Sudin LH Jakarta Barat Bangun 3 TPS Berkonsep 3R 1.jpg

Berita Kawasan

Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat Bangun 3 TPS Berkonsep 3R

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Barat, akan membangun tiga tempat pembuangan sampah (TPS) sementara berkonsep 3R (reuse, reduce, recycle) pada tahun ini. Kepala Sudin LH Jakarta Barat Edy Mulyanto mengatakan, dari 34 TPS sementara yang ada di delapan wilayah kecamatan, saat ini 11 di antaranya akan diterapkan konsep pemeliharaan 3R.

[Baca Juga: TPA Cipayung Bakal Menerapkan Metode Sanitary Landfill]

"Tempat sampah berkonsep 3R di Jakarta Barat ini akan melakukan kegiatan pengolahan, pemilahan dan pengurangan sampah anorganik dan organik," ujar Edy Mulyanto seperti dikutip dari beritajakarta.id (4/3/2018).

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat Edy Mulyanto

Edy menambahkan, pihaknya menargetkan seluruh TPS yang tersebar di delapan kecamatan Jakarta Barat berkonsep 3R dalam kurun waktu dua tahun ke depan. "Jika seluruh TPS telah mengembangkan konsep 3R, maka volume sampah yang dibuang ke TPA Bantar Gebang berkurang secara drastis," tandasnya.

100 Germor Pengangkut Sampah

Komitmen penanganan sampah pihak Pemkot Jakarta Barat juga terbukti dalam kebijakan mereka yang menambah sarana pengangkutan sampah.

Sebelumnya, Sudin LH Jakarta Barat mendistribusikan 100 unit gerobak motor (germor) pengangkut sampah ke 56 kelurahan dan delapan kecamatan. "Prioritas unit germor akan didistribusikan ke wilayah permukiman warga yang tidak bisa dijangkau armada truk pengangkut sampah," jelas Edi.

[Baca Juga: Masyarakat Tangerang Selatan Peduli Sampah Dengan Sistem 3R]

Edi Mulyanto mengatakan, germor ini untuk membantu operasional petugas PPSU membersihkan lingkungan permukiman yang tidak terjangkau truk pengangkut sampah. "Prioritas unit germor akan didistribusikan ke wilayah permukiman warga yang tidak bisa dijangkau armada truk pengangkut sampah," ujar Edi dalam kesempatan berbeda.

Edi menambahkan, pemeliharaan sebanyak 100 unit germor yang akan didistribusikan nantinya diserahkan ke masing-masing kelurahan. "Selama setahun ke depan masih tanggung jawab ATPM," tambahnya.

Edi menjelaskan, pada 2018 lalu pihaknya telah mendistribusikan 184 unit germor ke 56 kelurahan dan delapan kecamatan. Setiap kelurahan menerima tiga unit germor dan dua unit untuk kecamatan. "Perawatan termasuk pemakaian bahan bakar minyak (BBM) untuk 186 unit ditangani oleh Sudin LH Jakarta Barat," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.


Comments


Please Login to leave a comment.