Sudin Pendidikan Jakut Telah Membuka Sistem Online PPDB

Pendidikan

Sudin Pendidikan Jakut Telah Membuka Sistem Online PPDB 2019/2020

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi calon pelajar di DKI Jakarta dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah dibuka mulai 12 Juni 2019. Tak terkecuali di wilayah Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Utara Budi Sulistiono mengatakan, PPDB tahun ajaran baru 2019/2020 dengan sistem online yang dipastikan stabil hingga akhir tahapan seleksi. “Jaringannya dipastikan stabil hingga seluruh rangkaian tahapan seleksi nanti,” ujarnya sebagaimana dilansir utara.jakarta.go.id (12/6/2019).

Sudin Pendidikan Jakut Telah Membuka Sistem Online PPDB

Dia menjelaskan, PPDB online saat ini memasuki tahap pendaftaran sekaligus verifikasi berkas bagi calon pelajar inklusi, anak dari pemegang Kartu Pekerja Jakarta, pengemudi Jaklingko, dan anak panti. Tahapan tersebut sesuai dengan mekanisme PPDB secara daring yang dikeluarkan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

[Baca Juga: Pendaftaran Pemilihan Abang None Buku Telah Dibuka, Ayo Daftar!]

Dia juga mengungkapkan, pendaftaran dilakukan pada setiap sekolah yang diinginkan dengan bantuan panitia gabungan sekolah tersebut. Seluruh tahapan PPDB tidak dipungut biaya alias gratis.

Calon peserta didik yang sudah melalui tahap seleksi dan diterima diharapkan segera ke sekolah yang dituju untuk lapor diri. Hal itu seperti disampaikan Budi agar ada kepastian calon peserta didik sebelum tahun ajaran baru dimulai, yakni pada 16 Juli 2019.

“Pesan saya jika calon peserta didik sudah melalui tahap seleksi dan diterima agar segera ke sekolah yang dituju untuk lapor diri. Sehingga ada kepastian calon peserta didik sebelum tahun ajaran baru dimulai pada 16 Juli 2019 mendatang,” jelasnya.

Ada Layanan Konsultasi PPDB

Bagi orangtua calon peserta didik baru juga tidak perlu khawati bila belum memahami mekanisme PPDB online. Karena, seluruh petugas maupun panitia membuka layanan konsultasi sebagaimana diterangkan Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Jakarta Utara Momon Sulaiman.

Dia juga menjelaskan, ada pun layanan konsultasi dibuka agar seluruh anak usia sekolah dapat mengenyam pendidikan dengan baik di Jakarta Utara. Menurutnya, mekanisme PPDB ini bersinergi dengan sektor lain, salah satunya dengan Sudin Dukcapil Jakarta Utara yang memastikan Nomor Identitas Kependudukan (NIK) calon peserta didik baru telah diverifikasi lewat sistem.

[Baca Juga: Melirik SMA dengan Perpustakaan Terbaik di DKI Jakarta]

Sementara di lokasi berbeda, Kepala Sekolah SDN 03 Rawa Badak Selatan Rafaah menambahkan, sejak beberapa bulan lalu pihaknya telah melakukan sosialisasi dalam bentuk pemasangan spanduk hingga membagikan brosur jadwal PPDB Online kepada warga sekitar. “Tentunya sosialisasi sudah kita lakukan sebelumnya. Sehingga masyarakat sudah mengetahui jadwal tahapan-tahapan PPDB online,” tambahnya.

Salah satu orangtua calon peserta didik baru Mindo Rauli (33) memberikan apresiasi dengan adanya sistem online PPDB tahun ini. Terlebih, dengan adanya tahapan pendaftaran yang berbeda dari masyarakat umum karena dia termasuk pemegang kartu pekerja dengan profesi guru.

“Anak saya sudah didaftarkan tadi melalui panitia di sekolah ini. Paling nanti tinggal menunggu hasilnya seperti apa. Mudah-mudahan lolos dan bisa bersekolah di sini karena dekat dengan rumah,” tuturnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah .jpg

Berita Kawasan

Program PHINLA Sukses Bantu Pemprov DKI Jakarta Kelola Sampah

02 February 2023, 11:33

Baru-baru ini WVI serta DCA menggelar seminar yang didukung pemerintah terkait bagaimana program PHINLA sukses membantu pengelolaan sampah di Ibu Kota.

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.


Comments


Please Login to leave a comment.