Sudin Dukcapil Jakarta Utara Terapkan Layanan Mobile di Zona Merah COVID-19.jpg

Berita Kawasan

Sudin Dukcapil Jakarta Utara Terapkan Layanan Mobile di Zona Merah COVID-19

Saat ini Jakarta Utara masih terus dibayangi lima kecamatan dari total enam kecamatan yang masih berstatus zona merah COVID-19. Di mana yang berarti kawasan ini masuk ke dalam kategori wilayah pengendalian ketat atau WPK COVID-19. Walau berstatus seperti ini, kegiatan layanan Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Utara disebut tidak akan berhenti di zona merah ini dengan kebijakan yang diambil adalah mengadakan layanan mobile di wilayah tersebut.

Menurut pihak Sudin Dukcapil layanan mobile ini mulai digelar di RW-RW lima kecamatan zona merah di Jakarta Utara tanggal 30 Juni 2020. Di mana kebijakan ini sebenarnya sudah sesuai dengan Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 49 Tahun 2020 Tentang Pendataan Penduduk Nonpermanen Secara Daring Berbasis Rukun Tetangga/ Rukun Warga.

“Kami akan adakan layanan kependudukan mobile. Lokasi di RW yang termasuk dalam zona merah,” ujar Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Utara Edward Idris, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (24/6/2020). Sekadar informasi, kecamatan yang masuk zona merah COVID-19 yang dimaksud adalah Tanjung Priok, Penjaringan, Pademangan, Koja, dan Cilincing. Dengan hanya Kecamatan Kelapa Gading yang berstatus zona hijau.

Sudin Dukcapil Jakarta Utara Terapkan Layanan Mobile di Zona Merah COVID-19 .jpg

Secara penerapannya, layanan yang diberikan Sudik Dukcapil Jakarta Utara pada kegiatan ini adalah distribusi Kartu Tanda Penduduk Elektronik, pembuatan akta kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), sampai konsultasi administrasi kependudukan lainnya. Kemudian pada layanan mobile ini juga akan dimanfaatkan petugas untuk memberikan sosialisasi mengenai Aplikasi Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat atau Alpukat Betawi kepada para ketua RT dan RW setempat untuk ke depannya mempermudah pelayanan dokumen warga secara daring.

Layanan mobile ini akan dimulai di RW 01 Kelurahan Sunter Agung pada 30 Juni 2020, kemudian di RW 09 Kelurahan Lagoa pada 2 Juli 2020, dan RW 11 Kelurahan Penjaringan pada 7 Juli 2020. Lalu layanan ini dilanjutkan pada RW 06 Kelurahan Pademangan Barat pada 9 Juli 2020 dan terakhir pada RW 01 Kelurahan Semper Barat pada 14 Juli 2020.

“Kami juga memastikan layanan mobile ini turut menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh penyediaan hand sanitizer, hingga batas antrean. Bahkan, petugas kami menggunakan alat pelindung diri (APD) sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19,” tambah Edward.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.