Sudin Dukcapil Jakarta Utara Terapkan Layanan Mobile di Zona Merah COVID-19.jpg

Berita Kawasan

Sudin Dukcapil Jakarta Utara Terapkan Layanan Mobile di Zona Merah COVID-19

Saat ini Jakarta Utara masih terus dibayangi lima kecamatan dari total enam kecamatan yang masih berstatus zona merah COVID-19. Di mana yang berarti kawasan ini masuk ke dalam kategori wilayah pengendalian ketat atau WPK COVID-19. Walau berstatus seperti ini, kegiatan layanan Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Utara disebut tidak akan berhenti di zona merah ini dengan kebijakan yang diambil adalah mengadakan layanan mobile di wilayah tersebut.

Menurut pihak Sudin Dukcapil layanan mobile ini mulai digelar di RW-RW lima kecamatan zona merah di Jakarta Utara tanggal 30 Juni 2020. Di mana kebijakan ini sebenarnya sudah sesuai dengan Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 49 Tahun 2020 Tentang Pendataan Penduduk Nonpermanen Secara Daring Berbasis Rukun Tetangga/ Rukun Warga.

“Kami akan adakan layanan kependudukan mobile. Lokasi di RW yang termasuk dalam zona merah,” ujar Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Utara Edward Idris, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (24/6/2020). Sekadar informasi, kecamatan yang masuk zona merah COVID-19 yang dimaksud adalah Tanjung Priok, Penjaringan, Pademangan, Koja, dan Cilincing. Dengan hanya Kecamatan Kelapa Gading yang berstatus zona hijau.

Sudin Dukcapil Jakarta Utara Terapkan Layanan Mobile di Zona Merah COVID-19 .jpg

Secara penerapannya, layanan yang diberikan Sudik Dukcapil Jakarta Utara pada kegiatan ini adalah distribusi Kartu Tanda Penduduk Elektronik, pembuatan akta kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), sampai konsultasi administrasi kependudukan lainnya. Kemudian pada layanan mobile ini juga akan dimanfaatkan petugas untuk memberikan sosialisasi mengenai Aplikasi Akses Langsung Pelayanan Dokumen Kependudukan Cepat dan Akurat atau Alpukat Betawi kepada para ketua RT dan RW setempat untuk ke depannya mempermudah pelayanan dokumen warga secara daring.

Layanan mobile ini akan dimulai di RW 01 Kelurahan Sunter Agung pada 30 Juni 2020, kemudian di RW 09 Kelurahan Lagoa pada 2 Juli 2020, dan RW 11 Kelurahan Penjaringan pada 7 Juli 2020. Lalu layanan ini dilanjutkan pada RW 06 Kelurahan Pademangan Barat pada 9 Juli 2020 dan terakhir pada RW 01 Kelurahan Semper Barat pada 14 Juli 2020.

“Kami juga memastikan layanan mobile ini turut menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh penyediaan hand sanitizer, hingga batas antrean. Bahkan, petugas kami menggunakan alat pelindung diri (APD) sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19,” tambah Edward.

Read More

Artikel Lainnya

2 Sutradara Perempuan Indonesia Digandeng Netflix dalam Produksi 2 Film Original

Hobi dan Hiburan

2 Sutradara Perempuan Digandeng Netflix dalam Produksi 2 Film Original

13 August 2020, 18:00

Kerjasama Netflix dengan Starvision dan Kalyana Shira dengan menggandeng dua sutradara perempuan ini menandakan investasi jangka panjang Netflix terhadap perfilman Indonesia.

Lebih Dekat dengan Jutaan Penggemarnya, realme Fans Fest Tahun Kedua Digelar.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dekat dengan Jutaan Penggemarnya, realme Fans Fest Tahun Kedua Digelar

13 August 2020, 17:00

Dalam waktu dekat, realme akan menggelar acara realme Fan Fest untuk menunjukkan apresiasinya kepada jutaan penggemarnya sekaligus untuk meluncurkan ponsel terbarunya.

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bansos Berdampak Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

Bisnis

UMKM Solo Ramai-Ramai Daftar Bantuan Modal, Antrean Buka Rekening Ikut Membeludak

13 August 2020, 16:00

Ini tak terlepas dari salah satu syarat yang mesti dipenuhi pelaku UMKM untuk bisa mengajukan bantuan, yakni memiliki rekening di bank BUMN.

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan untuk PJJ

Pendidikan

Gedung Pemerintahan Kota Tangerang Bisa Digunakan Siswa untuk PJJ

13 August 2020, 15:00

Selain di lingkungan masyarakat, para siswa yang membutuhkan akses internet juga dapat menggunakan fasilitas internet gratis di gedung milik pemerintah.


Comments


Please Login to leave a comment.