Sudin KPKP Jakarta Timur Bantu UMKM Binaanya Memasarkan Produknya 1 (FILEminimizer).jpg

Bisnis

Sudin KPKP Jakarta Timur Bantu UMKM Binaan Pasarkan Produknya

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertandian (Sudin KPKP) saat ini sedang berusaha membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya untuk memasarkan produk mereka dengan target konsumen yang lebih luas. Pasalnya, Sudin KPKP baru-baru ini meluncurkan laman resmi yang memperlihatkan produk-produk hasil usaha para pedagang yang tergabung di program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu atau PKT.

Di laman resmi PKT ini terdapat berbagai produk yang menjangkau bermacam-macam konsumen. Dari mulai olahan perikanan yang menawarkan produk seperti sushi, frozen food, hingga ikan-ikan hias. Kemudian ada juga pertanian yang didominasi oleh kuliner, ada bawang goreng siap saji, ada buah-buahan, sampai kentang balado. Terakhir ada olahan peternakan yang juga berisi berbagai kuliner yang dijajakan pelaku UMKM di Jakarta Timur, seperti paru goreng, rendang suir, serta telur asin.

Sudin KPKP Jakarta Timur Bantu UMKM Binaanya Memasarkan Produknya

Laman resmi PKT itu mulai disosialisasikan Sudin KPKP pada pekan ini dengan mengundang anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jakarta Timur. Acara bertajuk Sosialisasi Pemasaran Produk PKT Secara Online itu digelar pada 10 September 2019 di Ruang Serbaguna Blok A, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Program ini disebut sebagai bagian usaha dari Sudin KPKP Jakarta Timur dalam mendukung 1.500 program PKT di wilayahnya. Di mana program itu terbagi menjadi tujuh bagian yang dimulai dari pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pembuatan laporan keuangan, dan permodalan.

[Baca Juga: Ramadan Ini KPKP Jaksel Pantau Kualitas Pangan di Pasar]

“Dalam rangka menunjuang program pemasaran, Sudin KPKP Jakarta Timur membuat terobosan dengan membuat website www.pktkpkpjaktim.com. Saat ini website tersebut telah berisi 200 produk kurang lebih dari hasil binaan PKT KPKP Jakarta Timur,” tutur Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur Yuli Absari, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (12/9/2019).

Para pedagang disebut tidak dipungut biaya sama sekali untuk ikut mendaftarkan produk mereka di laman tersebut. Cara pendaftarannya pun terbilang mudah, di mana pelaku UMKM cukup mendatangi pendamping Sudin KPKP di masing-masing kecamatan Jakarta Timur yang nantinya mereka akan membantu memasarkannya di laman resmi PKT Sudin KPKP Jakarta Timur.

[Baca Juga: Indonesia Great Sale Turut Fasilitasi UMKM]

Menurut Yuli, program sosialisasi pada Selasa lalu ini ditujukan agar para anggota PKK Jakarta Timur bisa langsung melihat sekaligus memahami mengenai laman buatan Sudin KPKP Jakarta Timur itu. Hal ini dirasa penting agar para peserta sosialisasi dapat ikut membantu melakukan sosialisasi atau membeli produk yang dijual oleh para pelaku usaha UMKM.

“Dengan demikian pemasaran melalui website tersebut bisa berhasil. Mereka (anggota PKK Jakarta Timur) mau menyampaikan kepada yang lain, sehingga semakin banyak orang tahu tentang web dan berbelanja di web ini. Sehingga omzet dari penjualan binaan Sudin KPKP Jakarta Timur dalam program PKT bisa meningkat,” tambah Yuli.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.