PPDBOK.jpg

Pendidikan

Tahun Ajaran Baru, Disdik Semarang Bersiap Buka Pendaftaran Sekolah

Menjelang tahun ajaran baru 2021/2022, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang telah bersiap menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat TK, SD dan SMP se Kota Semarang. Pendaftaran PPDB akan dilakukan secara online mulai akhir Juni 2021 mendatang. Untuk menunjang kegiatan ini, Disdik Kota Semarang telah meng-update kapasitas server demi kelancaran pendaftaran nanti.

Gunawan Saptogiri SH MH selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang mengatakan bahwa telah ada penambahan server yang aman untuk PPBD dan telah pula dicek oleh Irjen Kementerian Pendidikan. Demi kelancaran PPDB, Disdik Kota Semarang juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Sosial (Dinsos) dan beberapa instansi serta lembaga terkait. "PPDB TK, SD dan SMP tidak ada pemberkasan tinggal masukan NIK nanti akan muncul nilai-nilai zonasi, lingkungan dan prestasi. Kami koordinasi dengan Dispendukcapil, Dinas Sosial dan lembaga terkait untuk sinkronasi data," ungkap Gunawan seperti dilansir dari semarangkota.go.id (27/5/2021).

PPDBOK2.jpg

Nantinya pelaksanaan PPDB akan diawali dengan Pra PPDB. Jadwal Pra PPDB untuk tingkat TK dan SD akan dimulai pada 13-18 Juni 2021, untuk tingkat SMP dimulai 20-25 Juni 2021. Sedangkan jadwal pelaksanaan PPDB untuk tingkat TK dan SD digelar pada tanggal 26-29 Juni 2021 dan tingkat SMP dilangsungkan tanggal 27-30 Juni 2021. "Penilaian PPDB nanti terkait zonasi, lingkungan dan prestasi. Tetapi bagi yang tidak lolos sekolah negeri, peserta didik masih dapat mengakses bantuan pemerintah. Selain sekolah negeri, sekolah swasta juga ada yang sudah digratiskan biaya SPP nya," ujar Gunawan.

[Baca Juga: Sambut Tahun Ajaran Baru, RSIA Mawar Tawarkan Antigen Harga Khusus Pelajar]

Proses belajar mengajar tahun ajaran 2021/2022 ini direncanakan digelar secara tatap muka. Seluruh TK, SD dan SMP Negeri diharapkan dapat menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) dengan protokol kesehatan yang ketat. Kapasitas kelas untuk pelaksanaan PTM akan dibatasi maksimal 50 persen dari daya tampung kelas. Seperti percobaan PTM yang telah berjalan, nantinya akan ada evaluasi berkala selama masa pandemi Covid-19. "SD, SMP direncanakan masuk 12 Juli 2021. Nanti ada PTM tahap 3. Bagi sekolah yang ingin mengelar PTM silahkan mengajukan ke disdik," tambahnya.

PTM di Semarang

Novita, salah satu orang tua murid mengungkapkan sedikit mengalami kesulitan dalam mencari informasi tentang penerimaan murid baru tahun ajaran 2021/2022 khusus untuk siswa pindahan. Ia mengatakan bahwa nanti di tahun ajaran baru, putrinya yang berada di kelas 1 SD akan pindah ke kota Semarang setelah sebelumnya bersekolah di Kalimantan Selatan. “ Tahun ajaran ini anakku naik kelas 2 SD, udah tanya ke beberapa sekolah negeri kuota Full, soalnya kalau di Negeri itu biarpun cuma nambah satu, kalo quota kelas penuh, ngga bisa diterima”, ujarnya kepada Pingpoint.co.id melalui pesan whatsapp (27/5/2021).

Wanita berkaca mata ini mengaku bahwa sampai saat ini ia mencoba mencari beberapa referensi sekolah swasta yang berada di sekitar Semarang Timur yang biasanya masih memiliki quota untuk siswa pindahan seperti putrinya. Ia berharap pada tahun ajaran baru nanti, anaknya bisa bersekolah tatap muka kembali setelah setahun dihabiskan dengan pembelajaran daring.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.