Sudah Diet tapi Perut Tetap Buncit Ini Penyebabnya

Kesehatan

Sudah Diet tapi Perut Tetap Buncit? Ini Penyebabnya

Memiliki tubuh dengan berat badan serta postur ideal tentu saja menjadi idaman semua orang. Pasalnya, selain terlihat lebih menarik, tubuh pun terasa lebih sehat dengan bobot yang tidak berlebihan. Namun, bagaimana jika Anda telah mengikuti berbagai program diet dan ternyata masih merasa perut tetap buncit? Apakah karena Anda salah diet atau cenderung ada pengaruh lainnya? Ternyata berdasarkan penjelasan medis, hal ini bisa dikaitkan terhadap salah satu hormon di tubuh Anda.

Menurut Medical Practitioner PT Avris Assurance dr. Herman Irawan, hal yang cenderung memiliki kemungkinan besar memengaruhi perut tetap buncit walau sudah diet adalah hormon kortisol. Sekadar informasi, kortisol merupakan hormon steroid dengan salah satu fungsinya adalah meningkatkan kadar gula darah jika Anda mengalami cedera hingga stres.

Sudah Diet tapi Perut Tetap Buncit Ini Penyebabnya

Fakta mengenai hormon kortisol ini ditemukan dr. Herman usai pasiennya mengeluhkan bahwa ia sudah menjalani banyak program diet tapi di area perutnya masih tetap gendut padahal area lengan dan pahanya mengecil. Dengan pasiennya yang meminta saran apa jenis diet atau makanan yang harus dikonsumsinya agar ia memiliki tubuh yang ideal

[Baca Juga: Apa Penyebab Perut Buncit? Ini 5 Alasannya!]

“Ada penelitian kalau misalnya hormon kortisol itu sendiri yang menyebabkan orang gagal diet, terutama di daerah perut. Nah hormon kortisol itu dicetuskan dari kita stres. Kita stres bekerja, stres apapun, hormon kortisol itu akan diproduksi oleh badan kita. Pada saat hormon kortisol diproduksi, dia akan mengurangi metabolik dari gula, artinya selain perut menjadi gendut atau tetap buncit, hormon kortisol ini akan memicu salah satu trigger terjadinya diabet,” papar dr Herman dalam Media Briefing #CardioTalk di 100 Eatery and Bar, Hotel Atlet Century Park, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (12/9/2019).

Ia melanjutkan, terdapat alasan mengapa banyaknya hormon kortisol dapat cenderung membuat perut buncit. “Hormon kortisol itu akan memusatkan kelebihan gula kita di perut dan akan menjadi yang kita sebut namanya trigliserida atau lemak. Nah itu akan menimbun di perut, karena lapisan perut itu adalah lapisan yang terluas dibanding lengan, paha, dan yang lain. (Selain itu perut) juga otot yang sedikit sekali digunakan pada saat keseharian,” sambungnya.

[Baca Juga: Kelaparan Sel Jadi Pemicu Makan Banyak Pasca Olahraga]

Walau menurutnya olahraga penting, jika Anda mengalami kondisi ini, dr. Herman menyarankan agar Anda berfokus juga dengan kegiatan yang baik untuk kesehatan psikologi atau ketenangan jiwa. Karena bisa saja pengaruh terbesar yang terjadi di tubuh Anda dipicu akibat stres yang selama ini membayangi sehingga memicu produksi hormon kortisol. “Jadi jangan dengan fisik lagi tapi dengan rohaninya. Mungkin dengan yoga atau relaksasi (agar) stresnya hilang, hormonnya turun, mudah-mudahan perutnya mengecil” tambah Medical Practitioner PT Avris Assurance itu.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.