LH Jaksel Resmikan Program Sedekah Minyak Jelantah

Berita Kawasan

Sudin LH Jakarta Selatan Resmikan Program Sedekah Minyak Jelantah

Minyak jelantah merupakan minyak limbah penggunaan pribadi. Di Indonesia, minyak jelantah biasanya datang dari minyak sayur yang digunakan untuk kegiatan rumah tangga. Minyak jelantah terkadang masih sering digunakan untuk memasak padahal, kandungannya sudah tak lagi sama dengan awalnya.

Minyak jelantah mengandung senyawa yang bersifat karsinogenik, sehingga bisa jadi racun dan merusak kesehatan tubuh manusia. Bahkan minyak jelantah bisa mengakibatkan kanker dan menurunkan kualitas berpikir seseorang. Untuk itu, minyak jelantah harus ditangani secara tepat agar tak jadi limbah lingkungan, sebenarnya minyak jelantah bisa dimanfaatkan untuk kegunaan lain, misalnya untuk jadi bahan bakal mesin biodiesel.

[Baca Juga: Gerakan Donasi Sampah Jadi Fokus Utama Warga Lagoa]

Mengetahui jumlah minyak jelantah rumah tangga cukup banyak, Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Administrasi Jakarta Selatan bekerja sama dengan Yayasan Rumah Sosial Kutub, membentuk program sedekah minyak jelantah. Nantinya, minyak jelantah yang diberikan masyarakat akan dikumpulkan di tong sedekah.

Program ini akan jadi rutinitas dan program yang wajib berlangsung, karena bisa digunakan sebagai lahan pemanfaatan minyak sisa bekas masak atau jelantah dari rumah tangga.

Kepala Seksi Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Enrile Indro Prasetyo mengatakan, minyak jelantah yang telah berhasil dikumpulkan akan dijual ke industri. Hasil penjualannya nanti akan digunakan untuk program sosial kemasyarakatan bagi dhuafa, yatim, dan lainnya.

[Baca Juga: Ritel Ini Ajak Konsumen Donasikan Mainan untuk Anak Yatim]

“Hasil penjualan minyak jelantah itu nantinya disalurkan untuk program sosial. Seperti kita distribusikan ke rumah dhuafa, yatim, dan lainnya,” kata Enrile.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (8/5/2019) Enrile mengatakan, tong sedekah dengan kapasitas 18 liter tersebut nantinya akan disebar ke setiap kantor pemda, RT, maupun RW di Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan agar seluruh masyarakat dapat ikut serta menyedekahkan minyak jelantah yang mereka hasilkan.

Enrile juga berharap agar proses penyebaran tong bisa dilakukan segera agar bisa mengurangi limbah rumah tangga, menyehatkan tubuh, dan memanfaatkan limbah untuk kegiunaan lain. Menurutnya, walau maskayarakat belum banyak tahu, pabrik industri sangat membutuhkan minyak jelantah. Daripada jadi sampah, ada baiknya dikumpulkan mengingat manfaatnya akan lebih banyak.  

Read More

Artikel Lainnya

Ratusan Orang Hadiri Seleksi Anggota FKDM Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Ratusan Orang Hadiri Seleksi Anggota FKDM Jakarta Utara

03 December 2020, 15:07

Pada pekan ini ratusan orang ikut dalam tes seleksi untuk menjadi anggota FKDM Jakarta Utara.

Sempat Kontak Erat dengan Anies dan Wagub Ariza, 437 Orang Ikut Tes Swab.jpg

Kesehatan

Sempat Kontak Erat dengan Anies dan Wagub Ariza, 437 Orang Ikut Tes Swab

03 December 2020, 14:01

Pemprov DKI Jakarta saat ini terus melakukan pelacakan kontak terhadap orang-orang yang sempat kontak erat dengan Anies Baswedan serta Wagub Ariza pasca keduanya dinyatakan positif COVID-19.

Aman Fine Fragrance, Perjalanan Ingatan Melalui Parfum

Kecantikan dan Fashion

Aman Fine Fragrance, Perjalanan Ingatan Melalui Parfum

03 December 2020, 11:37

Demi untuk berbagi kenangan para tamu Aman. Pada Desember ini Aman meluncurkan Fine Fragrance.

Oscars 2021 Diundur dan Tidak Akan Berlangsung Virtual

Hobi dan Hiburan

Oscars 2021 Diundur dan Tidak Akan Berlangsung Virtual

03 December 2020, 10:23

Bila Oscar dengan percaya diri akan tetap mengadakan siaran langsung, apakah penghargaan lain akan mengikuti?


Comments


Please Login to leave a comment.