SUN Pitch Competition Lahirkan Produk Makanan Untuk Atasi Anemia

Kesehatan

SUN Pitch Competition Lahirkan Produk Makanan untuk Atasi Anemia

Jumlah penderita anemia di Indonesia masih tergolong cukup tinggi. Dari data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) pada tahun 2013 diketahui bahwa 1 dari 5 perempuan di Indonesia rentan terkena anemia. Bahkan angka tersebut bisa lebih tinggi menyerang ibu hamil.

Seperti diketahui, anemia dapat membuat janin berisiko lebih tinggi mengalami gangguan, salah satunya berat bayi lahir rendah (BBLR) dengan berat badan kurang dari 2.5 kg. Selain itu, bayi juga rentan terkena penyakit dan meninggal pada usia dini. Anemia ternyata juga dapat diturunkan dari ibu ke anak dan itu berisiko terhadap morbiditas dan penurunan kecerdasan.

[Baca Juga: Konsumsi 5 Produk Ini untuk Cegah Stunting dan Anemia]

Maka dari itu, untuk menekan angka penyebaran penyakit tersebut, SUN Business Network Indonesia (SBN Indonesia) dan Innovation Factory mengadakan kompetisi inovasi makanan dengan Fokus Mengatasi Anemia dan Malnutrisi. Kompetisi ini merupakan merupakan kolaborasi antara delapan perusahaan yang tergabung dalam SBN Indonesia yakni: PT Indofood, Sukses Makmur Tbk, PT Kalbe Farma Tbk, PT Nutrifood Indonesia, PT Otsuka Indonesia, PT Tirta Investama, PT BASF Indonesia, PT Cargill Indonesia dan PT East West Seed Indonesia.

Digelarnya SUN Pitch Competition 2019 ini juga bertujuan untuk menghasilkan solusi baru dalam mengembangkan produk makanan yang terjangkau, bergizi tinggi dan kaya akan zat besi, vitamin C, protein hewani serta nabati.

“SBN Indonesia mengajak UMKM lokal menjadi bagian dari solusi masalah anemia dan malnutrisi melalui inovasi produknya. Kami merasa senang melihat antusiasme dan kreativitas dari pelaku bisnis, industri, UMKM dan wirausahawan dalam kompetisi ini. Hal ini menunjukan adanya semangat berkolaborasi untuk mempercepat pengentasan permasalahan anemia dan gizi yang ada di Indonesia,” ujar Axton Salim, Co-Chair SBN Global Advisory Group dan Koordinator SBN Indonesia yang juga Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

SUN Pitch Competition Lahirkan Produk Makanan Untuk Atasi Anemia

Dalam kompetisi tersebut, para pesertanya kebanyakan merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan juga para wirausahawan. Kompetisi yang digelar sejak bulan November lalu pun telah melahirkan 10 finalis yang berhasil masuk ke babak SUN Pitch Competition 2019 yang digelar di Block 71, Gedung Ariobimo Sentral, Jakarta Selatan pada Selasa 17 Desember 2019.

Dari hasil penilaian yang dilakukan oleh para juri yang terdiri dari anggota SBN Indonesia, Co-Chair dari SBN Global Advisory Group, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Accelerice dan Innovation Factory, akhirnya terpilih tiga pemenang yang berhak mendapatkan hadiah dengan total Rp225 juta.

[Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Cegah Anemia]

Ketiga pemenang itu adalah CV. Rizano Bersaudara dengan produknya Bale Sehat yang berhasil menjadi juara pertama. Sementara itu untuk juara kedua diraih oleh Morimom. Sedangkan juara ketiga dimenangkan Calty Farm dengan produk Calty Yoghurt-nya. Selain membawa pulang uang tunai, para pemenang juga mendapatkan mentoring eksklusif dari SBN Indonesia. Selain itu, pemenang pertama akan dikirim ke Global SUN pitch Competition dalam Food Industry Asia 2020 yang digelar di Singapura.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.