Pemkot Semarang Tutup 8 Ruas Jalan di Malam Hari Selama Pandemi

Berita Kawasan

Syarat Masuk Semarang dengan Transportasi Umum Selama Pandemi

Pemerintah Kota Semarang telah menyusun aturan dalam menanggapi kebijakan Menteri Perhubungan Budi Karya yang mengizinkan kembali transportasi umum beroperasi di tengah pandemi COVID-19.

Aturan itu terkait syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat menggunakan transportasi umum darat yang ingin masuk ke Kota Semarang. Melansir semarang.kompas.com (14/5/2020), hal ini dilakukan untuk menekan laju penyebaran COVID-19 di Kota Lumpia ini.

Syarat Masuk Kota Semarang dengan Transportasi Umum Selama Pandemi

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebut surat keterangan bebas COVID-19 menjadi salah satu syarat. “Masyarakat yang ingin masuk ke Kota Semarang menggunakan transportasi umum diwajibkan menunjukkan surat lolos rapid test COVID-19,” kata Hendi, sapaan akrab Wali Kota, saat peninjauan lapangan di titik pintu masuk Kota Semarang, pada Rabu (13/5/2020).

Artinya, sambung Hendi, yang bersangkutan dinyatakan negatif COVID-19 melalui rapid test.

Untuk memastikan mereka yang hendak masuk ke Kota Semarang tidak bertujuan mudik, surat lolos rapid test pun tak cukup. Hendi lanjut mengatakan, syarat kedua yang harus dipenuhi adalah keterangan izin dari instansi. Hal ini untuk membuktikan bahwa mereka ingin masuk ke Kota Semarang karena keperluan pekerjaan.

“Begitu ada plat B, misalnya, langsung kami instruksikan putar balik,” lanjut Hendi.

[Baca Juga: PKM Diberlakukan, Ruas Jalan Kota Semarang yang Ditutup Bertambah]

Sebelumnya, saat masa awal diberlakukannya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), syarat yang harus dipenuhi tak seketat ini. Petugas hanya mengecek suhu tubuh pengendara dan penumpang yang ingin masuk ke Kota Semarang dengan tujuan bekerja. Bagi yang mudik, tetap diminta putar balik.

“Sepanjang orang Kendal, Tegal punya urusan tidak mudik tapi mereka bekerja, kami perbolehkan masuk Semarang, dengan pembatasan sosial dengan membatasi kapasitas kendaraan 50 persen,” kata Hendi 27 April 2020 lalu.

[Baca Juga: Hari Pertama Operasional KLB, 7 Orang Turun di Stasiun Tawang Semarang]

Pria kelahiran Semarang itu pun menceritakan ada dampak baik di balik pemberlakuan PKM. Di hari ke-15 pemberlakuan PKM, Hendi menuturkan bila kasus positif COVID-19 di Kota Semarang menurun dibandingkan sebelum penerapan PKM. “Penderita COVID di kisaran angka 130 [sebelum penerapan PKM], sekarang turun menjadi 50,” ungkapnya.

Kendati demikian, Hendi tetap mewanti-wanti warganya untuk tetap menerapkan physical distancing dan menjaga kebersihan sesuai protokol kesehatan. Hal ini karena jumlah kasus positif COVID-19 di Jawa Tengah masih tinggi.

Syarat Masuk Kota Semarang dengan Transportasi Umum Selama Pandemi

Melalui situs siagacorona.semarangkota.go.id, hingga Kamis, 14 Mei 2020 pukul 11.12 WIB, terdapat 53 pasien positif COVID-19 di Kota Semarang. Sebanyak 44 pasien positif masih dalam perawatan dan 9 lainnya menjalani perbaikan klinis. Lewat situs tersebut, Pemkot Semarang memisahkan data pasien yang masih dinyatakan positif COVID-19 dengan data kasus positif secara keseluruhan. Jumlah pasien positif yang dinyatakan sembuh sejak pandemi sebanyak 211 orang, sementara 30 orang meninggal dunia.

Meski kini pasien positif berjumlah di angka puluhan, Pemkot Semarang masih menggalakkan rapid test di sejumlah titik kota, seperti pasar rakyat dan jalur padat kendaraan bermotor. Seperti dikutip dari semarangkota.go.id (14/5/2020), Hendi mengatakan rapid test dilakukan agar Pemkot Semarang dapat melakukan pemetaan wilayah secara lebih spesifik bila ditemukan adanya warga yang berpotensi terkonfirmasi positif COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 6 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88 <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>