Bekasi Akan Batasi Warga ke Jakarta Jika Jumlah COVID-19 Meningkat

Berita Kawasan

Survei LIPI: 60% Rakyat Dukung Keterbukaan Informasi Pasien Covid-19

Di awal kemunculan kasus positif COVID-19 lalu (2/3/2020), publik dihadapi dengan pemberitaan media yang mengungkap data informasi pasien. Hal ini berdampak pada kondisi psikis pasien. Sejak saat itu, media pun diimbau untuk memperhatikan kode etik dalam pemberitaan, diantaranya dengan tak memuat data pribadi pasien.

Namun, baru-baru ini hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Panel Sosial untuk Kebencanaan menunjukkan bahwa sekitar 65,8 persen responden setuju jika data alamat pasien dibuka sampai dengan tingkat RT/RW. Sedangkan 64 persen responden setuju data alamat pasien dibuka sampai tingkat kecamatan.

Survei 60 Persen Rakyat Dukung Keterbukaan Informasi Pasien Covid-19

Lalu sebanyak 60,8 persen responden setuju jika data alamat pasien dibuka sampai tingkat kelurahan. Temuan penting lainnya, yakni sebanyak 61,2 persen respinden setuju nama pasien positif COVID-19 dibuka. Untuk temuan terakhir ini, ada catatan khusus yakni dalam wawancara yang dilakukan tim peneliti dengan responden bahwa nama pasien bukanlah data yang sangat dibutuhkan.

[Baca Juga: Wisma Atlet Kemayoran Bakal Jadi Lokasi Penanganan Pasien COVID-19]

Selain data alamat dan nama, temuan menarik lainnya yakni lebih dari 97 persen responden merasa informasi riwayat perjalanan pasien sangat penting untuk dibuka. Sebanyak 56,2 persen responden di Pulau Jawa dan 52,2 persen di luar Pulau Jawa menganggap riwayat perjalanan pasien selama 14 hari terakhir sangat penting dan berguna untuk diumumkan.

Berisiko

Adapun platform yang paling disukai responden untuk penyebaran informasi Covid-19 yakni aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Line. Total ada 80,71 persen responden yang memilih aplikasi pesan instan dan 70,04 persen memilih website. Selebihnya sebanyak 25,66 persen memilih SMS dan 2,78 persen memilih media sosial pemerintah.

Survei 60 Persen Rakyat Dukung Keterbukaan Informasi Pasien Covid-19

Dalam rilis yang diunggah di media sosial Pusat Penelitian Kependudukan LIPI (30/2/2020), adanya keterbukaan informasi di masa pandemi Covid-19 ini dapat membuat masyarakat lebih hati-hati dan melakukan karantina mandiri atau tindakan medis jika diperlukan. Namun, keterbukaan informasi ini tidak boleh disalahgunakan dan harus sejalan dengan regulasi yang mengatur terkait data pribadi.

[Baca Juga: Amankah Berada di Dekat Pasien COVID-19 yang Sudah Sembuh?]

Pusat Penelitian Kependudukan LIPI juga mengingatkan, bahwa adanya keterbukaan informasi pasien Covid-19 ini juga berisiko. Pasien dan orang dengan status pemantauan rentan mengalami diskriminasi di lingkungannya. Oleh karenanya, diharapkan penggunaan informasi tersebut dapat digunakan sebagaimana mestinya, yakni untuk meningkatkan kewaspadaan dan menekan penyebaran Virus Corona tanpa adanya diskriminasi.

Sebelumnya, LIPI yang tergabung dalam Panel Sosial untuk Kebencanaan melakukan Survei Persepsi Publik Terhadap Keterbukaan Informasi Covid-19 pada 20-21 Maret 2020. Panel Sosial untuk Kebencanaan terdiri dari LIPI, RISTEK-BRIN, BNPB, UI, UGM, ITB Jurnalis Bencana dan Krisis Indonesia, Politeknik Statistika STIS dan U-INSPIRE.

Survei dilakukan kepada 15.101 warga yang menjadi responden dengan berbagai latar belakang usia. Sebanyak 24,5 persen responden berusia 31-40 tahun dan 31,1 persen responden berusia 21-30 tahun.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emmaandita 2 years, 8 months lalu
    EmmaAndita

    Mau hadiah total sampai 1M 😱 Buruan join di situsjadul.com dengan TCoin ! Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya ! Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎