Sudin LH Jakarta Barat Bangun 3 TPS Berkonsep 3R 1.jpg

Berita Kawasan

Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat Bangun 3 TPS Berkonsep 3R

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Barat, akan membangun tiga tempat pembuangan sampah (TPS) sementara berkonsep 3R (reuse, reduce, recycle) pada tahun ini. Kepala Sudin LH Jakarta Barat Edy Mulyanto mengatakan, dari 34 TPS sementara yang ada di delapan wilayah kecamatan, saat ini 11 di antaranya akan diterapkan konsep pemeliharaan 3R.

[Baca Juga: TPA Cipayung Bakal Menerapkan Metode Sanitary Landfill]

"Tempat sampah berkonsep 3R di Jakarta Barat ini akan melakukan kegiatan pengolahan, pemilahan dan pengurangan sampah anorganik dan organik," ujar Edy Mulyanto seperti dikutip dari beritajakarta.id (4/3/2018).

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat Edy Mulyanto

Edy menambahkan, pihaknya menargetkan seluruh TPS yang tersebar di delapan kecamatan Jakarta Barat berkonsep 3R dalam kurun waktu dua tahun ke depan. "Jika seluruh TPS telah mengembangkan konsep 3R, maka volume sampah yang dibuang ke TPA Bantar Gebang berkurang secara drastis," tandasnya.

100 Germor Pengangkut Sampah

Komitmen penanganan sampah pihak Pemkot Jakarta Barat juga terbukti dalam kebijakan mereka yang menambah sarana pengangkutan sampah.

Sebelumnya, Sudin LH Jakarta Barat mendistribusikan 100 unit gerobak motor (germor) pengangkut sampah ke 56 kelurahan dan delapan kecamatan. "Prioritas unit germor akan didistribusikan ke wilayah permukiman warga yang tidak bisa dijangkau armada truk pengangkut sampah," jelas Edi.

[Baca Juga: Masyarakat Tangerang Selatan Peduli Sampah Dengan Sistem 3R]

Edi Mulyanto mengatakan, germor ini untuk membantu operasional petugas PPSU membersihkan lingkungan permukiman yang tidak terjangkau truk pengangkut sampah. "Prioritas unit germor akan didistribusikan ke wilayah permukiman warga yang tidak bisa dijangkau armada truk pengangkut sampah," ujar Edi dalam kesempatan berbeda.

Edi menambahkan, pemeliharaan sebanyak 100 unit germor yang akan didistribusikan nantinya diserahkan ke masing-masing kelurahan. "Selama setahun ke depan masih tanggung jawab ATPM," tambahnya.

Edi menjelaskan, pada 2018 lalu pihaknya telah mendistribusikan 184 unit germor ke 56 kelurahan dan delapan kecamatan. Setiap kelurahan menerima tiga unit germor dan dua unit untuk kecamatan. "Perawatan termasuk pemakaian bahan bakar minyak (BBM) untuk 186 unit ditangani oleh Sudin LH Jakarta Barat," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.