Surabaya Memasuki Masa Transisi, PSBB Diakhiri2.jpg

Berita Kawasan

Surabaya Memasuki Masa Transisi, PSBB Diakhiri

Provinsi Jawa Timur memutuskan untuk tidak memperpanjang pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Kota Surabaya. Dengan demikian wilayah berjuluk kota pahlawan ini resmi memberlakukan masa transisi menuju kenormalan baru atau new normal.

Di sisi lain, seiring diputuskannya kebijakan masa transisi, situs lawancovid19.surabaya.go.id melaporkan hingga Senin (8/6/2020) tercatat 3.360 kasus positif COVID-19 di Kota Surabaya. Dari jumlah ini, terdapat 867 pasien yang dinyatakan sembuh dan 296 pasien meninggal dunia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim Heru Tjahjono menjelaskan keputusan ini merupakan buah kesepakatan bersama antara Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya, Pemprov Jatim, Pangdam dan Kapolda Jatim. “Masa transisi akan berlangsung selama 14 hari,” tuturnya, dikutip cnnindonesia.com, Senin (8/6/2020).

Sebelumnya, dilansir surabaya.go.id, Pemkot Surabaya telah mengambil sikap untuk tidak mengajukan usulan perpanjangan PSBB. Hal ini tercetus saat jajaran pimpinan Pemkot menggelar rapat pada Minggu (7/6/2020) malam di Gedung Negara Grahadi.

Surabaya Memasuki Masa Transisi, PSBB Diakhiri1.jpg

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menegaskan bahwa dia dan jajarannya berpandangan untuk tidak memperpanjang PSBB lantaran kondisi perekonomian warga terkini cukup memprihatinkan. Selain itu, sambung Risma, tren kesembuhan dari pasien COVID-19 di Kota Surabaya terus merangkak naik setiap harinya. “Kita tidak lakukan itu (perpanjangan PSBB), karena ini menyangkut masalah ekonomi warga juga, jangan sampai kemudian dia tidak bekerja dan tidak bisa mencari makan,” katanya.

Ada pun sektor ekonomi yang paling memprihatinkan dan terdampak, kata Risma, dirasakan para pegawai hotel, restoran, mal, dan berbagai pegawai bidang lainnya. Risma khawatir, jika kondisinya terus seperti ini, fenomena pemutusan hubungan kerja secara massal tak terelakkan. “Kan tidak mungkin membayar orang tapi nganggur, sedangkan hotel, restoran, mal dan toko-toko itu tidak ada income,” tegasnya.

Meskipun nanti PSBB itu dilonggarkan, Risma menjamin protokol kesehatan akan tetap berjalan dengan ketat. Bahkan, Pemkot pun juga turut mengatur mekanisme pembayaran di sektor hotel, restoran, mal, warung dan berbagai bidang lainnya.

Selain itu, sebagai upaya tambahan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus SARS-CoV-2 selama masa transisi, Risma akan terus gencar menggelar rapid test massal, khususnya bagi pegawai mal dan SPG-nya, pegawai minimarket, supermarket, dan pegawai toko-toko yang ada di Surabaya.

Dia meyakini, Surabaya bisa menjalankan amanat Presiden Joko Widodo tentang hidup berdampingan dengan COVID-19 atau sering disebut juga sebagai kenormalan baru. Dia pun meminta warga Surabaya untuk jangan terlalu risau, pasalnya dia mengklaim langkah-langkah tersebut adalah cara ampuh mencegah penularan di tempat publik “Nanti kita akan prioritaskan mereka-mereka ini. Jadi, kita tahu positioning-nya, sehingga para pengunjung itu akan merasa aman, termasuk cleaning service, satpam dan pegawai lainnya, akhirnya tidak ada kekhawatiran di antara mereka dan perekonomian tetap jalan,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.