Cegah Corona, Sudin Kesehatan Jakarta Barat Rutin Sosialisasi

Kesehatan

Sudin Kesehatan Jakarta Barat Telusuri Jejak WN Jepang Terkait Corona

Dua warga Depok saat ini tengah dirawat karena positif terjangkit Virus Corona yang menimbulkan penyakit baru yang dinamakan Covid-19. Mereka diketahui tertular seorang warga negara (WN) Jepang yang memang saat itu sedang datang ke Ibu Kota. Namun berdasarkan kabar yang beredar, WN Jepang yang tak disebutkan namanya itu ternyata juga sempat bertandang ke wilayah Jakarta Barat. Hal ini pun langsung memicu Pemerintah Kota Jakarta Barat untuk bergerak dan melakukan penelusuran.

Kabar mengenai datangnya WN Jepang itu ke wilayah Jakarta Barat dibenarkan oleh Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Jakarta Barat Kristi Wathini. Namun, ia menegaskan, ketika memang kabar itu terdengar, pihaknya langsung mencari tahu titik-titik yang dikunjungi WN Jepang tersebut di wilayahnya.

Sudin Kesehatan Jakarta Barat Telusuri Jejak WN Jepang Terkait Corona

“Kita sudah telusur, di dinas sudah dikumpulkan (informasinya) ke mana saja dia pergi. Ada tracking kontaknya ke mana saja,” ucap Kristi kepada PingPoint.co.id di kantor Sudin Kesehatan Jakarta Barat, Jalan Raya Kembangan No.2 Blok B Lantai 3, Jakarta Barat (9/3/2020).

Menurut Kristi, salah satu lokasi utama yang sempat dilakukan pengawasan serta pengecekan kesehatan para pekerja sebuah kafe yang berada di kawasan wisata populer di Jakarta Barat. Di mana kawasan ini memang populer dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara.

[Baca Juga: Sambut 2020, Jepang National Tourism Organization Gelar Online Travel Fair]

Tim Sudin Kesehatan Jakarta Barat dan perwakilan dari Pemkot Jakarta Barat sudah menelusuri kafe itu, bahkan mengecek rekaman CCTV demi memperhatikan jejak WN Jepang tersebut. Sejauh ini berdasarkan temuan mereka, menurut Kristi, tidak terlihat indikasi bahwa WN Jepang yang terjangkit virus Corona itu melakukan kontak dengan pegawai atau orang lain di kafe yang dikunjunginya itu.

Sekadar informasi, kabar mengenai penyebaran virus Covid-19 antara manusia dengan manusia pertama di Indonesia terjadi usai seorang warga Depok melakukan kontak dengan WN Jepang. Sebagaimana dilansir dari nasional.kompas.com (3/3/2020) WN Jepang itu datang ke pesta dansa di kawasan Jakarta Selatan dan di sanalah ia bertemu dengan perempuan berusia 31 tahun yang berasal dari Depok. Dalam momen inilah keduanya berdansa.

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Pemprov DKI Jakarta Imbau Ini ke Perusahaan]

Tidak lama setelah pesta dansa yang digelar pada 14 Februari 2020, perempuan itu mengalami penurunan kondisi fisik dan jatuh sakit. Ibunya pun memutuskan untuk merawat anaknya. Namun pada tanggal 20 Februari 2020, giliran ibunya yang tidak merasa enak badan dan memutuskan untuk berobat di rumah sakit yang berada di Kota Depok. Tak lama setelah itu, salah satu kenalan perempuan itu menghubunginya dan mengabari bahwa si WN Jepang yang sempat berdansa dengannya ternyata diketahui telah terjangkit virus Corona.


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.