Sudin KPKP Jakarta Timur Bantu UMKM Binaanya Memasarkan Produknya 1 (FILEminimizer).jpg

Bisnis

Sudin KPKP Jakarta Timur Bantu UMKM Binaan Pasarkan Produknya

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertandian (Sudin KPKP) saat ini sedang berusaha membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya untuk memasarkan produk mereka dengan target konsumen yang lebih luas. Pasalnya, Sudin KPKP baru-baru ini meluncurkan laman resmi yang memperlihatkan produk-produk hasil usaha para pedagang yang tergabung di program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu atau PKT.

Di laman resmi PKT ini terdapat berbagai produk yang menjangkau bermacam-macam konsumen. Dari mulai olahan perikanan yang menawarkan produk seperti sushi, frozen food, hingga ikan-ikan hias. Kemudian ada juga pertanian yang didominasi oleh kuliner, ada bawang goreng siap saji, ada buah-buahan, sampai kentang balado. Terakhir ada olahan peternakan yang juga berisi berbagai kuliner yang dijajakan pelaku UMKM di Jakarta Timur, seperti paru goreng, rendang suir, serta telur asin.

Sudin KPKP Jakarta Timur Bantu UMKM Binaanya Memasarkan Produknya

Laman resmi PKT itu mulai disosialisasikan Sudin KPKP pada pekan ini dengan mengundang anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jakarta Timur. Acara bertajuk Sosialisasi Pemasaran Produk PKT Secara Online itu digelar pada 10 September 2019 di Ruang Serbaguna Blok A, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Program ini disebut sebagai bagian usaha dari Sudin KPKP Jakarta Timur dalam mendukung 1.500 program PKT di wilayahnya. Di mana program itu terbagi menjadi tujuh bagian yang dimulai dari pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pembuatan laporan keuangan, dan permodalan.

[Baca Juga: Ramadan Ini KPKP Jaksel Pantau Kualitas Pangan di Pasar]

“Dalam rangka menunjuang program pemasaran, Sudin KPKP Jakarta Timur membuat terobosan dengan membuat website www.pktkpkpjaktim.com. Saat ini website tersebut telah berisi 200 produk kurang lebih dari hasil binaan PKT KPKP Jakarta Timur,” tutur Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur Yuli Absari, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (12/9/2019).

Para pedagang disebut tidak dipungut biaya sama sekali untuk ikut mendaftarkan produk mereka di laman tersebut. Cara pendaftarannya pun terbilang mudah, di mana pelaku UMKM cukup mendatangi pendamping Sudin KPKP di masing-masing kecamatan Jakarta Timur yang nantinya mereka akan membantu memasarkannya di laman resmi PKT Sudin KPKP Jakarta Timur.

[Baca Juga: Indonesia Great Sale Turut Fasilitasi UMKM]

Menurut Yuli, program sosialisasi pada Selasa lalu ini ditujukan agar para anggota PKK Jakarta Timur bisa langsung melihat sekaligus memahami mengenai laman buatan Sudin KPKP Jakarta Timur itu. Hal ini dirasa penting agar para peserta sosialisasi dapat ikut membantu melakukan sosialisasi atau membeli produk yang dijual oleh para pelaku usaha UMKM.

“Dengan demikian pemasaran melalui website tersebut bisa berhasil. Mereka (anggota PKK Jakarta Timur) mau menyampaikan kepada yang lain, sehingga semakin banyak orang tahu tentang web dan berbelanja di web ini. Sehingga omzet dari penjualan binaan Sudin KPKP Jakarta Timur dalam program PKT bisa meningkat,” tambah Yuli.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.