Bekasi Akan Batasi Warga ke Jakarta Jika Jumlah COVID-19 Meningkat

Berita Kawasan

Survei LIPI: 60% Rakyat Dukung Keterbukaan Informasi Pasien Covid-19

Di awal kemunculan kasus positif COVID-19 lalu (2/3/2020), publik dihadapi dengan pemberitaan media yang mengungkap data informasi pasien. Hal ini berdampak pada kondisi psikis pasien. Sejak saat itu, media pun diimbau untuk memperhatikan kode etik dalam pemberitaan, diantaranya dengan tak memuat data pribadi pasien.

Namun, baru-baru ini hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Panel Sosial untuk Kebencanaan menunjukkan bahwa sekitar 65,8 persen responden setuju jika data alamat pasien dibuka sampai dengan tingkat RT/RW. Sedangkan 64 persen responden setuju data alamat pasien dibuka sampai tingkat kecamatan.

Survei 60 Persen Rakyat Dukung Keterbukaan Informasi Pasien Covid-19

Lalu sebanyak 60,8 persen responden setuju jika data alamat pasien dibuka sampai tingkat kelurahan. Temuan penting lainnya, yakni sebanyak 61,2 persen respinden setuju nama pasien positif COVID-19 dibuka. Untuk temuan terakhir ini, ada catatan khusus yakni dalam wawancara yang dilakukan tim peneliti dengan responden bahwa nama pasien bukanlah data yang sangat dibutuhkan.

[Baca Juga: Wisma Atlet Kemayoran Bakal Jadi Lokasi Penanganan Pasien COVID-19]

Selain data alamat dan nama, temuan menarik lainnya yakni lebih dari 97 persen responden merasa informasi riwayat perjalanan pasien sangat penting untuk dibuka. Sebanyak 56,2 persen responden di Pulau Jawa dan 52,2 persen di luar Pulau Jawa menganggap riwayat perjalanan pasien selama 14 hari terakhir sangat penting dan berguna untuk diumumkan.

Berisiko

Adapun platform yang paling disukai responden untuk penyebaran informasi Covid-19 yakni aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Line. Total ada 80,71 persen responden yang memilih aplikasi pesan instan dan 70,04 persen memilih website. Selebihnya sebanyak 25,66 persen memilih SMS dan 2,78 persen memilih media sosial pemerintah.

Survei 60 Persen Rakyat Dukung Keterbukaan Informasi Pasien Covid-19

Dalam rilis yang diunggah di media sosial Pusat Penelitian Kependudukan LIPI (30/2/2020), adanya keterbukaan informasi di masa pandemi Covid-19 ini dapat membuat masyarakat lebih hati-hati dan melakukan karantina mandiri atau tindakan medis jika diperlukan. Namun, keterbukaan informasi ini tidak boleh disalahgunakan dan harus sejalan dengan regulasi yang mengatur terkait data pribadi.

[Baca Juga: Amankah Berada di Dekat Pasien COVID-19 yang Sudah Sembuh?]

Pusat Penelitian Kependudukan LIPI juga mengingatkan, bahwa adanya keterbukaan informasi pasien Covid-19 ini juga berisiko. Pasien dan orang dengan status pemantauan rentan mengalami diskriminasi di lingkungannya. Oleh karenanya, diharapkan penggunaan informasi tersebut dapat digunakan sebagaimana mestinya, yakni untuk meningkatkan kewaspadaan dan menekan penyebaran Virus Corona tanpa adanya diskriminasi.

Sebelumnya, LIPI yang tergabung dalam Panel Sosial untuk Kebencanaan melakukan Survei Persepsi Publik Terhadap Keterbukaan Informasi Covid-19 pada 20-21 Maret 2020. Panel Sosial untuk Kebencanaan terdiri dari LIPI, RISTEK-BRIN, BNPB, UI, UGM, ITB Jurnalis Bencana dan Krisis Indonesia, Politeknik Statistika STIS dan U-INSPIRE.

Survei dilakukan kepada 15.101 warga yang menjadi responden dengan berbagai latar belakang usia. Sebanyak 24,5 persen responden berusia 31-40 tahun dan 31,1 persen responden berusia 21-30 tahun.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emmaandita 2 years, 4 months lalu
    EmmaAndita

    Mau hadiah total sampai 1M 😱 Buruan join di situsjadul.com dengan TCoin ! Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya ! Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎