Sudin LH Jakarta Barat Bangun 3 TPS Berkonsep 3R 1.jpg

Berita Kawasan

Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat Bangun 3 TPS Berkonsep 3R

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Barat, akan membangun tiga tempat pembuangan sampah (TPS) sementara berkonsep 3R (reuse, reduce, recycle) pada tahun ini. Kepala Sudin LH Jakarta Barat Edy Mulyanto mengatakan, dari 34 TPS sementara yang ada di delapan wilayah kecamatan, saat ini 11 di antaranya akan diterapkan konsep pemeliharaan 3R.

[Baca Juga: TPA Cipayung Bakal Menerapkan Metode Sanitary Landfill]

"Tempat sampah berkonsep 3R di Jakarta Barat ini akan melakukan kegiatan pengolahan, pemilahan dan pengurangan sampah anorganik dan organik," ujar Edy Mulyanto seperti dikutip dari beritajakarta.id (4/3/2018).

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat Edy Mulyanto

Edy menambahkan, pihaknya menargetkan seluruh TPS yang tersebar di delapan kecamatan Jakarta Barat berkonsep 3R dalam kurun waktu dua tahun ke depan. "Jika seluruh TPS telah mengembangkan konsep 3R, maka volume sampah yang dibuang ke TPA Bantar Gebang berkurang secara drastis," tandasnya.

100 Germor Pengangkut Sampah

Komitmen penanganan sampah pihak Pemkot Jakarta Barat juga terbukti dalam kebijakan mereka yang menambah sarana pengangkutan sampah.

Sebelumnya, Sudin LH Jakarta Barat mendistribusikan 100 unit gerobak motor (germor) pengangkut sampah ke 56 kelurahan dan delapan kecamatan. "Prioritas unit germor akan didistribusikan ke wilayah permukiman warga yang tidak bisa dijangkau armada truk pengangkut sampah," jelas Edi.

[Baca Juga: Masyarakat Tangerang Selatan Peduli Sampah Dengan Sistem 3R]

Edi Mulyanto mengatakan, germor ini untuk membantu operasional petugas PPSU membersihkan lingkungan permukiman yang tidak terjangkau truk pengangkut sampah. "Prioritas unit germor akan didistribusikan ke wilayah permukiman warga yang tidak bisa dijangkau armada truk pengangkut sampah," ujar Edi dalam kesempatan berbeda.

Edi menambahkan, pemeliharaan sebanyak 100 unit germor yang akan didistribusikan nantinya diserahkan ke masing-masing kelurahan. "Selama setahun ke depan masih tanggung jawab ATPM," tambahnya.

Edi menjelaskan, pada 2018 lalu pihaknya telah mendistribusikan 184 unit germor ke 56 kelurahan dan delapan kecamatan. Setiap kelurahan menerima tiga unit germor dan dua unit untuk kecamatan. "Perawatan termasuk pemakaian bahan bakar minyak (BBM) untuk 186 unit ditangani oleh Sudin LH Jakarta Barat," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.