Tahun 2019 Ini, Ujian Nasional Tetap Berbasis Komputer

Pendidikan

Tahun 2019 Ini, Ujian Nasional Tetap Berbasis Komputer

Di tahun 2019 ini, pemerintah masih menggunakan model Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Hal tersebut sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), beserta direktorat terkait di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menukil laman bsnp-indonesia.org (22/12/2018), Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad menegaskan pentingnya penerapan prinsip berbasis sumber (resource sharing) untuk perluasan pelaksanaan UNBK. Pelaksanaan berbagi sumber dapat dilakukan antarjenjang (SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK), atau antarjalur pada pendidikan formal dan nonformal.

[Baca Juga: Ini Sekolah yang Mencetak Lulusan Tenaga Siap Kerja]

Dia juga menekankan supaya dalam melakukan prinsip berbagi sumber, tidak terjadi transaksional yang memberatkan peserta UN. Selain itu, diharapkan Dinas Pendidikan mengawal penerapan prinsip berbagi sumber ini.

“Sehingga tidak ada praktik penarikan biaya yang memberatkan peserta didik atau satuan pendidikan. Target pelaksanaan UNBK untuk SMK dan SMA adalah 100 persen, sedangkan untuk SMP 85 persen,” katanya dalam sosialisai kebijakan UN di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Selatan (21/12/2018).

Sementara itu, Direktur Jenderal PAUD dan DIKMAS Harris Iskandar mengatakan, pelaksanaan UNBK untuk pendidikan kesetaraan program paket C dan paket B telah mencapai 97 persen pada tahun 2018. Target pelaksanaan UNBK pada 2019 sebesar 100 persen.

“Target ini bisa dicapai jika penerapan prinsip berbagi sumber dioptimalkan dengan menggunakan infrastuktur yang dimiliki sekolah formal,” ucap Harris.

Terkait dengan UN yang tidak lagi menentukan kelulusan, Harris mengatakan bahwa UN bagi peserta didik pada pendidikan kesetaraan berfungsi sebagai ujian penyetaraan. Oleh karena itu, jumlah mata pelajaran yang diujikan dalam UN untuk pendidikan kesetaraan lebih banyak daripada mata pelajaran yang diujikan ada pendidikan formal.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menyampaikan, pelaksanaan UN pada tahun 2019 dimulai pada akhir Maret, yaitu tanggal 25-28 Maret untuk SMK/MAK. UN SMA/MA dilaksanakan pada tanggal 1,2,4, dan 8 April 2019.

UN Program Paket C dilaksanakan pada tanggal 12-16 April 2019. Sedangkan UN SMP/MTs dilaksanakan pada tanggal 22-25 April 2019. Adapun UN Program Paket B/Wustha dilaksanakan pada tanggal 4, 5 dan 12 Mei 2019.

[Baca Juga: Sekolah Rakyat Ancol, Pendidikan untuk Anak Kurang Mampu]

Meskipun moda UNBK telah menjadi moda utama dalam pelaksanaan UN, karena keterbatasan infrastruktur, masih ada UN Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), namun jumlahnya relatif sedikit. Seluruh proses pelaksanaan UNKP menjadi tanggung jawab LPMP.

“LPMP bertanggungjawab secara keseluruhan terhadap pelaksanaan UNKP, mulai dari penyiapan bahan sampai ke pemindaian. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan LPMP untuk menjadi testing center di masa depan,” ucap Bambang.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.