Sudin Dukcapil Jaksel Jemput Bola Layani Perekaman e-Ktp di Rumah

Berita Kawasan

Sudin Dukcapil Jaksel Jemput Bola Layani Perekaman e-Ktp di Rumah

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Selatan mengeluarkan kebijkan baru tentang perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Nantinya, perekaman data e-KTP bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Kebijakan ini tentunya tidak diberikan kepada seluruh masyarakat, melainkan hanya untuk warga yang sedang dalam keadaan sakit atau dalam kondisi tidak memungkinkan untuk datang ke kantor kelurahan.

[Baca Juga: Kabupaten Bekasi Resmikan Gercep untuk Layanan Publik Dukcapil]

"Bila ada warga yang sakit atau mempunyai kebutuhan khusus dan memerlukan perekaman KTP elektronik, bisa dilakukan perekaman di rumah yang bersangkutan," ujar Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Abdul Haris.

Nantinya bagi yang memiiliki saudara, tetangga atau bahkan Anda sendiri yang merasa kondisinya tidak memungkinkan untuk datang melakukan perekaman e-KTP di kantor Disdukcapil dapat langsung melapor ke RT/RW setempat.

Syaratnya, kalian hanya tinggal menyertakaan Nomor Induk KTP (NIK) atau fotokopi KTP/KK untuk mendapatkan surat pengantar bagi warga yang membutuhkan atau yang biasa disebut surat keterangan PM 1. Untuk perekaman di rumah kata Abdul Haris, Pihaknya hanya bisa membuka pelayanan setiap hari Rabu.

"Setelah itu baru pihak Dukcapil tingkat keluarahan yang mengunjungi rumah warga yang tak sanggup mendatangi kantor kelurahan. Untuk perekaman di rumah, Dukcapil tingkat kelurahan terjadwal melayani setiap hari Rabu dan bisa melayani 3-5 perekaman per hari," ujarnya.

Abdul Haris mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan untuk mengimbau kepada warga yang dirasa tidak memungkinkan untuk melakukan perekaman e-KTP di kantor Dukcapil.

“Pelayan an ini juga merupakan satu bukti untuk mewujudkan visi misi Pak Gubernur dalam melayani warganya," tambah Abdul Haris.

Tahun ini, Sudin Dukcapil Jakarta Selatan telah menerima sebanyak 90.125 blangko. Dari jumlah tersebut ada sekitar 87.644 E-KTP yang sudah selesai dicetak.

[Baca Juga: Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil, Buat KTP Bisa di Kecamatan]

Untuk diketahui, dalam meningkatkan layanan kependudukan ini, Sudin Dukcapil Jaksel juga menggandeng Kader Juru Pemantau Jentik atau Jumantik di wilayah Jakarta Selatan. Selain menggelar layanan kependudukan keliling, ada pula pemeriksaan jentik nyamuk di permukiman warga.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.