Pemerintah Berencana Gelar Tes COVID-19 di Sekolah

Pendidikan

Survei FSGI, Lebih dari 50 Persen Sekolah Belum Siap New Normal

Jelang memasuki tahun ajaran baru, pemerintah kembali akan menerapkan pembelajaran tatap muka pada sekolah yang masuk dalam zona hijau. Lalu bagaimana dengan kesiapan sekolah untuk menerapkan pembelajaran tatap muka?

Berdasarkan rilis hasil survei Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) (16/6/2020), menunjukkan mayoritas sekolah atau sebanyak 55,1 persen belum memenuhi kebutuhan yang diperlukkan untuk menerapkan new normal. Hanya 21,3 persen sekolah yang menyatakan sudah siap untuk menghadapi new normal. Dengan kata lain, menurut FSGI artinya sekolah belum siap untuk dibuka kembali.

[Baca Juga: Sekolah Zona Hijau Diizinkan Pembelajaran Tatap Muka, Ini Panduannya]

Dalam survei yang melibatkan 1.656 responden yang terdiri dari guru atau kepala sekolah atau manajemen sekolah dari berbagai jenjang pendidikan ini turut mengungkapkan kendala yang dihadapi sekolah untuk mengaktifkan kembali kegiatan belajar secara langsung.

Sebanyak 53,4 persen responden terkendala pada kesiapan sarana-prasarana atau infrastruktur sekolah yang menunjang kenormalan baru. Kemudian sebanyak 49,5 persen responden menyatakan belum memiliki sarana-prasarana atau infrastruktur penunjang yang sejalan dengan protokol kesehatan untuk menerapkan new normal di sekolah.

Sekolah Kala Pandemi Ancam Siswa, FSGI Minta Perpanjangan PJJ

Sebanyak 54,9 persen responden juga belum melakukan sosialisasi kepada orang tua dan siswa terkait penerapan new normal di sekolah. Mayoritas sekolah atau 55,1 persen sekolah pun juga menyatakan baru membuka sekolah jika kondisi sudah normal kembali dengan waktu kapan saja.

Sebanyak 16,2 persen responden menyatakan akan membuka sekolah di awal semester genap atau Januari 2021. Hanya 20,8 persen responden yang menyatakan siap membuka sekolah pada tahun ajaran baru Juli mendatang.

Terkait temuan tersebut, FSGI pun merekomendasikan agar dilakukan perpanjangan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk semua zona, termasuk zona hijau. Untuk pelaksanaan PJJ juga tersebut juga perlu diiringi dengan perbaikan, terutama kepada sekolah yang berada di daerah tidak ada internet.

[Baca Juga: Sekolah Kala Pandemi Ancam Siswa, FSGI Minta Perpanjangan PJJ]

Selain mendorong penyediaan jaringan dan menggratiskan internet, FSGI merekomendasikan agar Pemda setempat merangkul dengan media radio komunitas atau tv lokal. FSGI juga merekomendasikan agar dibuat kurikulum darurat di masa pandemi.

Tak hanya itu, FSGI juga mendorong agar adanya koordinasi antar instansi pemerintah terkait, seperti Kemenag/Kemendikbud dan Pemda dengan sekolah. Perlu adanya koordinasi, pendampingan, dan penilaian dari Pemda atau pemangku kepentingan lainnya.

Sebelumnya, FSGI melakukan survei pada 6-8 Juni lalu dengan melibatkan responden yang berasal dari 34 Provinsi dan 245 kota/kabupaten seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari Kota Banda Aceh sampai Kabupaten Jayawijaya Papua serta Kota Merauke.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.