Survei LIPI Persentase Masyarakat Mudik Saat Pandemi Masih Tinggi

Berita Kawasan

Survei LIPI: Persentase Masyarakat Mudik Saat Pandemi Masih Tinggi

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia akan membuat suasana Lebaran berbeda. Pemerintah telah meminta masyarakat agar tidak melakukan perjalanan ke luar kota. Tak hanya itu, pemerintah pun turut telah membatalkan program mudik gratis.

Upaya menekan mobilitas masyarakat tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Lantas bagaimana dengan respons masyarakat?

Survei yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan lembaga lainnya menunjukkan bahwa persentase masyarakat yang mudik masih tinggi. Oleh karenanya, tim survei merekomendasikan perlu adanya kampanye untuk merubah rencana masyarakat yang tetap memilih mudik dan upaya antisipasi pergerakan masyarakat.

Survei LIPI Persentase Masyarakat Mudik Saat Pandemi Masih Tinggi

Dilansir dari laman lipi.go.id (14/4/2020), dari total responden 3.853 orang, sebanyak 43,78% diantaranya masih memilih untuk mudik di hari raya mendatang. Sebanyak 56,22% responden menjawab tidak akan mudik. Termasuk di dalamnya 20, 98% masih dalam tahap berencana untuk membatalkan mudik. Responden yang memilih tidak mudik dikarenakan memiliki kegiatan sekolah dan wirausaha.

Sementara itu, sebesar 69,06% responden memilih mudik karena keperluan Idul Fitri. Mereka juga berangkat pada waktu cuti bersama Idul Fitri dan setelahnya.

[Baca Juga: Menerka-nerka Nasib Tradisi Mudik Lebaran Kala Pandemi COVID-19]

Adapun transportasi yang paling banyak digunakan yakni mobil pribadi. Sebanyak 42,86% responden memilih mobil pribadi, 29,22 % responden menggunakan pesawat dan 12,86% dengan kereta api.

Pergerakan DKI Jakarta

Dalam hasil survei ini yang sebagian besar respondennya berpendidikan tinggi ini turut ditemukan perihal pergerakan rencana mudik para responden. Pergerakan mudik terbesar berasal dari:

  • Jawa Barat dengan total 22,94%
  • DKI Jakarta sebesar 18,14%
  • Jawa Timur sebesar 10,55%
  • Jawa Tengah sebesar 10,02%
  • Banten sebesar 4,68%

Khusus untuk DKI Jakarta terjadi pergerakan hampir ke seluruh provinsi di Indonesia. Tujuan paling besar yakni ke:

  • Jawa Tengah dengan jumlah 24,18%
  • Provinsi Jawa Timur sebanyak 16,01%
  • Jawa Barat sejumlah 14,71%
  • DI Yogyakarta sebanyak 7,52% menuju
  • Sumatera Utara sebanyak 4,58%

Menerka-nerka Nasib Tradisi Mudik Lebaran Kala Pandemi COVID-19

Meski 98,05% responden yang mengetahui kelompok rentan dan orang sehat dapat menjadi carrier, hanya 32,07% yang mengaku sangat khawatir dapat menularkan COVID-19. Sebanyak 10,25 % responden yang mengaku tak khawatir dan mengetahui kondisi kampung baik-baik saja. Padahal, kebanyakan responden berpendidikan sarjana, pascasarjana dan SMA.

[Baca Juga: Tak Berangkat Mudik? Buatlah Kegiatan Hari Lebaran yang Menyenangkan]

Kendati demikian, responden sadar bila mereka perlu melakukan upaya pengurangan risiko, misalnya dengan cuci tangan, dan mengurangi kontak fisik seperti bersalaman. Responden juga sadar bila sebaiknya tidak menggelar acara silaturahmi dalam skala besar dan menjaga jarak fisik saat komunikasi dan memakai masker.

Untuk diketahui, selain LIPI dan BRIN, sejumlah lembaga lainnya turut tergabung dalam survei ini. Lembaga-lembaga tersebut yakni Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, serta Jurnalis Bencana dan Krisis Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.