Menteng-Kawasan-Sudahkah Anda Miliki Kartu Pekerja-Idhan 1.jpg

Berita Kawasan

Sudahkah Anda Miliki Kartu Pekerja?

Kebutuhan orang-orang yang tinggal di Jakarta sangat banyak dan beragam, tak heran warga Jakarta juga menuntut upah kerja mereka seimbang dengan harga-harga sandang, pangan, dan papan yang melonjak.

Selain dengan menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) untuk mengatasi hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta juga meluncurkan Kartu Pekerja yang khusus diberikan kepada buruh yang ber-KTP DKI Jakarta. Namun, jika ingin mendapatkannya harus memiliki gaji maksimal 10 persen di atas UMP 2019. Tak hanya mendapatkan Kartu Pekerja, anak-anak buruh juga mendapatkan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus.

[Baca Juga: Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja, UMP 2019 DKI Jakarta Naik]

Memiliki Kartu Pekerja banyak sekali manfaatnya, antara lain:

  1. Menggunakan moda Transjakarta di 13 koridor secara gratis. Jika Anda bekerja menggunakan TransJakarta sekali naik 3500 dan jika pulang-pergi Anda bisa berhemat dengan total ongkos transportasi 7000 Rupiah per hari.
  2. Harga pangan yang murah di Jakgrosir jika menjadi anggota Jakgrosir baik yang berada di Kramat Jati maupun Kepulauan Seribu. Jika jauh dari tempat Jakgrosir, para pemegang Kartu Pekerja bisa menikmati harga pangan murah melalui bazar pasar yang digelar tiap hari, bekerja sama dengan kelurahan setempat.
  3. Mendapatkan pangan yang bersubsidi. Beberapa harga yang murah untuk buruh berupa daging sapi Rp35 ribu per/kg, daging ayam Rp8 ribu per/kg, beras RP6 ribu per/kg, atau Rp30 ribu untuk 5 kg dan telur Rp12,500 per/kg yang bisa didapatkan di koperasi serikat pekerja 96 titik Pasar Jaya, 110 titik ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA), 18 titik rumah susun dan 2 toko daging milik PD Dharma Jaya.

Selain itu, Kartu Pekerja bisa difungsikan sebagai kartu ATM atau Jakcard Bank DKI.

Bisa Belanja di Jakgrosir dengan Kartu Pekerja Jakarta

Dalam laman Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi DKI Jakarta (ppid.jakarta.go.id), untuk mendapatkan Kartu Pekerja merinci mekanismenya sebagai berikut.

  1. Pemohon mengumpulkan fotokopi KTP, KK, NPWP, slip gaji, dan surat keterangan dari perusahaan.
  2. Pendaftaran dilakukan melalui Dinas dan Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta atau melalui tim kerja (serikat pekerja, asosiasi, atau Disnaker).
  3. Dinaskertrans DKI Jakarta melakukan verifikasi terhadap data permohonan yang diajukan. Apakah buruh tersebut termasuk dalam kriteria pemegang kartu atau tidak.
  4. Pemohon melakukan pembukaan rekening Bank DKI (minimal deposit Rp50.00) serta Bank DKI mencetak kartu bagi pemohon yang dinyatakan lolos verifikasi.
  5. Disnakertrans DKI Jakarta bersama Bank DKI akan mendistribusikan karu di titik-titik yang telah ditentukan serikat pekerja.

[Baca Juga: Target 24 Ribu Kartu Pekerja di 2019]

Andri Yansyah selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi DKI Jakarta menjelaskan, mulai tanggal 3-15 Januari 2019 jumlah pekerja yang sudah mendapatkan Kartu Pekerja sebanyak 4.247 orang. “Kita terus lakukan percepatan agar semua pekerja di DKI Jakarta yang berhak mendapatkan Kartu Pekerja bisa segera merasakan manfaatnya,” ia menjelaskan seperti dikutip Berita Jakarta (15/1/2019).

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.