Sudin LH Jakarta Barat Bangun 3 TPS Berkonsep 3R 1.jpg

Berita Kawasan

Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat Bangun 3 TPS Berkonsep 3R

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Barat, akan membangun tiga tempat pembuangan sampah (TPS) sementara berkonsep 3R (reuse, reduce, recycle) pada tahun ini. Kepala Sudin LH Jakarta Barat Edy Mulyanto mengatakan, dari 34 TPS sementara yang ada di delapan wilayah kecamatan, saat ini 11 di antaranya akan diterapkan konsep pemeliharaan 3R.

[Baca Juga: TPA Cipayung Bakal Menerapkan Metode Sanitary Landfill]

"Tempat sampah berkonsep 3R di Jakarta Barat ini akan melakukan kegiatan pengolahan, pemilahan dan pengurangan sampah anorganik dan organik," ujar Edy Mulyanto seperti dikutip dari beritajakarta.id (4/3/2018).

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat Edy Mulyanto

Edy menambahkan, pihaknya menargetkan seluruh TPS yang tersebar di delapan kecamatan Jakarta Barat berkonsep 3R dalam kurun waktu dua tahun ke depan. "Jika seluruh TPS telah mengembangkan konsep 3R, maka volume sampah yang dibuang ke TPA Bantar Gebang berkurang secara drastis," tandasnya.

100 Germor Pengangkut Sampah

Komitmen penanganan sampah pihak Pemkot Jakarta Barat juga terbukti dalam kebijakan mereka yang menambah sarana pengangkutan sampah.

Sebelumnya, Sudin LH Jakarta Barat mendistribusikan 100 unit gerobak motor (germor) pengangkut sampah ke 56 kelurahan dan delapan kecamatan. "Prioritas unit germor akan didistribusikan ke wilayah permukiman warga yang tidak bisa dijangkau armada truk pengangkut sampah," jelas Edi.

[Baca Juga: Masyarakat Tangerang Selatan Peduli Sampah Dengan Sistem 3R]

Edi Mulyanto mengatakan, germor ini untuk membantu operasional petugas PPSU membersihkan lingkungan permukiman yang tidak terjangkau truk pengangkut sampah. "Prioritas unit germor akan didistribusikan ke wilayah permukiman warga yang tidak bisa dijangkau armada truk pengangkut sampah," ujar Edi dalam kesempatan berbeda.

Edi menambahkan, pemeliharaan sebanyak 100 unit germor yang akan didistribusikan nantinya diserahkan ke masing-masing kelurahan. "Selama setahun ke depan masih tanggung jawab ATPM," tambahnya.

Edi menjelaskan, pada 2018 lalu pihaknya telah mendistribusikan 184 unit germor ke 56 kelurahan dan delapan kecamatan. Setiap kelurahan menerima tiga unit germor dan dua unit untuk kecamatan. "Perawatan termasuk pemakaian bahan bakar minyak (BBM) untuk 186 unit ditangani oleh Sudin LH Jakarta Barat," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

5 Pilihan Busana Pantai untuk Pesta di Pinggir Kolam Renang

Kecantikan dan Fashion

5 Pilihan Busana Pantai untuk Pesta di Pinggir Kolam Renang

09 August 2020, 15:00

Tentunya Anda tidak bisa hanya mengenakan kaus kebesaran malas yang biasa dipakai di rumah. Penutup baju renang harus fungsional, ringan, dan nyaman, tetapi bukan berarti tidak bisa bergaya.

Mengenali Batasan OCD yang Makin Samar di Tengah Pendemi

Kesehatan

Mengenali Batasan OCD yang Makin Samar di Tengah Pendemi

09 August 2020, 09:00

Di manakah dokter menarik garis batas antara kewaspadaan agar tidak tertular virus corona dan gangguan obsesif-kompulsif yang bisa berbahaya?

Pentas Virtual Saksikan Aksi Budayawan Modern dalam Dongeng Ala Cinta Jiwo

Hobi dan Hiburan

Pentas Virtual: Saksikan Aksi Budayawan Modern dalam Dongeng Ala Cinta Jiwo

08 August 2020, 19:00

Bersama beberapa seniman pendukung, Sujiwo Tejo menghadirkan eksperimental pewayangan dalam sensibilitas kontemporer melalui dongeng sastra yang atraktif.

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

Berita Kawasan

100 Kolaborator dan 150 Sukarelawan Rayakan Hari Hutan Indonesia

08 August 2020, 15:00

Para Kolaborator ini bergotong royong menyiapkan platform dengan berbagai materi audio visual menarik untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta masyarakat Indonesia pada hutan.


Comments


Please Login to leave a comment.