjau kesiapan dioperasikannya kembali mal dan pusat perbelanjaan dalam waktu dekat. Dua titik yang dipantau adalah Botani Square dan Mall BTM pada Sabtu, 21 Agustus 2021.

Bima Arya menyebut secara umum mal-mal di Kota Bogor sudah siap untuk membuka kembali operasionalnya. Pemerintah Kota Bogor bersama pengelola mal sudah siapkan mekanisme protokol kesehatan yang diperlukan. Termasuk menyosialisasikan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi yang wajib digunakan sebagai skrining untuk pengunjung yang akan masuk.

“Karena kita berbicara roda ekonomi dan penghasilan karyawan disini, ada ribuan karyawan yang sudah hampir 2 bulan harus tutup. Kita masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat untuk pembukaan pusat perbelanjaan di Kota Bogor. Kami memastikan semuanya siap buka, QR code-nya kemudian kita sosialisasikan juga aplikasi Peduli Lindungi supaya ketika sudah diperbolehkan sistemnya sudah siap,” ungkap Bima Arya seperti diberitakan bogorkota.go.id (21/8/2021).

Bima Arya menambahkan, relaksasi-relaksasi untuk menggairahkan ekonomi sangat dibutuhkan, terlebih jika melihat data dan angka-angka perkembangan COVID-19 sudah cukup membaik.

“Menurut hemat saya daerah diberikan kewenangan sendiri untuk mengurus hal-hal tersebut. Tidak mungkin Pemkot gegabah membuka, sementara angkanya tidak landai. Saya berharap betul ada perubahan level dan zona sehingga sesegera mungkin mall bisa buka. Kalau saya dan pak Kapolres maunya sore ini juga buka. Kita sedih, tidak sedikit yang japri ke kami WA, instagram, dan lain-lain,” demikian Bima.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.