Susah Tidur Karena Depresi Begini Cara Mengatasinya

Kesehatan

Susah Tidur Karena Depresi? Begini Cara Mengatasinya

Orang mengalami depresi secara berbeda-beda. Depresi adalah gangguan suasana hati yang disertai dengan gejala emosional dan fisik yang mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan gejala depresi pada malam hari. Depresi malam hari juga dapat membuat atau memperburuk insomnia, yang membuat Anda membuat Anda lebih sulit untuk tertidur.

Ada sejumlah penyebab yang bisa mengakibatkan depresi malam hari muncul. Salah satu penyebab umum adalah kurangnya aktivitas di malam hari. Karena pada siang hari, Anda bisa menyibukkan diri dengan pekerjaan, sekolah, atau kegiatan sosial lainnya. Namun, di malam hari, ketika Anda tidur, tidak ada apa pun kecuali Anda dan pikiran Anda.

[Baca Juga: 4 Tumbuhan Ini Bisa Bantu Penderita Insomnia]

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Melansir dari beberapa literatur, berikut rangkuman PingPoint.co.id (13/9/2019) untuk cara mengelola depresi di malam hari yang bisa pertimbangkan dan Anda coba, antara lain:

  • Bersantai setidaknya dua jam sebelum tidur. Ini memungkinkan tubuh Anda mulai melambat dan bersiap-siap untuk tidur. Tidur yang baik, penting untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan
  • Lakukan aktivitas penghilang stres. Kegiatan yang menenangkan seperti yoga dan meditasi dapat membantu Anda menghilangkan stres sebelum tidur
  • Hindari layar terang. Cobalah untuk tidak melihat layar terang setidaknya selama dua jam sebelum tidur, dan gunakan lampu yang remang-remang
  • Batasi konsumsi alkohol dan kafein. Kedua hal ini dapat meningkatkan gejala depresi. Kafein di siang hari juga dapat mengganggu tidur Anda
  • Tetapkan jadwal tidur. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari
  • Lakukan rutinitas tidur. Sertakan kegiatan santai seperti membaca atau mandi sebelum tidur. Menonton berita bukanlah rutinitas yang santai.
  • Olahraga rutin. Olahraga membantu meredakan depresi dan dapat membuat Anda lelah, sehingga menyebabkan tidur nyenyak.
  • Keluarlah di bawah sinar matahari setiap pagi. Ini membantu Anda mengatur jam biologis Anda
  • Bangunlah jika Anda tidak bisa tidur. Jangan hanya berbaring di tempat tidur memandangi langit-langit, bangun dari tempat tidur dan lakukan aktivitas yang tenang untuk sementara waktu sampai Anda merasa lelah.

Jika Anda baru saja mengalami gejala depresi atau Anda tidak sedang menjalani pengobatan, Anda harus segera menemui dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis dan membantu Anda menemukan perawatan yang tepat untuk Anda. Terlepas dari waktu saat munculnya gejala depresi, Anda harus mempertahankan rencana perawatan dan mendapatkan penanganan serta obat yang diresepkan dokter Anda. Minumlah obat secara teratur, walaupun ketika Anda merasa baik-baik saja.

[Baca Juga: Jangan Biarkan Depresi Berlarut-larut! Ikuti Tips Mengatasinya]


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.