Tak Cukup Bantuan Sembako, Perempuan Anak Ada Kebutuhan Khusus

Kesehatan

Tak Cukup Bantuan Sembako, Perempuan & Anak Ada Kebutuhan Khusus

Bantuan sosial berupa sembako sudah digulirkan di banyak wilayah selama pandemi COVID-19. Namun, masyarkat, khususnya anak-anak dan perempuan butuh dari sekadar bantuan sembako yang juga harus dipenuhi.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), dalam keterangan tertulisnya menyebutkan terdapat kebutuhan spesifik bagi kelompok anak usia 0-2 tahun, 3-4 tahun, 5-10 tahun, dan 10-17 tahun, serta anak yang memerlukan perlindungan khusus.

Kelima kelompok anak tersebut membutuhkan tambahan pemenuhan gizi dan nutrisi untuk proses tumbuh kembangnya, seperti kacang hijau, vitamin, dan susu (khusus untuk anak di atas 2 tahun). Selain itu, mereka pun membutuhkan popok (bagi bayi di bawah 2 tahun), sabun antiseptik, dan pembalut bagi perempuan dan remaja putri.

Tak Cukup Bantuan Sembako, Perempuan Anak Ada Kebutuhan Khusus

Selain anak-anak, Kemen PPPA juga menuturkan ada tiga kelompok perempuan yang memerlukan kebutuhan spesifik di masa pandemi COVID-19. Mereka adalah perempuan disabilitas, perempuan lansia, dan perempuan kepala keluarga.

Perempuan kepala keluarga membutuhkan sabun, masker, suplemen, sarung tangan, susu, dan popok. Sementara perempuan disabilitas dan lansia membutuhkan komoditi yang sama seperti perempuan kepala keluarga, tetapi dengan tambahan popok.

Sebagai wujud memenuhi kebutuhan kepada anak-anak dan perempuan dari kalangan yang kurang mampu atau pra-sejahtera, Kemen PPPA telah membagikan kebutuhan spesifik tersebut kepada 1.134 orang yang di wilayah DKI Jakarta pada Jumat (8/5/2020).

[Baca Juga: Kemen PPPA: Anak Pelaku Kejahatan Juga Korban]

Bantuan ini adalah tahap awal yang didistribusikan Kemen PPPA. “Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memastikan hak perempuan dan anak terpenuhi. Kegiatan ini terlaksana atas dukungan para mitra dan jejaring kerja Kemen PPPA. Selama ini pemenuhan bantuan-bantuan yang sifatnya umum seperti sembako sudah ada. Nah, untuk bantuan sangat spesifik yang kami berikan hari ini fokus dulu di DKI Jakarta. Hari ini baru tahap pertama, menyusul tahap-tahap berikutnya juga akan diberikan bagi perempuan dan anak kelompok rentan lainnya,” jelas Menteri PPPA Bintang Puspayoga dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (8/5/2020).

Bintang berharap masyarakat luas, dunia usaha, tokoh adat dan agama, serta pemerintah menyadari bahwa kebutuhan anak dan perempuan bukanlah kebutuhan pokok saja, tetapi ada pula kebutuhan spesifik yang harus dipenuh. Hal ini karena kelompok anak tertentu masih mengalami proses tumbuh kembang. Perempuan remaja perlu dipenuhi kebutuhan kesehatan reproduksinya, pun begitu dengan perempuan lansia yang memiliki kebutuhan spesifik lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.