Tak Hanya Sekadar Investasi, East Ventures Terus Dorong Pendanaan Berkelanjutan.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Investasi, East Ventures Terus Dorong Pendanaan Berkelanjutan

East Ventures merupakan salah satu perusahaan modal ventura/venture capital (VC) ternama di Asia Tenggara dengan sudah lebih dari 200 perusahaan startup yang disuntikkan modal tahap awal dan lanjutan sejak VC itu berdiri di tahun 2009. Menariknya, perusahaan yang menerapkan investasi di seluruh sektor di Tanah Air ini juga memiliki komitmen bahwa pendanaannya bukan hanya sekadar investasi demi mencari profit semata tapi juga memiliki nilai keberlanjutan dalam bidang Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST) atau yang populer di Barat dengan istilah ESG (Environmental, Social, and Governance). Komitmen ini direalisasikan dengan perilisan laporan Sustainability Report 2022 dari East Ventures.

Bagi East Ventures pendanaan yang sesuai dengan kerangka kerja serta praktik dari LST pada dasarnya dalam rangka membentuk masa depan yang berkelanjutan serta inklusif di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Karena bagi perusahaan modal ventura ini, pendanaan yang dikucurkannya diarahkan agar dapat membantu keberlanjutan di Indonesia yang dapat mendorong ekonomi inklusif untuk masyarakat. Dari sisi pendanaan sendiri, East Ventures mencatat sekitar USD$86 miliar Gross Merchandise Value tahunan dan USD$6,7 miliar untuk pendanaan lanjutan.

Tak Hanya Sekadar Investasi, East Ventures Terus Dorong Pendanaan Berkelanjuta n.jpg

“Kami senang meluncurkan laporan ini sebagai bagian dari komitmen kami menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan inklusif. Kami percaya konektivitas digital beririsan dengan keberlanjutan, di mana keberlanjutan merupakan pondasi dan pendorong utama untuk pertumbuhan ekonomi dan dalam meningkatkan penghidupan banyak orang pada berbagai negara. Keberlanjutan telah menjadi inti dari semua hal yang kami lakukan, dan kami yakin laporan ini akan memberikan pedoman yang dapat diterapkan oleh semua pihak terkait dalam praktik sehari-hari mereka,” ungkap Venture Partner East Ventures Avina Sugiarto, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (20/4/2022).

Komitmen dari East Ventures juga semakin diperkuat saat Avina menghadiri kegiatan webinar How Venture Capital is Creating an Inclusive and Sustainable Future for Southeast Asia melalui Zoom pada 20 April 2022. Di mana dalam webinar ini turut hadir juga perusahaan startup Aruna yang merupakan salah satu startup yang diberikan pendanaan East Ventures dan menjadi representasi dari realisasi terkait investasi berbasis ESG.

[Baca Juga: East Ventures Sponsori 2 Kompetisi Selancar Terbesar Tanah Air]

Sekadar informasi, Aruna merupakan perusahaan startup dengan fokus bisnisnya adalah menghadirkan platform terintegrasi bagi para nelayan yang di mana selain untuk membantu penjualan hasil tangkapan laut mereka, platform ini juga menjadi marketplace untuk produk safood, dan memastikan para nelayan mendapatkan data hasil penjualan yang transparan dalam rangka mendorong kesejahteraannya. Selain itu Aruna juga mendorong inklusivitas dengan memberikan kesempatan para perempuan bekerja di bidang pengolahanan seafood dan menciptakan ekosistem berkelanjutan dalam bidang penangkapan ikan yang terlihat dari dukungannya terhadap inisiatif Zero Waste melalui dikumpulkannya cangkang kerang yang diolah menjadi makanan ikan sehingga tak menjadi limbah.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.