Sudin Dukcapil Jaksel Jemput Bola Layani Perekaman e-Ktp di Rumah

Berita Kawasan

Sudin Dukcapil Jaksel Jemput Bola Layani Perekaman e-Ktp di Rumah

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Selatan mengeluarkan kebijkan baru tentang perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Nantinya, perekaman data e-KTP bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Kebijakan ini tentunya tidak diberikan kepada seluruh masyarakat, melainkan hanya untuk warga yang sedang dalam keadaan sakit atau dalam kondisi tidak memungkinkan untuk datang ke kantor kelurahan.

[Baca Juga: Kabupaten Bekasi Resmikan Gercep untuk Layanan Publik Dukcapil]

"Bila ada warga yang sakit atau mempunyai kebutuhan khusus dan memerlukan perekaman KTP elektronik, bisa dilakukan perekaman di rumah yang bersangkutan," ujar Kepala Sudin Dukcapil Jakarta Selatan, Abdul Haris.

Nantinya bagi yang memiiliki saudara, tetangga atau bahkan Anda sendiri yang merasa kondisinya tidak memungkinkan untuk datang melakukan perekaman e-KTP di kantor Disdukcapil dapat langsung melapor ke RT/RW setempat.

Syaratnya, kalian hanya tinggal menyertakaan Nomor Induk KTP (NIK) atau fotokopi KTP/KK untuk mendapatkan surat pengantar bagi warga yang membutuhkan atau yang biasa disebut surat keterangan PM 1. Untuk perekaman di rumah kata Abdul Haris, Pihaknya hanya bisa membuka pelayanan setiap hari Rabu.

"Setelah itu baru pihak Dukcapil tingkat keluarahan yang mengunjungi rumah warga yang tak sanggup mendatangi kantor kelurahan. Untuk perekaman di rumah, Dukcapil tingkat kelurahan terjadwal melayani setiap hari Rabu dan bisa melayani 3-5 perekaman per hari," ujarnya.

Abdul Haris mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan untuk mengimbau kepada warga yang dirasa tidak memungkinkan untuk melakukan perekaman e-KTP di kantor Dukcapil.

“Pelayan an ini juga merupakan satu bukti untuk mewujudkan visi misi Pak Gubernur dalam melayani warganya," tambah Abdul Haris.

Tahun ini, Sudin Dukcapil Jakarta Selatan telah menerima sebanyak 90.125 blangko. Dari jumlah tersebut ada sekitar 87.644 E-KTP yang sudah selesai dicetak.

[Baca Juga: Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil, Buat KTP Bisa di Kecamatan]

Untuk diketahui, dalam meningkatkan layanan kependudukan ini, Sudin Dukcapil Jaksel juga menggandeng Kader Juru Pemantau Jentik atau Jumantik di wilayah Jakarta Selatan. Selain menggelar layanan kependudukan keliling, ada pula pemeriksaan jentik nyamuk di permukiman warga.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.