Sebelum Virus Corona, Ini 2 Penyakit yang Viral Beberapa Tahun Terakhir MERS

Kesehatan

Tak Hanya COVID-19, Biaya Penyakit Ini Juga Ditanggung Negara

Negara menanggung seluruh biaya perawatan pasien COVID-19. Namun, tidak hanya untuk penyakit itu, negara juga menanggung biaya perawatan pasien Penyakit Infeksi Emerging (PIE). Hal ini dinyatakan Kementerian Kesehatan dalam situs resminya kemkes.go.id. Melansir situs resmi Kemenkes tersebut (13/3/2020), jika Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkonfirmasi positif menderita PIE lewat pemeriksaan laboratorium, maka seluruh biaya perawatannya akan ditanggung negara.

Penyakit yang termasuk dalam PIE berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2016 di antaranya Poliomielitis, Middle East Respiratory Syndrome (MERS), Ebola, Flu burung, Demam kuning, Demam lassa, Demam cengo, Meningitis meningokokus, penyakit yang disebabkan virus hanta, penyakit yang disebabkan virus nipah, serta Penyakit Infeksi Emerging baru. Dalam hal ini, COVID-19 merupakan PIE baru.

[Baca Juga: Biaya Pasien Corona Tidak Ditanggung BPJS, tapi Anggaran Kemenkes]

Dana yang digunakan pemerintah untuk membiayai pengobatan pasien PIE bersumber dari anggaran Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, dan/atau sumber dana lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Lebih rinci dijelaskan dalam Permenkes Nomor 59 Tahun 2016, biaya yang ditanggung oleh negara di antaranya:

  1. Biaya administrasi pelayanan
  2. Pelayanan dan perawatan di IGD
  3. Ruang isolasi
  4. Ruang ICU dan jasa dokter
  5. Pemeriksaan penunjang diagnostik (laboratorium dan radiologi) sesuai dengan indikasi medis
  6. Obat-obatan
  7. Alat kesehatan dan bahan medis habis pakai
  8. Rujukan
  9. Pemulasaran atau perawatan jenazah (kantung jenazah, peti jenazah, transportasi, dan penguburan).

Mengenal Penyakit yang Disebabkan Virus Mirip COVID-19

Mengutip who.int (13/3/2020), virus yang menyebabkan penyakit MERS merupakan satu keluarga dengan virus yang menyebabkan penyakit COVID-19, yaitu Virus Corona. Hasil investigasi menunjukkan pada mulanya virus yang sebabkan MERS menular dari Unta Dromedari ke manusia.

[Baca Juga: Ini Arti Dari Istilah 'Super-Spreader' Virus Corona]

Sama halnya dengan COVID-19, penyakit-penyakit tersebut jika tidak ditangani berpotensi menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB), bahkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD). COVID-19 sendiri statusnya bukan lagi wabah atau KLB, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret lalu mendeklarasikan penyakit yang disebakan virus SARS-CoV-2 ini sebagai pandemi. Hal ini karena penyebarannya terjadi di banyak negara di seluruh dunia.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.