Sudin KPKP Jakarta Selatan Kawal Iduladha 1440 H

Berita Kawasan

Sudin KPKP Jakarta Selatan Kawal Iduladha 1440 H

Hanya tinggal menghitung hari, perayaan Iduladha 1440 Hijriah pun sudah akan siap dirayakan umat Muslim di Ibu Kota. Sehingga tak ayal bila Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun melakukan beragam persiapan untuk memastikan kelancarannya. Hal ini bisa terlihat dari langkah Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan yang mengerahkan anggotanya untuk melakukan pengawasan terhadap hewan kurban di wilayahnya.

Pengerahan anggota ini dikonfirmasi oleh Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan Wachyuni saat ditemui PingPoint.co.id di seminar Temu Usaha Ikan Hias: Upaya Memperluas Pasar Ikan Hias yang digelar pada 1 Agustus 2019. Ia menjelaskan, pihaknya sudah bergerak jauh-jauh hari, khususnya untuk melakukan berbagai sosialisasi demi memastikan perayaan Iduladha 1440 H lancar, khususnya dari segi kesehatan hewan kurban.

Sudin KPKP Jakarta Selatan Kawal Iduladha 1440 H

“Sudah melakukan sosialisasi kepada panitia Idulkurban. Jadi bagaimana penanganan penyembelihan sampai penerimaan daging hasil kurban itu (ke masyarakat). Ini sudah kami sosialisasikan sekaligus dilatih. Kemarin waktu Hari Rabu sudah ada penutupan di Jakarta Islamic Center,” jelas Wachyuni kepada PingPoint.co.id di Swiss-Belresidences Kalibata, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan (1/8/2019).

Seperti yang disampaikan Wachyuni, pada 30 Juni 2019 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar pelatihan tata cara pemotongan hewan terhadap 1.110 pengelola masjid yang berasal dari 1.001 masjid di Ibu Kota. Kegiatan yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu demi memastikan para panitia kurban memiliki sertifikasi sebagai juru sembelih halal.

[Baca Juga: Siswa SLB Belajar Urban Farming Bersama Sudin KPKP]

Selain itu, kegiatan di Jakarta Islamic Center tersebut juga untuk kembali mengingatkan panitia kurban agar menghindari penggunaan plastik sebagai wadah penyimpanan daging kurban. “Memang harapan Pak Anies agar kemasan untuk hewan kurban yang ramah lingkungan seperti dari besek. Hal ini juga turut kami sosialisasikan kepada pengurus masjid di Jakarta Selatan,” ucap Wachyuni.

Langkah pengawalan Sudin KPKP Jakarta Selatan untuk Iduladha 1440 H adalah melakukan monitoring di tempat-tempat penampungan hewan kurban. “Jadi kita lihat kalau ada hewan yang tidak cukup umur maka kita akan berikan cross warna merah yang artinya tidak layak untuk dikurbankan. Kalau ada yang sakit maka kita obati, nah ini sudah berjalan, dari UPT Kesehatan Hewan juga sudah melakukan tes darah dari sapi untuk mencegah adanya penyakit antraks,” jelas Wachyuni.

[Baca Juga: Ini Harga Hewan Kurban di Kawasan Pasar Radio Dalam]

Pada hari H perayaan Iduladha 1440 H, Sudin KPKP Jakarta Selatan juga akan mengerahkan anggotanya untuk terus mengawasi proses penyembelihan hewan kurban hingga penyembelihan. Namun dikarenakan terbatasnya tenaga, Sudin KPKP Jakarta Selatan juga turut dibantu Persatuan Dokter Hewan Indonesia dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.