Tahun 2019 Ini, Ujian Nasional Tetap Berbasis Komputer

Pendidikan

Tahun 2019 Ini, Ujian Nasional Tetap Berbasis Komputer

Di tahun 2019 ini, pemerintah masih menggunakan model Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Hal tersebut sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), beserta direktorat terkait di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menukil laman bsnp-indonesia.org (22/12/2018), Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad menegaskan pentingnya penerapan prinsip berbasis sumber (resource sharing) untuk perluasan pelaksanaan UNBK. Pelaksanaan berbagi sumber dapat dilakukan antarjenjang (SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK), atau antarjalur pada pendidikan formal dan nonformal.

[Baca Juga: Ini Sekolah yang Mencetak Lulusan Tenaga Siap Kerja]

Dia juga menekankan supaya dalam melakukan prinsip berbagi sumber, tidak terjadi transaksional yang memberatkan peserta UN. Selain itu, diharapkan Dinas Pendidikan mengawal penerapan prinsip berbagi sumber ini.

“Sehingga tidak ada praktik penarikan biaya yang memberatkan peserta didik atau satuan pendidikan. Target pelaksanaan UNBK untuk SMK dan SMA adalah 100 persen, sedangkan untuk SMP 85 persen,” katanya dalam sosialisai kebijakan UN di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Selatan (21/12/2018).

Sementara itu, Direktur Jenderal PAUD dan DIKMAS Harris Iskandar mengatakan, pelaksanaan UNBK untuk pendidikan kesetaraan program paket C dan paket B telah mencapai 97 persen pada tahun 2018. Target pelaksanaan UNBK pada 2019 sebesar 100 persen.

“Target ini bisa dicapai jika penerapan prinsip berbagi sumber dioptimalkan dengan menggunakan infrastuktur yang dimiliki sekolah formal,” ucap Harris.

Terkait dengan UN yang tidak lagi menentukan kelulusan, Harris mengatakan bahwa UN bagi peserta didik pada pendidikan kesetaraan berfungsi sebagai ujian penyetaraan. Oleh karena itu, jumlah mata pelajaran yang diujikan dalam UN untuk pendidikan kesetaraan lebih banyak daripada mata pelajaran yang diujikan ada pendidikan formal.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menyampaikan, pelaksanaan UN pada tahun 2019 dimulai pada akhir Maret, yaitu tanggal 25-28 Maret untuk SMK/MAK. UN SMA/MA dilaksanakan pada tanggal 1,2,4, dan 8 April 2019.

UN Program Paket C dilaksanakan pada tanggal 12-16 April 2019. Sedangkan UN SMP/MTs dilaksanakan pada tanggal 22-25 April 2019. Adapun UN Program Paket B/Wustha dilaksanakan pada tanggal 4, 5 dan 12 Mei 2019.

[Baca Juga: Sekolah Rakyat Ancol, Pendidikan untuk Anak Kurang Mampu]

Meskipun moda UNBK telah menjadi moda utama dalam pelaksanaan UN, karena keterbatasan infrastruktur, masih ada UN Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), namun jumlahnya relatif sedikit. Seluruh proses pelaksanaan UNKP menjadi tanggung jawab LPMP.

“LPMP bertanggungjawab secara keseluruhan terhadap pelaksanaan UNKP, mulai dari penyiapan bahan sampai ke pemindaian. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan LPMP untuk menjadi testing center di masa depan,” ucap Bambang.

Read More


Artikel Lainnya

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

Bisnis

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

20 June 2019, 10:00  |  11 Views

MMA sebentar lagi menggelar penghargaan Smarties, asosiasi ini mengajak pengusaha lokal di Indonesia untuk ikut dalam perhelatan tersebut.

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

Kesehatan

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

20 June 2019, 11:00  |  13 Views

Kanker masih jadi penyakit yang menyeramkan di Indonesia. Kenali kanke rotak lebih dalam agar bisa ditangani dengan tepat.

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

Berita Kawasan

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

20 June 2019, 09:00  |  10 Views

Kelas Berlari MILO merupakan wadah bagi para peserta khususnya pelari pemula untuk mempersiapkan diri mengikuti MILO Jakarta International 10K.

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Bekerjasama Memajukan Wilayah Jakarta Timur

Berita Kawasan

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Kerjasama Majukan Wilayah Jakarta Timur

20 June 2019, 12:00  |  4 Views

Pemkot Jaktim menerima audiensi PT. JIEP pada 17 Juni 2019. Kedua pihak membahas penataan kota demi bersama memajukan wilayah kota Jakarta Timur.


Comments


Please Login to leave a comment.