Tagihan Air Kota Malang Digratiskan Selama Dua Bulan

Bisnis

Tagihan Air Kota Malang Digratiskan Selama Dua Bulan

Pemkot Malang telah resmi membebaskan tarif retribusi dan tagihan air bagi pedagang pasar rakyat, penghuni rusunawa, hingga pelanggan kelas 1 PDAM Kota Malang atau Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Tarif retribusi dan tagihan air akan digratiskan selama dua bulan yang telah dikaji sesuai dengan kondisi pandemi COVID-19.

"Sudah saya tandatangani tadi, dan besok sudah efektif dijalankan," kata Wali Kota Malang Sutiaji. Seperti dilansir laman malangtimes (17/04/2020).

Lebih lanjut Sutiaji menjelaskan, pembebasan tersebut sebelumnya telah dikaji sesuai dengan kondisi pandemi COVID-19-19 karena kondisi pasar yang sepi.

Tagihan Air Kota Malang Digratiskan Selama Dua Bulan

Selain itu, penghuni rusunawa juga termasuk salah satu yang terdampak pandemi COVID-19. Khusus untuk pembebasan biaya langganan air PDAM Kota Malang hanya dikhususkan bagi pelanggan kelas 1.

"Untuk pelanggan PDAM kelas satu yang dibebaskan ada 33 persen dari total pelanggan, atau tepatnya 53.336 sambungan rumah (SR)," ucapnya.

[Baca Juga: Ini Posko Check Point di Kabupaten Malang]

Sutiaji menuturkan, masa pembebasan biaya air bersih bagi pelanggan PDAM kelas 1 berlaku selama dua bulan. Artinya penggunaan bulan April akan diberikan pembebasan saat masa tagih bulan Mei. Begitu juga dengan penggunaan air di bulan Mei yang akan dibebaskan pada periode bayar bulan berikutnya. Pembebasan biaya itu dipastikan tidak akan mengurangi jenis layanan yang diberikan.

Seluruh layanan akan diberikan maksimal sebagaimana saat retribusi dan biaya tagihan diberikan. Terutama bagi pelanggan air bersih.

Adapun potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dipastikan berkurang lantaran adanya pembebasan retribusi, Sutiaji menegaskan jika hal itu telah diantisipasi.

[Baca Juga: Pemkot Malang Ajukan Surat Permohonan untuk PSBB]

"Sudah pasti PAD memang turun, tapi kami sudah memiliki skema prioritas. Jadi pembebasan retribusi tetap dijalankan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang, Wahyu Setianto mengatakan pembebasan retribusi pasar terhitung mulai tanggal 17 April 2020 sampai dengan akhir Mei 2020.

“Kurang lebih ada enam ribu pedagang yang tersebar di 27 pasar rakyat di Kota Malang dan paling banyak pedagang Pasar Besar Malang, sekitar 3.500 pedagang," terang Wahyu.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.