Surabaya Patenkan Enam Motif Batik Khas Kota Pahlawa n.jpg

Kecantikan dan Fashion

Surabaya Patenkan Enam Motif Batik Khas Kota Pahlawan

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, pada akhir Oktober 2022 Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memanfaatkan event besar Karnaval Nan Tunjungan sebagai momen untuk memperkenalkan batik yang menjadi khas di Kota Pahlawan. Kemudian untuk semakin meresmikan batik yang diharapkan menjadi bagian dari ikon Surabaya, pihak pemkot disebut mengajukan proses pematenan dan titik terang disebut sudah ditemukan pada pekan ini. Karena enam motif tersebut disebut sudah resmi dipatenkan dan bisa diproduksi massal.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah dan Perdagangan Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos. Pada 14 November 2022, ia menyampaikan bahwa Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriani Eri Cahyadi memiliki keinginan kuat agar terdapat paten yang meresmikan enam motif batik khas Kota Pahlawan. Dari sinilah, pihaknya melakukan proses pengajuan ke Kemenkumham.

Surabaya Patenkan Enam Motif Batik Khas Kota Pahlawan.jpg

“Kita benar-benar dibantu oleh pihak kementerian dalam pengajuan hak paten ini hingga akhirnya sekarang sudah dipatenkan. Keenam motif batik ini akan menjadi ciri khas batik Surabaya karena memang tidak ada di daerah lainnya,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari Surabaya.go.id (14/11/2022).

Enam motif batik ini disebut datang dari para pengrajin batik yang mengajukan desainnya dalam Lomba Desain Batik Surabaya 2022. Setelah melalui proses kurasi panjang, terpilihlah enam motif yang terdiri dari Motif Batik Sparkling, Motif Batik Kintir-Kintiran, Motif Batik Abhi Boyo, Motif Batik Gembili Wonokromo, Motif Batik Kembang Bungur, dan Motif Batik Remo Surabayan. Enam motif batik ini merupakan hasil desain yang terpilih sebagai juara satu hingga enam.

[Baca Juga: Motif Batik Khas Surabaya Diluncurkan di Karnaval Nang Tunjungan]

Dengan dipatenkannya enam motif batik khas Kota Pahlawan, Pemkot Surabaya saat ini akan menggenjot promosinya. Salah satu metodenya adalah event Spontans Festival in Collaboration With Batik Surabaya pada 18 November 2022. Fauzie menuturkan, di acara ini akan ditampilkan para musisi ternama seperti Bunga Citra Lestari, Kunto Aji serta Kahitna dan menariknya, mereka saat tampil nanti akan mengenakan batik khas Surabaya. Selain itu untuk mengedukasi publik mengenai batik khas Kota Pahlawan, pemkot juga akan menghadirkan lokasi untuk masyarakat yang ingin mencoba membatik.

“Kita juga lagi cari tempat khusus untuk praktek langsung pembuatan batik khas Surabaya itu. Jadi, nanti kalau ada tamu-tamu dari luar kota dan luar negeri, bisa mengunjungi tempat tersebut sekaligus belajar batik dan mengetahui secara langsung proses pembuatannya batik khas Surabaya itu,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.