Susah Tidur Karena Depresi Begini Cara Mengatasinya

Kesehatan

Susah Tidur Karena Depresi? Begini Cara Mengatasinya

Orang mengalami depresi secara berbeda-beda. Depresi adalah gangguan suasana hati yang disertai dengan gejala emosional dan fisik yang mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Beberapa orang mungkin mengalami peningkatan gejala depresi pada malam hari. Depresi malam hari juga dapat membuat atau memperburuk insomnia, yang membuat Anda membuat Anda lebih sulit untuk tertidur.

Ada sejumlah penyebab yang bisa mengakibatkan depresi malam hari muncul. Salah satu penyebab umum adalah kurangnya aktivitas di malam hari. Karena pada siang hari, Anda bisa menyibukkan diri dengan pekerjaan, sekolah, atau kegiatan sosial lainnya. Namun, di malam hari, ketika Anda tidur, tidak ada apa pun kecuali Anda dan pikiran Anda.

[Baca Juga: 4 Tumbuhan Ini Bisa Bantu Penderita Insomnia]

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Melansir dari beberapa literatur, berikut rangkuman PingPoint.co.id (13/9/2019) untuk cara mengelola depresi di malam hari yang bisa pertimbangkan dan Anda coba, antara lain:

  • Bersantai setidaknya dua jam sebelum tidur. Ini memungkinkan tubuh Anda mulai melambat dan bersiap-siap untuk tidur. Tidur yang baik, penting untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan
  • Lakukan aktivitas penghilang stres. Kegiatan yang menenangkan seperti yoga dan meditasi dapat membantu Anda menghilangkan stres sebelum tidur
  • Hindari layar terang. Cobalah untuk tidak melihat layar terang setidaknya selama dua jam sebelum tidur, dan gunakan lampu yang remang-remang
  • Batasi konsumsi alkohol dan kafein. Kedua hal ini dapat meningkatkan gejala depresi. Kafein di siang hari juga dapat mengganggu tidur Anda
  • Tetapkan jadwal tidur. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari
  • Lakukan rutinitas tidur. Sertakan kegiatan santai seperti membaca atau mandi sebelum tidur. Menonton berita bukanlah rutinitas yang santai.
  • Olahraga rutin. Olahraga membantu meredakan depresi dan dapat membuat Anda lelah, sehingga menyebabkan tidur nyenyak.
  • Keluarlah di bawah sinar matahari setiap pagi. Ini membantu Anda mengatur jam biologis Anda
  • Bangunlah jika Anda tidak bisa tidur. Jangan hanya berbaring di tempat tidur memandangi langit-langit, bangun dari tempat tidur dan lakukan aktivitas yang tenang untuk sementara waktu sampai Anda merasa lelah.

Jika Anda baru saja mengalami gejala depresi atau Anda tidak sedang menjalani pengobatan, Anda harus segera menemui dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis dan membantu Anda menemukan perawatan yang tepat untuk Anda. Terlepas dari waktu saat munculnya gejala depresi, Anda harus mempertahankan rencana perawatan dan mendapatkan penanganan serta obat yang diresepkan dokter Anda. Minumlah obat secara teratur, walaupun ketika Anda merasa baik-baik saja.

[Baca Juga: Jangan Biarkan Depresi Berlarut-larut! Ikuti Tips Mengatasinya]

Read More

Artikel Lainnya

Didi Kempot Puaskan Dahaga Ribuan Sobat Ambyar di PKN 2019

Berita Kawasan

Didi Kempot Puaskan Dahaga Ribuan Sobat Ambyar di PKN 2019

14 October 2019, 13:59  |  27 Views

Kemeriahan acara Pekan Budaya Nasional 2019 di warnai oleh ribuan sorakan lirik lagu “Cendol Dawet” dari “ The godfather of broken heart” Kamis malam, 11 Oktober2019.

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

Kuliner

Fogo Jakarta, AYCE Murah Buat Anda Pecinta Daging Brazil

14 October 2019, 12:00  |  19 Views

Kolaborasi hidangan daging BBQ ala Brazil dan wine menu bisa Anda nikmati sepuasnya di Fogo Jakarta. Ayo datang dan coba!

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

Kesehatan

Ini Penyebab Tangan Terasa Seperti Tersengat Listrik

14 October 2019, 11:00  |  9 Views

Pernah merasa jemari tangan Anda terasa seperti tersengat listrik? Kondisi tersebut bukan pertanda serius. Namun, mari cari tahu penyebabnya di sini.

Inilah Manfaat Kopi dan Teh untuk Kesehatan

Kuliner

Minuman Sehat dan Nikmat yang Bermanfaat Bagi Tubuh

14 October 2019, 10:00  |  10 Views

Konsumsi air putih dalam jumlah optimal, tentu membuat tubuh menjadi bugar. Namun Anda dapat melengkapinya dengan nutrisi dari sejumlah minuman sehat.


Comments


Please Login to leave a comment.