peternak kerbauOK2.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sapi, Kerbau Juga Diburu Sebagai Hewan Kurban

Jelang seminggu menuju perayaan hari besar Iduladha 1442 H yang akan diperingati pada 20 Juli 2021 mendatang, mulai tampak geliat masyarakat untuk membeli hewan kurban seperti sapi atau kambing. Sebagian besar masyarakat memilih untuk membeli hewan kurban Kambing atau Sapi yang memang telah umum dijadikan daging kurban. Namun, ada beberapa daerah yang lebih memilih Kerbau sebagai hewan kurban karena alasan tertentu. Salah satu pedagang kerbau yang juga tengah kebanjiran permintaan hewan kurban adalah Unarti, seorang peternak kerbau di Kampung Kebo Sodong, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Mijen.

Unarti mengaku bahwa mendekati hari raya Iduladha, kerbau yang diternakannya mendapat banyak pesanan. Kerbau hasil peternak lokal kota Semarang ini kebanyakan dibeli oleh warga Demak dan Kudus. “Saya jual satu ekor kerbau saja saat Idul Adha tahun ini karena tidak ada kebutuhan mendesak. Sebenarnya ada beberapa yang memesan, tapi yang siap jual baru satu,” ujar Unarti dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (14/7/2021).

peternak kerbauOK.jpg

Moment Iduladha ini merupakan waktu yang tepat bagi peternak kerbau untuk menjual hewan ternaknya. Kerbau yang dijual sebagai hewan kurban biasanya adalah kerbau jantan yang usianya telah sesuai dengan syarat hewan kurban. Harga yang ditawarkan untuk satu ekor kerbau berkisar antara Rp10 juta hingga Rp15 juta. Tinggi rendahnya harga tergantung pada besar kecil serta jenis kelamin kerbau. Harga kerbau jantan biasanya berkisar antara Rp13-15 juta, berbeda dengan kerbau betina yang memiliki harga lebih rendah yaitu sekitar Rp12 juta. “Kalau saya jual Rp13 juta untuk kerbau lumayan gemuk usia hampir 2 tahun,” ungkap Unarti.

Menurut Unarti, biasanya peternak kerbau tidak menjual hewan ternaknya pada saat Iduladha saja, seringnya mereka menjual kerbau karena kebutuhan yang mendesak. Bahkan Unarti mengaku menjual kerbaunya ketika ada kebutuhan seperti biaya sekolah anak, perbaikan rumah dan kebutuhan lainnya. Tak berbeda dengan Unarti, Rohyani juga menjual Kerbau hasil ternaknya pada saat ada kebutuhan mendesak saja. “Saya tidak melihat momen untuk penjualan. Entah hari raya atau apa kalau butuh ya jual saja. Ndilalah (kebetulan) Iduladha tahun ini ada orang pesan 1 ekor pejantan, harga cocok jadi saya lepas,” ungkap Rohyani.

peternak kerbauOK3.jpg

Rohyani lebih memilih beternak kerbau daripada Sapi atau Kambing karena alasan tertentu. Menurut Rohyani perawatan kerbau lebih mudah dibandingkan Sapi, karena hanya diberi makan rumput sawah, jerami dan rumput gajah sebagai vitamin. Memelihara kerbau juga menghasilkan keuntungan yang lumayan besar ketika dijual. Ia mula-mula membeli satu ekor kerbau berusia 5 bulan, setelah dirawat selama delapan bulan menghabiskan modal Rp7 juta. Ketika ada pembeli dan penawaran bagus, kerbau bisa dilepas dengan harga Rp12 juta.

Sistem penjualan Kerbau ini berbeda dengan penjualan hewan kurban pada umumnya. Penjual Kerbau dan pembelinya tidak bisa langsung bertemu untuk melakukan transaksi, melainkan melalui perantara yang disebut blantik. Biasanya menjelang Iduladha blantik akan memamerkan beberapa kerbau didepan kampung layaknya dealer agar pembeli dapat langsung melihat. Sayangnya tahun ini penjualan Kerbau terkendala karena blantik yang biasanya menjadi perantara telah meninggal seminggu yang lalu.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.