Sukses di Luar, Under the Volcano Karya Yusril Katil Siap Pentas di Jakarta

Berita Kawasan

Sukses di Luar, Under the Volcano Karya Yusril Katil Siap Pentas di Jakarta

Indonesia sering juga disebut Ring of Fire karena letaknya yang dikelilingi oleh banyaknya gunung berapi. Hal itu membuat Indonesia rentan terhadap bencana seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, serta tsunami.

Sadar akan banyaknya bencana alam yang melanda Indonesia, seniman teater Yusril Katil terinspirasi untuk membuat sebuah karya teater yang diberi nama Under the Volcano. Pementasan yang didukung oleh Ciputra Artpreneur dan Bumi Purnati ini bakal digelar pada 4-5 April 2020 di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

[Baca Juga: Ini Kisah Mistis yang Bayangi Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki]

"Menginspirasi ketika saya tinggal di Padang Panjang, Minangkabau, Sumatera Barat yang diapit dua gunung merapi. Pada 1999 muncul gempa besar yang meluluhlantakkan rumah membuat saya dan teman-teman satu bulan tidur di tenda," kata Yusril dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (6/2/2020).

Lewat pementasan Under the Volcano, Yusril pun menyisipkan pesan kepada para penonton bahwa ketakutan itu tidak harus dijaga dan dipelihara. Seniman asal Sumatera Barat itu pun mencoba memperlihatkan bagaimana orang-orang yang berjuang menyelamatkan diri dan menemukan nilai-nilai baru dalam kehidupan mereka ketika bencana melanda.

Sukses di Luar, Under the Volcano Karya Yusril Katil Siap Pentas di Jakarta

"Dalam bencana ada cinta, kesetiakawanan, membutuhkan orang lain, kompleksitas bencana dan persoalan kemanusiaan juga ditonjolkan di sana," ungkapnya.

Selain diangkat dari pengalaman hidup selama Yusril tinggal di Padang Panjang, pementasan Under the Volcano juga tidak lepas dari Syair Lampung Karam karya Muhammad Saleh yang terbit pada tahun 1883.

Syair Lampung Karam merinci bagaimana setiap orang berusaha menyelamatkan diri dan bagaimana reaksi mereka menghadapi bencana meletusnya gunung Krakatau di tahun 1883.

Sukses di Luar, Under the Volcano Karya Yusril Katil Siap Pentas di Jakarta

Nantinya, pada pertunjukan yang mengusung filosofi tangga ini, akan diiringi juga sentuhan dendang serta gurindam yang sangat tepat dengan syair yang ditulis. Ada pula silek, sebagai refleksi diri untuk waspada, memiliki insting, naluri untuk menghindar dari bahaya.

Yusril menyebutkan, ada dua nilai yang dapat ditangkap dari pementasan ini, yakni nilai nikmat dengan sisi artistik dan nilai manfaat yaitu untuk apa kisah ini dipentaskan.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Sambut Gelaran Bogor Street Festival CGM 2020]

Untuk diketahui, pementasan Under the Volcano ini pertama kali ditampilkan pada Olimpiade Teater ke-6 di Dayin Theatre, Beijing, China pada 2014 lalu. Kemudian pada 2016 dipentaskan di TheatreWorks, Singapura pada 2016.

Di Jakarta, ini menjadi kali pertama Under the Vulcano dipentaskan secara penuh. Adapun tiket pementasan Under the Volcano ini dijual seharga Rp250.000 hingga Rp1.350.000.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 7 months lalu
    kelly

    Udah tau belum kalo main game bisa dapet hadiah hingga jutaan rupiah ? Buruan gabung di bola165,co mainkan game nya dan bawa pulang hadiah nya.

  • Rine 2 years, 7 months lalu
    rine

    guys ada kabar baru nich, mau dapatin duit dengan mudah tanpa keluar keringat? dan bisa jadi jutawan dalam waktu yang tidak lama, buruan yach ke qqharian,club jangan ketinggalan untuk menjadi jutawan.... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>