Tak Ingin Terkena Sanksi Jangan Lupa Uji Emisi Kendaraan Anda .jpg

Berita Kawasan

Tak Ingin Terkena Sanksi? Jangan Lupa Uji Emisi Kendaraan Anda

Tak bisa dipungkiri salah satu penyumbang polusi udara di Ibu Kota adalah kendaraan bermotor yang lalu lalang di jalanan, khususnya pada jam sibuk. Sebelum masa pandemi COVID-19, Komite Penghapusan Bensin Bertimbal atau KPBB memaparkan penelitiannya pada tahun 2019 yang menyebutkan wilayah DKI Jakarta dan kota satelitnya terpapar polutan hingga belasan ribuan ton akibat kendaraan bermotor. Oleh karena itulah digaungkan program Langit Biru guna memperbaiki kualitas udara di DKI Jakarta dan implementasinya adalah melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 yang sudah akan direalisasikan pada awal tahun 2021.

Berdasarkan Pergub yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu, sasaran utamanya adalah mobil atau kendaraan roda empat pribadi dan sepeda motor yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta. Di mana para pemilik kendaraan bermotor tersebut wajib melakukan uji emisi gas buang yang nantinya hasilnya akan direkam melalui Sistem Informasi Uji Emisi.

Tak Ingin Terkena Sanksi Jangan Lupa Uji Emisi Kendaraan Anda.jpg

“Jadi secara normatif sesuai dengan Pergub, pemberlakuan itu enam bulan setelah diundang-undangkan. Jadi diundangkannya itu pada tanggal 24 Juli 2020 sehingga secara normatif itu akan ketemu (realisasinya) di tanggal 24 Januari 2021,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yusiono A. Supalal kepada PingPoint.co.id di sela-sela uji emisi yang digelar di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Jalan Mandala V, Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (19/1/2021).

Bila mengacu kepada apa yang diungkapkan Yusiono tersebut maka pihak Pemprov DKI Jakarta pada akhir pekan ini siap untuk mengimplementasikan Pergub Nomor 66 Tahun 2020 dalam rangka mendorong program Langit Biru di Ibu Kota. Jadi bagi Anda pengguna kendaraan bermotor, baik warga DKI Jakarta atau luar kota yang memang beraktivitas di Ibu Kota, Ada baiknya untuk melakukan uji emisi. Di mana ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel yang memang sudah mendapatkan izin atau berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta. Anda juga bisa langsung datang ke kantor Suku Dinas dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk uji emisi gratis.

[Baca Juga: Dengan Uji Emisi Hingga Sepeda, Pemkot Jakarta Utara Berusaha Jaga Kualitas Udara]

Pihak Pemprov DKI Jakarta sendiri sudah menyiapkan sanksi bagi pemilik kendaraan bermotor yang nekat beroperasi padahal tak lolos uji emisi. “Di Pergub itu adanya sanksi terdiri dari dua bentuk, pertama adalah penegakkan hukum yang penegakkan hukum ini pasti mengacu kepada Undang-Undang Lalu Lintas di pasal 285-286 bahwa di situ disebutkan adanya ketentuan bagi yang tidak memenuhi ambang batas emisi, ini bentuknya adalah razia dan kena tilang sesuai undang-undang. Kedua bentuknya disinsentif ini diatur di Pergub Nomor 66 ini adalah pengenaan tarif parkir tertinggi,” jelas Yusiono.

Sanksi penegakkan hukum ini akan dilakukan dengan kerjasama antara aparat hukum serta Dinas Perhubungan dan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dengan pemberian tilang maksimal untuk motor dengan nilai Rp250.000 dan mobil Rp500.000. Kemudian untuk disinsentif, bagi yang tak lulus uji emisi maka akan dikenakan biaya tarif tertinggi per jamnya (contohnya mengacu ke Pergub 31 Tahun 2017, tarif dasar motor Rp2.000 dengan maksimal Rp6.000 per jamnya dan tarif dasar mobil Rp3.000 dengan maksimal Rp12.000 per jamnya). Yusiono menambahkan, untuk saat ini sanksi disinsentif ini masih baru diterapkan di area yang dikelola Pemprov DKI Jakarta dan ke depannya akan merambah ke area milik swasta.

Read More

Artikel Lainnya

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19t.jpg

Pendidikan

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19

01 March 2021, 19:25

UGM secara resmi melepaskan ribuan GeNose C19 ke distributor untuk mulai dijual ke berbagai layanan kesehatan, institusi pendidikan hingga perusahaan.

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

Kesehatan

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

01 March 2021, 18:15

Pendanaan vaksinasi mandiri dibebankan kepada perusahaan sehingga semua penerima vaksinasi tidak dipungut biaya. Program ini diharapkan mempercepat terbentuknya kekebalan komunitas.

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

Kuliner

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

01 March 2021, 16:16

Saat memasuki warung sate legendaris ini, terdengar suara orang sedang menggebuk-gebuk sesuatu. Suara itu akan terdengar jelas saat Anda memasuki warung.

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

Kesehatan

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

01 March 2021, 15:17

Khusus untuk lansia kata Retno, masih diprioritaskan di ibu kota provinsi. Sementara, Kota Bogor belum mendapat alokasi vaksin.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 1 month, 1 week lalu
    emma

    Hallo Gamer Indonesia Bola165 Memberikan Bonus WD( WITHDRAW ) Hingga 10%, EDISI TERBATAS Buruan Daftar sekarang juga di Bola165, Cek promo bisa disini >> > biolinky.co/promobola165

  • Anisa 1 month, 1 week lalu
    anisa

    Selamat Kepada Member Kami QQHarian bermain Slot Game Online Indonesia Terpopuler. Telah Memenangkan dengan total PULUHAN JUTA RUPIAH Dan DI BAYAR LUNAS langsung dengan proses cepat ( maks. 3 menit ) & Aman. Info lanjut bisa klik link di bawah guys 😘 : ^_^ ( <a href="https://45.141.59.177/" title="QQHARIAN GAME ONLINE TERPERCAYA" rel="nofollow">Situs Resmi QQHarian CLICK DISINI</a> ) ^_^ https://biolinky.co/linkpromo ( Link Alternatif QQHarian ) ^_^ http://www.facebook.com/groups/389225522015696/ ( Join Group Facebook )