Suka Ngemil Kastengel di Hari Lebaran Begini Cara Buatnya

Kuliner

Suka Ngemil Kastengel di Hari Lebaran? Begini Cara Buatnya

Siapa bilang membuat kue lebaran itu susah? Kue yang termasuk pembuatannya cukup mudah, salah satunya adalah kue kastengel atau kue keju. Kue Lebaran ini tidak hanya mudah dibuat, tetapi bahan-bahannya pun mudah didapatkan di warung atau minimarket terdekat. Jadi, Anda tidak perlu repot harus pergi ke pasar untuk membeli bahan-bahan kue.

Apa saja bahan yang perlu disiapkan untuk membuat Kastengel yang renyah? Bahan-bahannya di antaranya tepung terigu, mentega, kuning telur, keju, garam dan susu bubuk putih. Semua bahan itu bisa dibeli di toko sembako dekat rumah, kan?

[Baca Juga: 5 Kue Kering Khas Lebaran yang Harus Ada Di Atas Meja]

Untuk membuat satu toples kue kastengel, Anda bisa membeli mentega ukuran 200 gram, empat butir telur yang akan diambil kuning telurnya saja, satu kotak keju 150 gram, satu sachet susu bubuk putih, dan tepung terigu. Kalau Anda membeli tepung terigu yang memiliki berat satu kilogram, Anda cukup menggunakannya 400 gram saja untuk membuat satu toples kastengel. Atau jika dalam takaran sendok makan, 400 gram tepung terigu setara dengan 40 sendok makan sebagaimana ditulis dari beberapa sumber.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Berikut resep praktis membuat kastengel renyah yang dibagikan melalui pesan singkat kepada tim PingPoint.co.id dari salah seorang penjual kue Lebaran yang cukup banyak diminati di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat.

[Baca Juga: 5 Tips Belanja Kue Lebaran Kiloan Murah dan Enak]

Cara Membuat Kue Kastangel

  • Masukkan 200 gram mentega dengan dua butir kuning telur dan setengah sendok teh garam ke wadah untuk di aduk dengan mixer. Setelah semua bahan tersebut tercampur hingga berwarna putih, masukkan keju yang telah di parut ¾ dari satu kotak keju dan aduk kembali sampai adonan terlihat lembut.
  • Campurkan 400 gram atau 40 sendok makan tepung terigu dan satu sachet susu bubuk. Aduk adonan sampai semua tercampur dan menjadi adonan yang bisa dibentuk.
  • Giling adonan hingga berukuran sesuai yang diinginkan menggunakan roll pin atau bisa juga menggunakan botol sirup.
  • Cetak sesuai selera dan tata dalam loyang
  • Oleskan kuning telur yang sudah dikocok ke atas adonan kue yang sudah dicetak.
  • Taburkan keju di atas adonan yang sudah dioles kuning teur
  • Masukkan ke dalam oven hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Pastikan suhu oven sekitar 150-200 derajat celcius dengan waktu 30 menit.

Bagaimana? Mudah, kan? Bahkan, untuk membuat satu toples kastengel dengan bahan-bahan di atas, Anda bisa membuatnya hanya sekitar satu setengah jam. Tertarik untuk membuat kue kastengel sendiri di rumah?

Read More


Artikel Lainnya

4 Strategi Utama Kemenpar Capai Target Wisatawan Mancanegara

Berita Kawasan

4 Strategi Utama Kemenpar Capai Target Wisatawan Mancanegara

14 June 2019, 10:00  |  7 Views

Kemenpar bersama pelaku bisnis pariwisata menyiapkan sembilan strategi, namun akan terapkan empat strategi utama untuk capai target kunjungan wisaman pada tahun ini.

6 Akibat Menggunakan Rokok Elektrik untuk Kesehatan

Kesehatan

6 Akibat Menggunakan Rokok Elektrik untuk Kesehatan

14 June 2019, 11:00  |  17 Views

Rokok elektrik digunakan beberapa orang sebagai alternatif rokok tembakau. Namun rokok ini juga memiliki risiko untuk kesehatan.

5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kesehatan

5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

14 June 2019, 09:00  |  22 Views

Penderita diabetes tak bisa sembarangan makan buah, walaupun termasuk makanan sehat. beberapa buah mampu meningkatkan kadar gula.

Ikuti 4 Trik Ini Sebelum Membeli Furnitur Di Internet

Properti dan Solusi

Ikuti 4 Trik Ini Sebelum Membeli Furnitur Di Internet

14 June 2019, 12:00  |  7 Views

Belanja online memang menyenangkan karena lebih mudah dan cepat, namun Anda juga tetap harus waspada.


Comments


Please Login to leave a comment.