Sudin KPKP Nyatakan Hewan Kurban di Jakarta Selatan Sehat

Berita Kawasan

Sudin KPKP Nyatakan Hewan Kurban di Jakarta Selatan Sehat

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (Sudin KPKP) Jakarta Selatan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di wilayah Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan agar hewan kurban terbebas dari beragam penyakit.

Pemeriksaan dilakukan 35 petugas Sudin KPKP terhadap hewan kurban yang tersebar di 66 penampungan di wilayah Jakarta Selatan sejak 1-4 Agustus 2019 yang menyatakan hewan kurban tersebut dalam kondisi sehat. “Pemeriksaan dilakukan sejak 1 Agustus sampai 4 Agustus 2019 oleh 35 petugas. Hewan kurban di 66 penampungan tersebut dalam kondisi sehat dan aman,” kata Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan Wachyuni seperti dikutip dari selatan.jakarta.gi.id (6/8/2019).

Sudin KPKP Nyatakan Hewan Kurban di Jakarta Selatan Sehat

Adapun pemeriksaan terhadap hewan kurban ini meliputi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), pemeriksaan sesuai syariat islam (sehat, cukup umur, tidak cacat), pemberian vitamin (bila hewan lemah, kurang nafsu makan), pemberian obat (antistres, salep mata), pemberian SKKH baru, dan pemberian stiker pemeriksaan.

Hasil data pemeriksaan per tanggal 4 Agustus 2019, sebanyak 8.139 hewan kurban meliputi 2.243 sapi, 26 kerbau, 5.262 kambing dan 608 domba. Nantinya, pemeriksaan terhadap hewan kurban akan kembali dilanjutkan hingga 14 Agustus 2019.

[Baca Juga: Sambut Iduladha, Mari Pastikan Kesehatan Hewan Kurban]

Kepada masyarakat, Wachyuni menghimbau ketika ingin membeli hewan kurban agar memperhatikan kesehatan hewan tersebut. Kesehatan itu antaranya dengan memilih hewan yang sehat, tidak cacat, tidak kurus, dan berjenis kelamin jantan. “Pemeriksaan ini penting dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari penyakit hewan yang dapat menular ke manusia,” imbaunya.

Berdasarkan Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 1089 tentang pengawasan pemotongan ternak, perdagangan ternak dan daging di wilayah DKI Jakarta bahwa setiap hewan ternak yang dijual harus dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk menunjukan tidak adanya penyakit hewan menular strategis (PHMS).

[Baca Juga: Sudin KPKP Jakarta Selatan Kawal Iduladha 1440 H]

Direktur Kesehatan Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Fadjar Sumping Tjatur Rasa menyatakan, akan meningkatkan pengawasan lalu lintas hewan kurban untuk mencegah perdagangan hewan yang tidak sehat menjelang hari raya Iduladha.

“Masyarakat memerlukan jaminan untuk kesehatan hewan kurban yang akan mereka potong dan produknya aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH),” katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.