Tak Banyak yang Suka, Acar Fermentasi Miliki Manfaat untuk Kesehatan

Kesehatan

Tak Banyak yang Suka, Acar Fermentasi Miliki Manfaat Kesehatan

Acar merupakan sajian yang dibuat dengan sayur yang difermentasikan. Di Indonesia, acar biasanya menggunakan mentimun, wortel, cabai rawit, dan bawang merah. Karena proses fermentasi, acar menghasilkan rasa asam kecut. Apalagi biasanya acar di Indonesia menggunakan banyak cuka saat proses mengolahnya.

Namun sayangnya, banyak orang yang kurang menyukai makanan pendamping ini dikarenakan cita rasanya yang kecut. Memang rasa asam tak bisa cocok di semua lidah. Fermentasi sayuran ini bertujuan untuk mengawetkan makanan agar umur simpannya lebih tahan lama.

Tak Banyak yang Suka, Acar Fermentasi Miliki Manfaat untuk Kesehatan

Makanan fermentasi ini bukan hanya ada di Indonesia, salah satu makanan fermentasi yang populer di dunia adalah Kimchi. Acar sawi putih yang diberikan bumbu cabai merah asal Korea Selatan. Kimchi merupakan salah satu acar fermentasi yang sempat didapuk menjadi makanan paling sehat di dunia. Di Korea jenis acar juga lebih banyak, selain sawi putih, ada juga yang terbuat dari lobak, kucai, timun, daun wijen, dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Wisata Kuliner Bogor Tidak Lengkap Tanpa 3 Asinan Ini]

Melansir dari beberapa sumber, acar fermentasi memang memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, misalnya vitamin B yang bermanfaat untuk mengubah makanan jadi energi untuk tubuh. kemudian ada pula vitamin A yang bagus untuk penglihatan, sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, membantu mengontrol gula darah, dan lainnya.

Sebuah penelitian membuktikan, mengonsumsi acar mampu mengurangi kadar glukosa darah postprandial dan puasa pada orang dewasa yang berisiko terkena diabetes tipe 2. Karena telah melewati proses fermentasi, acar juga mengandung probiotik atau bakteri baik yang memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk kulit dan tubuh. Dalam beberapa penelitian bahkan menyebutkan jika acar juga mampu mencegah kanker kolorektal atau kanker usus.

[Baca Juga: Benarkah Cuka Apel Bisa Menurunkan Berat Badan?]

Hal serupa juga disebutkan Marketing Manager Nusantara Pasific Adhi Putra Tawakal saat jumpa pers di Grain Trades di World Trade Centre, Jakarta Selatan (6/11/2019). Menurut Adhi, proses fermentasi acar justru baik untuk pencernaan sehingga baik untuk kesehatan. “Kebanyakan orang Indonesia justru tidak suka acar karena asam kecut. Padahal manfaatnya banyak sekali untuk tubuh,” ujar Adhi.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.