Tahun Depan! Pusat Informasi Sahabat Anak Ditargetkan Hadir di Kota Malan g.jpg

Pendidikan

Tahun Depan! Pusat Informasi Sahabat Anak Ditargetkan Hadir di Kota Malang

Dengan semakin majunya teknologi, informasi bisa didapatkan dengan lebih mudah serta cepat secara digital dengan bantuan internet. Walau banyak sisi positifnya untuk para pelajar agar mereka bisa lebih mudah mengakses pelajaran hingga membantu proses pengerjaan tugas tapi di sisi lain terdapat efek negatif dari “banjirnya” informasi tersebut. Melihat kondisi ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berupaya melakukan tindakang preventif dengan rencana mendirikan layanan Pusat Informasi Sahabat Anak atau PISA di tahun depan.

Pemkot Malang mengungkapkan, PISA menjadi langkah mereka untuk menindaklanjuti Surat Edaran dari Pemerintah Pusat serta Perpustakaan Nasional RI mengenai hadirnya PISA di perpustakaan umum di daerah Tanah Air. Rencana ini pun terus dimatangkan untuk direalisasikan di Tahun 2023 oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang.

Tahun Depan! Pusat Informasi Sahabat Anak Ditargetkan Hadir di Kota Malang.jpg

Dari sisi persiapannya, Dispussipda Kota Malang tengah memastikan sarana dan prasarana di perpustakaan daerahnya memang sesuai untuk menjadi PISA. “Secara umum beberapa hal sudah kami lakukan di Perpustakaan Umum Daerah Kota Malang, seperti penyediaan tempat bermain anak. Untuk sarana dan prasarana kami sudah siap, akan tetapi untuk rencana diluncurkan di tahun depan,” tutur Kepala Bidang Pengembangan dan Pelayanan Dispussipda Kota Malang Endang Purwanti, sebagaimana dikutip dari Malangkota.go.id (2/8/2022).

Sesuai namanya, jika PISA sudah diluncurkan nanti maka informasi yang ada di sini dipastikan memang layak untuk anak-anak dan telah dikategorikan sesuai usia. Oleh karena itu petugas di pusat layanan informasi ini wajib untuk bergerak dalam menyaring informasi yang beredar agar memang layak anak. Contoh aspek yang dipastikan disaring adalah hal-hal yang berhubungan dengan pornografi serta radikalisme.

[Baca Juga: Dipa Learning Center, Pilihan Pendidikan Informal di Kota Malang]

PISA juga nantinya akan menaungi beragam layanan untuk anak-anak di Kota Malang. Di mana Dispussipda menggandeng dinas lainnya di Pemkot Malang untuk memberikan berbagai informasi mengenai hak-hak anak bahkan termasuk pengurusan pembuatan akta lahir. Anak-anak juga bisa datang ke Pusat Informasi Sahabat Anak yang nantinya direncanakan hadir di Taman Baca Masyarakat serta perpustakaan keliling dan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti tempat bermain, tempat kreativitas, layanan konsultasi, sampai menggunakan komputer edukasi.


Read More

Artikel Lainnya

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus.jpg

Bisnis

Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus

16 August 2022, 11:22

Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.


Comments


Please Login to leave a comment.