Susah Tidur Karena Depresi Begini Cara Mengatasinya

Kesehatan

Susah Tidur Karena Depresi? Begini Cara Mengatasinya

Orang mengalami depresi secara berbeda-beda. Depresi adalah gangguan suasana hati yang disertai dengan gejala emosional dan fisik yang mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan gejala depresi pada malam hari. Depresi malam hari juga dapat membuat atau memperburuk insomnia, yang membuat Anda membuat Anda lebih sulit untuk tertidur.

Ada sejumlah penyebab yang bisa mengakibatkan depresi malam hari muncul. Salah satu penyebab umum adalah kurangnya aktivitas di malam hari. Karena pada siang hari, Anda bisa menyibukkan diri dengan pekerjaan, sekolah, atau kegiatan sosial lainnya. Namun, di malam hari, ketika Anda tidur, tidak ada apa pun kecuali Anda dan pikiran Anda.

[Baca Juga: 4 Tumbuhan Ini Bisa Bantu Penderita Insomnia]

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Melansir dari beberapa literatur, berikut rangkuman PingPoint.co.id (13/9/2019) untuk cara mengelola depresi di malam hari yang bisa pertimbangkan dan Anda coba, antara lain:

  • Bersantai setidaknya dua jam sebelum tidur. Ini memungkinkan tubuh Anda mulai melambat dan bersiap-siap untuk tidur. Tidur yang baik, penting untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan
  • Lakukan aktivitas penghilang stres. Kegiatan yang menenangkan seperti yoga dan meditasi dapat membantu Anda menghilangkan stres sebelum tidur
  • Hindari layar terang. Cobalah untuk tidak melihat layar terang setidaknya selama dua jam sebelum tidur, dan gunakan lampu yang remang-remang
  • Batasi konsumsi alkohol dan kafein. Kedua hal ini dapat meningkatkan gejala depresi. Kafein di siang hari juga dapat mengganggu tidur Anda
  • Tetapkan jadwal tidur. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari
  • Lakukan rutinitas tidur. Sertakan kegiatan santai seperti membaca atau mandi sebelum tidur. Menonton berita bukanlah rutinitas yang santai.
  • Olahraga rutin. Olahraga membantu meredakan depresi dan dapat membuat Anda lelah, sehingga menyebabkan tidur nyenyak.
  • Keluarlah di bawah sinar matahari setiap pagi. Ini membantu Anda mengatur jam biologis Anda
  • Bangunlah jika Anda tidak bisa tidur. Jangan hanya berbaring di tempat tidur memandangi langit-langit, bangun dari tempat tidur dan lakukan aktivitas yang tenang untuk sementara waktu sampai Anda merasa lelah.

Jika Anda baru saja mengalami gejala depresi atau Anda tidak sedang menjalani pengobatan, Anda harus segera menemui dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis dan membantu Anda menemukan perawatan yang tepat untuk Anda. Terlepas dari waktu saat munculnya gejala depresi, Anda harus mempertahankan rencana perawatan dan mendapatkan penanganan serta obat yang diresepkan dokter Anda. Minumlah obat secara teratur, walaupun ketika Anda merasa baik-baik saja.

[Baca Juga: Jangan Biarkan Depresi Berlarut-larut! Ikuti Tips Mengatasinya]


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.