Susah Hindari Makan Junkfood Begini Triknya

Kesehatan

Susah Hindari Makan Junkfood? Begini 5 Trik yang Anda Coba

Percaya atau tidak, produsen makanan sering membuat makanan yang memicu rasa kecanduan untuk menikmatinya lagi dan lagi. Di mana, kita akan mengalami kenikmatan tertinggi, dengan porsi yang pas, tidak terlalu asin, manis, dan berlemak. Kombinasi rasai ini sangat sulit untuk ditolak, dan otak akan bereaksi seperti kecanduan narkoba.

Bagi Anda yang sulit untuk menghindari makanan cepat saji atau junkfood, ada lima cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikannya.

[Baca Juga: Kenali Bahaya Berbuka Puasa dengan Makan Junk Food]

1) Fokus ke Makanan Sehat

Sebuah studi dalam jurnal Food Choice and Nutrition: A Social Psychological Perspective, menunjukkan bahwa fokus untuk mengonsumsi makanan sehat lebih efektif dibandingkan dengan fokus untuk menghindari makanan junkfood. Semakin banyak makanan sehat yang Anda konsumsi, maka semakin mudah untuk menahan makanan yang tidak sehat.

Susah Hindari Makan Junkfood Begini Triknya

2) Simpan Makanan atau Camilan Sehat

Jika Anda memiliki simpanan makanan sehat maupun camilan yang siap dimakan saat jam makan siang dan malam hari, jauh lebih kecil kemungkinan untuk Anda mengonsumsi makanan cepat saji.

Cobalah untuk pergi berbelanja kebutuhan makanan sehari-hari. Siapkan dalam jumlah besar makanan yang mudah diolah, seperti nasi, kacang, sayur tumis atau panggang, atau salad. Gunakan wadah untuk menyimpannya, dengan begitu anda bisa langsung mengonsumsinya.

[Baca Juga: Cita Rasa Ayam Arab Cepat Saji di Chiking]

3) Ganti dengan Makan Buah

Buah memiliki kandungan gula, tetapi juga memiliki banyak vitamin, antioksidan, dan serat yang dapat memperlambat dan menyeimbangkan gula darah Anda. Hal ini mencegah lonjakan gula darah. Setelah Anda melepaskan gula buatan, buah akan terasa jauh lebih manis dan lebih memuaskan bagi Anda.

4) Lebih Sering Mengonsumsi Protein

Penuhi makanan Anda dengan jenis makanan yang mengandung cukup protein. Selain mengenyangkan, protein juga mampu menambah stamina Anda. Coba untuk banyak mengonsumi protein ini:

  • Ikan
  • kacang polong, dan
  • Sayuran

Saat Anda kenyang, maka akan berkurang pula keinginan untuk makanan cepat saji.

Susah Hindari Makan Junkfood Begini Triknya

5) Variasikan Menu Harian

Tambahkan beberapa makanan baru dan berbeda ke dalam menu makan harian Anda. Semakin banyak variasinya, semakin kecil kemungkinan Anda akan bosan atau menginginkan junkfood. Makan beragam makanan dengan berbagai warna dapat meningkatkan kesehatan dan membantu mencegah datangnya penyakit. Misalnya, kentang ungu, bit merah, wortel oranye, dan kale hijau.

Mungkin, Anda membutuhkan waktu agar benar-benar mengurangi makanan cepat saji atau junkfood bahkan menghentikannya. Tidak mengapa, asalkan cara tersebut juga benar-benar dipraktikkan dalam rutinitas Anda. Dan, rasakan perubahan terbaik untuk kesehatan badan Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.