Sudin KPKP Nyatakan Hewan Kurban di Jakarta Selatan Sehat

Berita Kawasan

Sudin KPKP Nyatakan Hewan Kurban di Jakarta Selatan Sehat

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (Sudin KPKP) Jakarta Selatan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di wilayah Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan agar hewan kurban terbebas dari beragam penyakit.

Pemeriksaan dilakukan 35 petugas Sudin KPKP terhadap hewan kurban yang tersebar di 66 penampungan di wilayah Jakarta Selatan sejak 1-4 Agustus 2019 yang menyatakan hewan kurban tersebut dalam kondisi sehat. “Pemeriksaan dilakukan sejak 1 Agustus sampai 4 Agustus 2019 oleh 35 petugas. Hewan kurban di 66 penampungan tersebut dalam kondisi sehat dan aman,” kata Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan Wachyuni seperti dikutip dari selatan.jakarta.gi.id (6/8/2019).

Sudin KPKP Nyatakan Hewan Kurban di Jakarta Selatan Sehat

Adapun pemeriksaan terhadap hewan kurban ini meliputi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), pemeriksaan sesuai syariat islam (sehat, cukup umur, tidak cacat), pemberian vitamin (bila hewan lemah, kurang nafsu makan), pemberian obat (antistres, salep mata), pemberian SKKH baru, dan pemberian stiker pemeriksaan.

Hasil data pemeriksaan per tanggal 4 Agustus 2019, sebanyak 8.139 hewan kurban meliputi 2.243 sapi, 26 kerbau, 5.262 kambing dan 608 domba. Nantinya, pemeriksaan terhadap hewan kurban akan kembali dilanjutkan hingga 14 Agustus 2019.

[Baca Juga: Sambut Iduladha, Mari Pastikan Kesehatan Hewan Kurban]

Kepada masyarakat, Wachyuni menghimbau ketika ingin membeli hewan kurban agar memperhatikan kesehatan hewan tersebut. Kesehatan itu antaranya dengan memilih hewan yang sehat, tidak cacat, tidak kurus, dan berjenis kelamin jantan. “Pemeriksaan ini penting dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari penyakit hewan yang dapat menular ke manusia,” imbaunya.

Berdasarkan Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 1089 tentang pengawasan pemotongan ternak, perdagangan ternak dan daging di wilayah DKI Jakarta bahwa setiap hewan ternak yang dijual harus dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk menunjukan tidak adanya penyakit hewan menular strategis (PHMS).

[Baca Juga: Sudin KPKP Jakarta Selatan Kawal Iduladha 1440 H]

Direktur Kesehatan Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Fadjar Sumping Tjatur Rasa menyatakan, akan meningkatkan pengawasan lalu lintas hewan kurban untuk mencegah perdagangan hewan yang tidak sehat menjelang hari raya Iduladha.

“Masyarakat memerlukan jaminan untuk kesehatan hewan kurban yang akan mereka potong dan produknya aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH),” katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.