Tak Hanya Bikin Sehat, Buah-buah Ini Tangkal Alzheimer saat Tua Nanti

Kesehatan

Tak Hanya Bikin Sehat, Buah-buahan Ini Bisa Tangkal Alzheimer

Buah blueberry, apel menjadi makanan pelengkap saat mengosumsinya dengan oat sebagai makanan sehat yang dikonsumsi banyak orang. Tak hanya itu, ada suatu penelitian yang telah menemukan bahwa mengonsumsi buah beri, apel, maupun pir dapat membantu menangkal penyakit Alzheimer.

Melansir laman bicycling.co.za (04/06/2020). Dalam studi yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan, buah yang mengandung antosianin tinggi, seperti beri dan anggur merah. Flavonol di dalam buah apel dan teh, maupun yang mengandung polimer, seperti apel dan teh jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan Alzheimer.

Tak Hanya Bikin Sehat, Buah-buah Ini Tangkal Alzheimer saat Tua Nanti

Kandungan flavonoid dapat meningkatkan kesehatan otak yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke otak serta mendorong pembentukan neuron baru di otak.

Jadi, hanya mengonsumsi sedikit makanan seperti berry, pir, apel, bahkan teh setiap hari atau setiap minggu bermanfaat untuk kesehatan otak. Terutama pada teh hitam dan hijau yang memiliki kandungan flavanoid yang tinggi.

[Baca Juga: Ketahui Perbedaan Demensia dan Alzheimer, Penyakit Penyebab Pikun]

Selain itu, mengonsumsi makanan ini mencegah risiko demensia yang mulai akan meningkat di atas usia 50-an.

Ilmuwan senior dan pemimpin tim dari Tim Epidemiologi Gizi di Pusat Penelitian Nutrisi Manusia mengenai aging di Tufts University Studi Paul Jacques, Sc.D., menjelaskan, para peneliti dapat menilai pola makan sehat saat usia muda sebelum timbulnya Alzheimer atau Demensia lebih baik dibandingkan saat memasuki usia rentan Alzheimer maupun Demensia.

Tak Hanya Bikin Sehat, Buah-buah Ini Tangkal Alzheimer saat Tua Nanti

"Oleh karena itu, temuan kami menunjukkan bahwa diet di usia paruh baya dan di usia yang lebih tua berkenaan dengan penyakit Alzheimer dan risiko demensia," ucapnya.

Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan Alzheimer, sementara melengkapi konsumsi dengan kandungan flavonol, anthocyanin, dan polimer ke dalam diet Anda pada usia berapa pun dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Ditambah, para peneliti menemukan bahwa perubahan kecil pada diet pada usia berapa pun dapat bermanfaat.

“Diet memengaruhi banyak aspek kesehatan saat usia tua, termasuk risiko penyakit Alzheimer. Dan, berapa pun usianya ada banyak manfaat potensi kesehatan saat melakukan perubahan diet yang lebih sehat, termasuk dengan sering mengonsumsi asupan flavonoid yang lebih tinggi,” jelas Jacques.

[Baca Juga: Melawan Alzheimer dengan Line Dance]


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.